Running A Business

Tips Pencitraan Versi Buku “15 Kesalahan dalam Branding”

 

   

Sesuai judulnya ’15 Kesalahan dalam Branding’, buku setebal 113 halaman menceritakan tentang common mistake – kesalahan dalam melakukan branding dan solusi untuk menghadapinya. Nilai plus dari buku ini adalah isi buku diceritakan dalam sebuah cerita bergambar. Sehingga tak salah jika tim penulis lebih menyebut buku ini sebagai komik daripada sekedar buku. Melalui pencitraan komik tersebut, isi buku menjadi lebih menyenangkan untuk dibaca dan lebih mudah difahami bagi pemula dalam dunia bisnis, tetapi tak ada salahnya jika seorang pebisnis ulung memilikinya sebagai pengaya pengalaman, sebab kasus yang diangkat dalam 15 Kesalahan dalam Branding ini adalah kasus pilihan yang seringkali disadari atau tidak, pasti terjadi dalam bisnis anda. Buku ini ditulis oleh Herman Kwok, Direktur dari SemutApi Colony.

Berikut beberapa tips menarik yang sempat kami kutip dari buku ini.

PEMBENTUKAN. Membentuk suatu brand harus…

1. Memiliki Diferensiasi dan Keunggulan.

Brand harus unik dan berbeda dari kompetitor.

PELAKSANAAN. Menjalankan suatu brand itu…

1. Penuh Integritas karena brand bukan sekedar Desain Packaging dan Logo

Brand adalah persepsi tentang mutu produk, pelayanan, khasiat yang menimbulkan keyakinan dan kepercayaan yang ada di benak konsumen. Reputasi suatu brand dibangun oleh usaha yang besar dan lama. Untuk menjaga reputasi brand yang kuat dan dapat bertahan lama, diperlukan integritas yang sungguh-sungguh, bukan sekedar basa basi atau penawaran marketing gimmicks. Juga seluruh stake holders dalam organisasi harus mengerti dan memiliki spirit brand yang sama di tempatnya bekerja. Dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

PENGEMBANGAN. Mengembangkan suatu brand dengan…

 

1. Selalu Mereposisi Brand (Update)

Brand harus menyesuaikan sesuai perkembangan zaman. Misal mengubah packaging sesuai perkembangan zaman tanpa meninggalkan kesan sebelumnya, dsb. Hindari kesan old-fashioned

2. Hindari Ekspansi Brand ke Kategori yang Berbeda

Brand harus fokus. Brand yg ekspan ke kategori yg berbeda dan tidak konsisten, akan membuat brand awareness rusak. Lebih baik fokus dan menjadi kuat dalam satu atau dua hal daripada menguasai banyak hal tapi tidak fokus.

Dan masih banyak lagi topik menarik yang diangkat dalam ’15 Kesalahan dalam Branding’ dan pastinya bermanfaat bagi anda. Terima kasih kepada Herman Kwok, dan tim untuk bukunya yang sangat menarik. Very recommended! :)

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *