Running A Business

Tingkatkan Convertion Rate Website Bisnis dengan 17 Langkah Ini

 
  • 4
    Shares

   

Conversion rate adalah salah satu matriks yang harus di hitung dan selalu dipantau oleh setiap pebisnis. Sebagian dari pembaca tentunya masih ada yang belum familiar dengan conversion rate. Lalu apa sebenarnya conversion rate itu? Conversion rate adalah persentase jumlah visitor pada bisnis yang benar-benar melakukan transaksi. Conversion rate bisa dihitung pada pelanggan yang datang melalui website ataupun melalui online. Jadi, misalnya ada 100 pengunjung yang mengakses website dan yang benar-benar membeli adalah 30. Maka conversion rate sebesar 30%.

Nah, semakin tinggi conversion rate, maka semakin bagus bagi perkembangan bisnis. Lalu, bagaimana caranya untuk meningkatkan conversion rate?

1. Menggunakan kualitas gambar yang bagus dan menggambarkan aksi tertentu

Gambar ini akan lebih efektif jika digunakan dalam bagian konten, bar pencarian, halaman checkout.

2. Conversion rate dapat naik 80%  ketika menggunakan video

Faktanya, sebanyak 64 – 85% pelanggan akan membeli setelah melihat video dari produk.

3. Warna memberikan efek 85% terhadap pembelian

Penggunaan warna hitam, orange dan biru mampu menarik pembeli. Warna biru muda dan biru tua dapat menarik pembeli yang tergantung dari budget. Sedangkan warna pink, biru muda dan merah mampu menarik pembeli tradisional.

4. Penggunaan kalimat mendesak

Karena item yang stoknya terbatas akan lebih bernilai. Hal ini bisa di terapkan pada “free delivery”, “special diskon di jam tertentu” dsb.

5. Review produk dapat menaikkan konversi hingga 10%

Tahukah Anda bahwa sebanyak 60% pelanggan sebelumnya melakukan review produk terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli?

6. Menggunakan label “terpercaya” mampu menaikkan konversi hingga 40%

Dengan menggunakan label terpercaya, maka 48% pelanggan akan lebih percaya bisnis Anda. Anda bisa memverifikasi bisnis Anda pada situs penyedia white label.

7. Info contact yang jelas

Kredibilitas sebagai pebisnis tentu dipengaruhi oleh adanya info yang jelas di website.

8. Membuat checkout semudah mungkin

Permudah pelanggan dalam berbelanja di tempat Anda, karena tidak semua orang suka dengan hal yang berbelit-belit.

9. Bantu pelanggan menghemat waktu mereka dengan menggunakan form yang singkat

Alasan orang yang berbelanja online adalah untuk menghemat waktu. Pelanggan tentunya akan lebih betah dan nyaman berbelanja dimana diberi banyak kemudahan. Salah satunya adalah dengan adanya form order yang singkat.

10. Menyediakan pilihan pembayaran yang beragam

Semakin banyak pilihan pembayaran yang Anda sediakan maka semakin dimanjakan pula pelanggan yang ingin berbelanja di tempat Anda. Hal ini adalah salah satu bentuk kemudahan yang Anda berikan pada pelanggan.

11. Meningkatkan kinerja menu search

Sebanyak 50% pengunjung website pasti akan menggunakan menu search. So, dengan mengoptimalkan fitur ini dijamin pelanggan lebih betah dan akhirnya berbelanja di tempat Anda.

12. Menyediakan filter yang lebih baik di website

Terkadang, pelanggan yang masuk ke website akan membandingkan harga suatu produk. Misalnya mereka membutuhkan harga yang murah. Ketika itu terjadi, maka sistem filter yang baik tentunya akan sangat membantu mereka.

13. Sebanyak 93% pelanggan akan membeli ketika adanya free shipping

Siapa yang tidak menyukai ketika di beri tambahan layanan, misalnya free shipping. Sebagai pelanggan tentunya kita tidak akan melewatkan keuntungan ini bukan? Nah, hal ini pula yang dipikirkan oleh pelanggan Anda di luar sana.

14. Upselling dan Cross-selling

Jangan diamkan pelanggan yang saat ini Anda punya. Lakukan upselling dan cross-selling untuk semakin mengikat mereka.

15. Adanya chat langsung

Chat langsung di website nyatanya memberikan pengaruh yang besar. 63% pelanggan akan kembali pada website yang memiliki fitur chat langsung. Sebanyak 38% pelanggan akan membeli ketika di bantu oleh chat support. 90% pelanggan menyatakan bahwa adanya chat langsung sangat membantu mereka.

16. Pengoptimalan penggunaan diskon dan penjualan khusus

Kebiasaan pelanggan di Indonesia adalah mencari diskon. Yaaps, buktinya 47% pembeli akanmembeli hanya barang-barang diskon saja dan sebanyak 62%  juga akan mencari barang yang dijual khusus.

17. Membuat website lebih cepat

Faktanya, banyak sekali kerugian yang akan didapat ketika website lambat? Yaps, sebanyak 51% pembeli akan meninggalkan website ketika loadingnya lambat. Sebanyak 47% pengunjung website berekspektasi waktu loading website hanya 2 detik. Dan yang lebih parah,  Delay 1 detik = kehilangan sales 7%. Bayangkan saja kehilangan penjualan 7% hanya karena delay website 1 detik, lalu bagaimana jika delay terjadi lebih dari 1 detik? Berapa banyak penjualan yang akan hilang? Tentu kita semua tidak menginginkan hal ini terjadi, bukan? Dengan meningkatkan kecepatan website mampu membuat penjualan bisnis Anda meningkat. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa memperkerjakan ROBOT AXEL pada website Anda mulai dari sekarang. Robot ini akan membuat website Anda 10x lebih cepat. Anda serasa memiliki programmer khusus untuk mengoptimasi kecepatan website Anda, dan gaji per bulan nya pun sangat terjangkau. Penasaran bagaimana cara kerja Robot AXEL ini? Pelajari lebih lanjut hanya di WEB ACCELERATOR BEON.

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


  • 4
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *