Leadership

Tips Fokus Bekerja Saat Masalah Melanda

 
  • 14
    Shares

   

Sekecil apapun peran seseorang dalam perusahaan menuntut untuk selalu memberikan performa yang terbaik. Namun terkadang masalah yang tidak kita harapkan di kantor acap kali terjadi. Hal ini juga bisa menjadi salah satu faktor seorang karyawan tidak fokus, tidak maksimal dan tidak sesuai dengan harapannya. Berikut ini beberapa tips untuk para pembaca yang ingin tetap fokus bekerja saat masalah di kantor melanda. Check this out.

1. Bicara seperlunya

Bekerja di suatu perusahaan membuat seseorang akan menghadapi berbagai macam karakter teman di kantor. Diam dan tak banyak berkomentar juga bisa membuat kita tetap fokus dalam melakukan pekerjaan dengan baik, benar, sesuai dengan job desc dan tanggung jawab kita di kantor. Dengan bicara seperlunya secara otomatis kita juga akan terhindar dari masalah-masalah baru yang tidak kita inginkan.

2. Karakter Diri

Memiliki karakter kepribadian yang baik akan menjadikan seseorang tidak dipandang sebelah mata oleh rekan kerjanya. Jika seseorang memiliki karakter yang baik, sopan dan santun secara otomatis persaingan yang tidak sehat di kantor pun akan terhindari.

3. Rendah Hati

Rendah hati berbeda dengan rendah diri. Rendah hati bukan mencari muka dengan atasan kita. Rendah hati adalah cerminan dari karakter diri kita yang baik. Dengan rendah hati setiap masalah yang datang saat bekerja akan menjadi suatu pelajaran yang berharga, bukan suatu halangan yang menjadikan kita down.

4. Tunjukkan Prestasi

Fokus pada pencapaian prestasi dan tujuan kita bekerja juga menjadi salah satu faktor yang bisa kita lakukan saat masalah datang melanda. Tetap bersikap baik dan bekerja sama dengan tim kerja juga bisa meredam masalah di kantor. Karena suatu masalah pasti ada solusi dan jalan keluarnya.

5. Kendalikan Emosi

Meredam emosi kita sendiri adalah satu hal yang paling sulit namun harus bisa dilakukan agar tetap fokus bekerja saat ada masalah. Hanya orang-orang yang mampu mengendalikan emosi yang akan terhindar dari membuat kesalahan-kesalahan besar.

Jaga kesehatan bagi pekerja shift malam, bagaimana caranya?

Berkembangnya industrialisasi di banyak tempat membuat perubahan pola hidup masyarakat kota yang aktif dan dinamis. Perubahan pola ini juga berdampak pada banyak perusahaan yang membuka usahanya hingga 24 jam non stop. Hal ini menyebabkan jam kerja di perusahaan tersebut dibagi menjadi 3 shift yaitu shift pagi, sore dan malam. Bagi para pembaca yang terbiasa dengan kerja shift malam, mungkin bisa menerapkan beberapa tips, silahkan disimak semoga bermanfaat.

1. Tidur siang

Jangan meremehkan tidur siang. Tidur siang ini sangat penting bagi para pekerja shift malam agar tubuh bisa  beristirahat penuh sebelum beraktifitas di malam harinya. Tidur siang juga bisa mencegah infeksi karena kelelahan pada mata.

2. Konsumsi air putih

Cairan tubuh yang terdapat pada air putih dapat mengeluarkan racun di dalam tubuh sehingga pekerja shift malam tetap beraktifitas dengan baik di malam hari. Idealnya minumlah air putih minimal 2 liter sehari.

3. Konsumsi buah

Buah-buahan memiliki kandungan air dan vitamin yang bisa memberikan asupan cairan pada tubuh. Sebaiknya konsumsi buah-buahan 3 jam sebelum shift malam untuk mendapatkan hasil yang baik.

4.Hindari stres

Kondisi pikiran yang rileks akan membuat pekerja shift malam lebih siap menghadapi pekerjaannya di malam hari.

5. Mandi sebelum bekerja

Biasakanlah untuk mandi sebelum bekerja malam. Hal ini akan menjadikan badan tetap segar dan bersih.

6. Jaga pola makan

Selalu jaga pola makan Anda dengan teratur sepanjang hari untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan fit sepanjang shift malam Anda. Makanlah makanan dengan kandungan gizi yang cukup seperti protein, serat dan vitamin.

7. Olahraga

Olahraga yang teratur dapat memberikan stamina yang cukup untuk tubuh saat beraktifitas di malam hari. Lakukan olahraga ringan (sit-up, push-up, stretching) agar badan lebih rileks.

Baca juga:

Jika Anda Ingin Sukses, Lakukan 5 Hal ini Berbeda Dari Biasanya

9 Janji untuk Sukses dan Bahagia Dalam Hidup

7 Rahasia Berfikir Seperti Seorang Pengusaha Sukses


  • 14
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *