Start A Business

Teknik AIDA Copywriting Untuk Meningkatkan Penjualan. Apa itu AIDA?

 

Warning: array_keys() expects parameter 1 to be array, null given in /home/mebisoaja/public_html/mebiso.com/wp-content/plugins/mebiso-download-attachments/mebiso-download-attachments.php on line 263

Warning: in_array() expects parameter 2 to be array, null given in /home/mebisoaja/public_html/mebiso.com/wp-content/plugins/mebiso-download-attachments/mebiso-download-attachments.php on line 263

   

Teknik Aida Copywriting Untuk Meningkatkan Penjualan – Tidak mau tutup! Tidak mau bangkrut! Tidak mau usaha gagal! Coba trik ini.

Anda pasti ingat kejadian tutupnya beberapa gerai ritel terkemuka di Indonesia di awal tahun ini. Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) bahkan menyebutkan bahwa lebih dari 50 gerai ritel akan mengubah format usaha mereka dan mencoba mengikuti kebutuhan masyarakat masa kini. Lalu bagaimana dengan Anda? Yakinkah Anda bahwa usaha Anda masih memiliki prospek penjualan yang baik?

Berbeda dengan nasib gerai ritel, Start Up Gojek justru berhasil mendapatkan perhatian konsumennya karena memberikan solusi atas permasalahan yang ada. Nadiem Makarim bahkan menciptakan tren baru berkendara di masyarakat. Walau sempat memunculkan kontroversi di pasar akibat tren online dan offline, tetapi start up ini tetap mencatatkan kesuksesan lewat inovasinya. Cerita mengenai inovasi Gojek yang terus menerus dipublikasikan ke masyarakat meningkatkan tren pengguna aplikasi ini.

Ada yang pernah berkata, “Mereka tidak akan pernah peduli dengan diri Anda, mereka hanya peduli tentang dirinya sendiri.”. Begitulah pasar bekerja. Entrepeneur yang sukses biasanya pandai menangkap peluang ini. Nadiem berhasil melakukannya. Melalui basis teknologi digital yang amat kuat di masa kini, pemasaran jadi lebih mudah. Lantas, apa yang bisa Anda lakukan untuk bisnia Anda? Kami akan membagikan trik AIDA Copywriting untuk Anda praktikan. Trik ini dapat Anda gunakan dalam melakukan copywriting. Jika Anda mempraktikannya, dijamin penjualan produk Anda akan meningkat dalam sekejab!

  1. Attention

Dalam menyusun strategi promosi, Anda diwajibkan mengetahui “push button” dari calon konsumen Anda. Push button ini adalah hal yang mendorong calon konsumen Anda untuk sesegera mungkin tertarik kepada produk Anda.

Fakta mengungkapkan bahwa manusia hanya memiliki kemampuan untuk tertarik pada suatu hal dalam waktu kurang dari 8 detik saja. Fakta ini serupa dengan dua kali kedipan mata. Dapatkah Anda membayangkan apa jadinya jika Anda gagal mendapatkan perhatian ini?

Dalam seni copywriting, perhatian pembaca pesan adalah yang utama. Beberapa hal yang menjadi daya tarik pembaca antara lain; Headline, judul, gambar, dan kalimat pembuka.

Sebelum Anda menentukan pesan apa yang bisa menjadi daya tarik bagi calon konsumen Anda, cobalah terlebih dahulu menentukan buyer persona target konsumen Anda. Jika Anda belum mengetahui detail mengenai buyer persona target konsumen Anda, rincikan saja terlebih dahulu.

  1. Interest

Menambah perhatian, terapkan trik kedua. Interest. Trik ini mengarahkan pada pemberikan informasi atau fakta, statistik, studi kasus dan kondisi ideal dari hal yang terjadi di masyarakat. Jika Anda entrepreneur bidang makanan, cobalah mengambil perhatian calon konsumen Anda dengan informasi mengenai kuliner yang sedang tren.

  1. Desire

Selain hanya sekedar menarik perhatian, Anda juga harus mampu meracik informasi yang mempertemukan emosi dan logika calon konsumen Anda. Desire terkesan sama dengan interest. Tetapi peran emosi sangat dibutuhkan disini. Semisal Anda adalah entrepreneur dibidang kuliner, cobalah mensisipi kalimat yang mengundang desire calon konsumen Anda seperti “Makan enak tapi tidak bikin gendut? Tentu bisa!”, “Makan enak tapi murah? Masih ada kok!”. Kalimat dengan diksi semacam ini akan menggugah calon konsumen Anda untuk semakin ingin tahu mengenai produk Anda.

  1. Action

Trik terakhir adalah Action. Tahapan selanjutnya yang harus Anda lakukan Anda mengajak calon konsumen Anda untuk melakukan hal yang Anda inginkan. Mendaftar, berlangganan email, mendownload, atau membeli. Tahapan terakhir ini akan berjalan mulus jika tiga tahapan sebelumnya sudah Anda lakukan. Gaya komunikasi yang persuasif akan membantu Anda.

Inovasi yang cemerlang, hanya akan sukses jika berhasil tersampaikan ke masyarakat. Selamat mencoba trik AIDA untuk meningkatkan penjualan Anda!

 

Baca artikel menarik lainnya:

Anda perlu tahu ini! Strategi super membuat konten blog yang menjual

Cari tahu konten seperti apa yang didambakan audiens Anda

Manfaatkan emosional pelanggan untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *