Technology

Tanggal Peluncuran Nama Domain Dot ID : 20 Januari 2014

 

   

PANDI selaku Pengelola Nama Domain Internet Indonesia mengumumkan kabar bahwa tanggal 20 Januari 2014 besok adalah tanggal resmi dibukanya registrasi domain .ID untuk seluruh warga negara Indonesia. Sebagaimana kita tahu, nama domain Indonesia selalu berakhiran domain tingkat dua (DTD) seperti co.id, my.id ataupun desa.id. Namun dengan dibukanya top level domain ini, maka semua orang bisa memiliki domain yang langsung berakhiran .id, misalnya abc.id. 

Untuk memastikan bahwa setiap pendaftar domain .ID adalah mereka yang benar-benar eligible, maka peluncuran pada tanggal 20 Januari 2014 besok menggunakan sistem periode Sunrise. Yakni nama domain khusus diperuntukkan bagi pemegang merek yang terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM.

Dilanjutkan dengan periode Grandfather selama 2 bulan. Periode ini diperuntukkan bagi pengguna domain eksisting, yaitu mereka-mereka yang sudah memiliki DTD seperti abcd.co.id dan ingin mendaftar abcd.id.

Setelah periode Grandfather, maka berjalan lagi periode Landrush yang juga berjalan 2 bulan. Dalam periode ini, setiap orang bisa membeli domain .ID seperti biasa. Namun dalam periode ini, sistem lelang tetap diberlakukan. Sistem lelang terjadi apabila ada 2 pihak yang bersengketa untuk membeli satu domain yang sama, dan dua-duanya memenuhi kualifikasi untuk memiliki nama domain yang diperebutkan.

Selanjutnya pada 17 Agustus 2014, bersamaan dengan hari kemerdekaan Republik Indonesia, domain .ID sudah bisa dibeli seperti lainnya tanpa ada sistem lelang.

Setidaknya demikianlah rencana jadwal yang telah dilemparkan PANDI ke publik. Bagaimana menurut anda? Anda excited?

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *