Running A Business

Terapkan Tips Berikut Agar Anda Selalu Produktif Tanpa Kelelahan

 

   

Menjadi seorang pekerja keras sebenarnya bukan sekedar cara untuk mencapai tujuan sebuah perusahaan. Tapi menciptakan suasana yang mendukung karyawan untuk selalu produktif adalah cara yang harus diterapkan. Karena bekerja sepanjang hari tentu melelahkan, dan inilah yang membuat siapapun mudah untuk menurunkan semangat mereka dalam bekerja.

Beberapa tips berikut ini dapat diterapkan untuk mendukung produktivitas dan mengelola waktu agar tidak mudah lelah meski banyak pekerjaan yang harus diselesaikan.

  1. Buatlah daftar dari semua yang akan dilakukan

Ini biasa dilakukan oleh mereka yang memiliki tugas lebih dari 1 tugas rutin atau tugas harian. Mereka yang memiliki tugas yang mendadak sekalipun cocok untuk menggunakan metode ini. Dengan menuliskan semua tugas yang harus dikerjakan, kemudian mengurutkan berdasarkan skala prioritas akan lebih memudahkan kita dalam menyelesaikan setiap pekerjaan yang ada. Tentu saja ini akan membantu siapapun untuk bekerja lebih produktif, karena masing-masing sudah mengetahui apa dan bagaimana menyelesaikan tugas yang prioritas sampai yang tidak terlalu mendesak.

  1. Istirahat 5 menit setiap 50 menit bekerja

Tidak produktif bisa disebabkan karena kita bekerja terlalu lama dan membuat kita kelelahan. Salah satu tips yang bisa diterapkan adalah dengan menentukan waktu istirahat di sela-sela waktu kita menyelesaikan tugas. Istirahatlah selama 5 menit setiap menyelesaikan tugas selama 50 menit. Bahkan menurut penelitian, istirahat selama 30 detik saja, bisa membuat kita lebih prouktif selama 13%.

  1. Nonaktifkan pemberitahuan email ataupun telpon

Distruction adalah salah satu factor yang membuat orang tidak produktif. Mulai dari notifikasi email, telepon sampai dengan ajakan teman untuk mengobrol. Cobalah untuk menghilangkan distruksi ini dengan menonaktifkan pemberitahuan email ataupun telepon. Pastikan untuk fokus dan hanya menanggapi notifikasi pada jam istirahat atau waktu selesai bekerja.

  1. Melakukan peregangan

5 menit waktu beristirahat dapat digunakan untuk melakukan peregangan. Ini sangat cocok dilakukan oleh mereka yang bekerja 8-9 jam sehari di depan laptop atau layar monitor. Duduk berlama-lama membuat beberapa bagian tubuh akan merasa pegal. Nah, peregangan ini akan membuat kita lebih rileks dan siap untuk bekerja kembali.

  1. Minumlah minuman yang membangkitkan semangat

Ada beberapa orang yang memiliki kebiasaan minum kopi, teh atau minuman menyegarkan pikiran lainnya. Seolah seperti obat yang mampu meningkatkan semangat dalam bekerja, Anda pun bisa menggunakannya sebagai cara untuk menunjang produktivitas bekerja. Tapi pastikan minumlah minuman yang tidak membawa rasa ngantuk atau semakin malas.

  1. Cari suasana baru untuk bekerja

Saat Anda tidak produktif bekerja, mungkin ada yang salah dengan suasana di sekitar Anda. Anda bisa mencoba untuk mengambil beberapa jam bekerja di luar kantor. Cari suasana yang mendukung Anda untuk lebih rileks dan produktif, seperti di café atau di sebuah co working space. Carilah suasana yang membuat Anda tidak terlalu nyaman, sebab ini akan membuat Anda semakin malas dalam bekerja.

  1. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan sendiri

Nah, yang terakhir adalah dengan menjaga kesehatan diri sendiri. Seperti rajin berolahraga dan mengkonsumsi makanan bergizi. Ini akan membuat badan dan pikiran kita lebih mudah menerima informasi, mengerjakan suatu tugas dan tidak mudah untuk gagal fokus. Lebih banyak minum air putih akan lebih membantu Anda untuk menjaga kesehatan.

Jadi, apalagi alasan Anda untuk tidak produktif bekerja? Menjadi pekerja keras saja tidak menjamin semua tugas Anda selesai dengan hasil yang Anda inginkan. Tapi bekerja produktif akan memberikan kemungkinan setiap tugas Anda terselesaikan tepat waktu dengan effort yang tidak membuat Anda mudah lelah.


Artikel Terkait

1 komentar

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *