Running A Business

Teknik Pemasaran Instagram Tepat Untuk Menarik Banyak Konsumen

 
  • 24
    Shares

   

Panduan teknik pemasaran Instagram. Seperti kita ketahui, perkembangan bisnis online kini memang semakin merajalela, dengan memanfaatkan berbagai cara melalui kecanggihan teknologi masa kini yang juga semakin berkembang. Ada banyak sekali usaha online yang dilakukan lewat media jejaring sosial, seperti twiter, facebook hingga Instagram. Instagram diciptakan awalnya sebagai media sosial untuk upload foto atau gambar melalui smartphone. Hal tersebut tak jauh berbeda dengan media sosial yang lainnya, namun seiring dengan perkembangan bisnis online saat ini maka fungsi instagram pun mulai bergeser, dimana banyak pemilik usaha yang memanfaatkannya sebagai keperluan pemasaran atau marketing.

Bahkan tak dapat dipungkiri jika Instagram sendiri telah banyak menghasilkan online shop berkualitas dan populer, dimana memungkinkan online shop tersebut memiliki banyak followers, dan mereka pun saling berinteraksi dengan mudah melalui komentar-komentar di akun Instagram itu sendiri. Bagi kamu pemula yang masih awam atau baru menggunakan instagram sebagai media marketing usaha online, maka perlu mempelajati teknik pemasaran Instagram yang tepat dan bisa kamu pelajari di bawah ini!

Melengkapi Akun Instagram Dengan Detail

Adapun maksudnya di sini adalah kamu harus memiliki akun Instagram dengan profile yang detail. Dengan banyaknya kasus-kasus penipuan bisnis online di dunia maya, tentunya membuat para konsumen pun lebih berhati-hati dalam memilih olshop. Mereka akan melihat bagaimana profil olshop tersebut apakah benar-benar terpecaya ataukah tidak. Nah, hal ini tentu dipengaruhi dengan informasi mengenai profil olshop tersebut. Untuk itu, kamu harus melengkapi akun IG yang dimiliki seperti profil picture yang jelas, biodata beserta keterangan website yang kamu miliki (jika ada). Melalui hal tersebut, maka akun IG yang kamu miliki tampak authority-nya dengan jelas, imbasnya siapapun yang melihat akun IG kamu akan memperhitungkannya.

Menentukan Tema Konten Bermanfaat

Umumnya akun Instagram yang besar mempunyai jumlah follower banyak sebab mereka gemar untuk melakukan sharing konten yang bermanfaat. Tak hanya bermanfaat saja, melainkan juga mereka konsisten dalam berbagi konten dengan satu tema. Hal tersebut tentunya mempermudah follower mengetahui karakter akun Instagram yang kamu miliki. Cara ini memang terkadang diabaikan para pemilik akun olshop di Instagram, mereka kebanyakan hanya menggunakannya sebagai media promosi di tiap harinya, sehingga lupa bahwa media sosial merupakan tempat untuk berinteraksi.

Saat melakukan update postingan menggunakna konten yang ditentukan, pastinya akan memberikan sejumlah manfaat bagi para followers. Hal ini juga tentunya akan memicu banyaknya follower yang mengikuti kamu di akun Instagram tersebut.

Memakai Nama Akun Mudah Diingat

Saat kamu memilih sebuah nama akun olshop lewat Instagram ini, maka perlu mempertimbangkan pemilihan nama untuk akun tersebut. Sebab bagaimana pun, nama akun yang mudah untuk diingat serta menarik merupakan nama akun yang mudah ditemukan calon pembeli atau konsumen saat mereka tertarik membeli produk yang dijual.

Mengunggah Foto Berkualitas Terbaik

Saat menggunakan akun Instagram di smartphone untuk aktivitas pengambilan foto produk, biasanya hasilnya tak sebagus jika kamu mengambil foto produk memakai kamera berkualitas. Untuk itu, kamu pun harus melakukan selektif gambar atau foto terbaik sebelum menguploadnya pada akun Instagram.

Hindari Terlalu Banyak Effect

Saat kamu mengupload foto pastinya masih ada banyak kekurangannya, dengan begitu pastinya kita memakai fasilitas untuk edit gambar di akun Instagram. Akan tetapi, sebaiknya saat akan mengedit foto, pertimbangkan terlebih dulu kondisi barang atau produk yang akan dijual. Supaya transaksi di Instagram pun sukses dan tidak mengecewakan konsumen atau pelanggan, dikarenakan produk yang didapatkan tak sesuai dengan gambar atau foto yang di upload. Hal ini tentunya memberikan pengaruh penting terhadap nama baik olshop kamu jika pelanggan merasa tidak puas dengan produk yang dibelinya dari tokomu. Pastikan gambar atau foto yang diambil senatural mungkin tanpa banyak efek atau editan, sehingga kondisi barang atau produk yang difoto sesuai dengan aslinya.

Gunakan Selalu Hashtag

Dalam teknik pemasaran Instagram, penggunaan hashtag sendiri penting untuk dapat memasukkan postingan yang kamu masukkan ke dalam bentuk kategori yang ada di semua postingan Instagram, entah itu di dalam negeri maupun di mancanegara. Melalui hashtag, maka para pengguna Instagram pun lebih mudah menemukan hasil postingan kamu diantara ribuan bahkan jutaan gambar para pengguna yang juga mengupload sejumlah foto di IG. Adapun caranya sangat mudah, cukup dengan mengetikkan tanda atau ikon pagar (#) sesudah caption pada gambar yang sudah diambil, dengan begitu muncul kategori berdasarkan jumlah post dari yang sudah menggunakan hashtag tersebut.

Membangun Relasi Bersama Akun IG Sejenis

BIla akun Instagram kamu merupakan olshop yang mencakup fashion wanita misalnya, maka kamu harus membangun relasi bersama artis-artis pada fashion wanita di IG. Caranya dengan mengomentari tiap postingan dari mereka, namun komentar tersebut berkaitan dengan postingannya serta tidak termasuk spam. Ada baiknya untuk berkomentar tidak memakai akun IG online shop kamu tetapi akun IG pribadi. Untuk menghubungkan akun IG dengan olshop kamu maka dapat memasukkan link menuju akun Instagram olshop yang dimiliki.

Menawarkan Promosi Dengan Syarat

Poin ini tentunya berlaku bagi setiap akun media sosial, yang mana dengan melakukan promosi secara khusus berbentuk free item atau potongan harga disertai syarat di dalamnya. Ada banyak syarat yang bisa kamu gunakan, misalnya saja dengan Re-Gram atau semacam retweet untuk twitter, LOVE postingan dan share seperti pada facebook. Biasanya memerlukan aplikasi khusus supaya kamu bisa melakukan re-gram postingan pada akun IG yang lain.

Jangan Lupakan Logo Brand

Teknik pemasaran Instagram berikutnya adalah menyertakan logo brand. Saat kita membagikan konten visual, maka harus dilakukan berdasarkan media instagram itu sendiri. kamu bisa membagikan berbagai konten visual baik karya orang lain (harus dengan izin) ataupun original team, seperti gambaar unik, dan lain sebagainya maka bubuhkan logo brand kamu. Ketika gambar tersebut telah dibagikan di akun IG (melalui sistem Re-Gram sebelumnya), dengan begitu pengguna IG yang lainnya melihat langsung logo brand kamu berikut nama akun dari instagram yang digunakan.

Menunjukkan Cara Pembuatan

Khusus bagi kamu yang menjual minuman atau makanan melalui media sosial, maka kamu dapat mengupload gambar berikut proses pembuatannya maupun berbentuk video. Tentunya tidak harus semuanya kamu gambarkan secara detail, tetapi proses-proses utamanya atau intinya saja. Dengan begitu para calon pembeli pun tak akan penasaran dengan detail asal produk yang dijual. kamu juga dapat menunjukkan gambar mulai dari perencanaan sampai pengiriman.

Menunjukkan Toko Offline yang kamu Miliki

Jika kamu mempunyai toko online sekaligus juga toko offlinenya, maka kamu wajib menunjukkan toko offline tersebut kepada para pelanggan untuk memperkenalkan bagaimana toko yang kamu miliki sebenarnya. Tak harus mengupload gambar secara keseluruhan dari bagian toko tersebut. Cukup seperti toko di bagian depan saja, dan bila ada sertakan nama jalan untuk menunjukkan pada konsumen untuk menuju toko offline yang kamu miliki. Dengan begitu jika konsumen ingin langsung berkunjung, maka meraka pun akan mudah untuk mengenali toko kamu. Ini juga sangat cocok bagi kamu yang menjalankan usaha kuliner melalui teknik pemasaran Instagram.


  • 24
    Shares

Artikel Terkait

0 komentar

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *