Leadership

Tips Maksimal Bekerja dari Rumah Sendiri

 
  • 7
    Shares

Terkadang ada beberapa perusahaan yang memberlakukan sistem kerja free time bagi karyawan mereka. Itu sebabnya banyak dari karyawan yang memilih bekerja di dalam rumah mereka. Tidak ada yang salah dengan pemilihan tempat kerja ini, asalnya nyaman dan memberi dukungan penuh untuk dapat menyelesaikan setiap pekerjaan dengan baik. Dan berikut ini adalah tips yang bisa digunakan ketika Anda menjadi salah satu yang memilih untuk bekerja dari rumah Anda sendiri.

1. Mulailah setiap hari seperti Anda bekerja di kantor

Bekerja di tempat yang berbeda dari biasanya tentu membutuhkan sebuah kebiasaan. Salah satunya yaitu masalah waktu. Bekerja di rumah memang tidak dituntut untuk bekerja selama kurang lebih 8 – 9 jam sehari. Tapi ketika kita ingin memperoleh hasil yang maksimal dari pekerjaan, maka coba untuk membiasakan bekerja setiap hari, sama seperti saat Anda bekerja di kantor. Ini akan memudahkan Anda dalam segala aktifitas.

2. Mengatur ruangan Anda

Untuk lebih memaksimalkan kinerja saat bekerja di rumah, sebaiknya kita memilih tempat yang nyaman agar mampu menunjang performa kerja kita. Kita bisa mengatur setiap sudut dari tempat yang kita pilih untuk bekerja. Anda bisa menggunakan meja belajar atau membuat sebuah ruangan khusus yang akan digunakan untuk bekerja. Tata ruang kerja atau meja kerja Anda sesuai dengan keinginan dan selera Anda. Pastikan Anda nyaman dalam bekerja sekalipun berada di dalam rumah.

3. Mulailah hari Anda 30 menit lebih awal

Biasanya ketika kita memilih bekerja di rumah, rasa malas dan mengabaikan pentingnya waktu akan muncul. Ini jelas tidak baik, karena akan menyebabkan penundaan dalam menyelesaikan pekerjaan kita. Untuk itu sebelum setiap rasa malas itu datang ada baiknya kita memulai bekerja sekira kiranya 30 menit dari target waktu yang sudah ditetapkan. Ini akan membantu kita mempersiapkan segala kebutuhan pekerjaan sebelum benar – benar memulainya.

4. Lakukan setiap pekerjaan sesuai dengan rencana

Sekalipun bekerja dari rumah tapi setiap pekerjaan atau kegiatan Anda harus terencana dengan baik. Anda harus tahu apa yang akan dan apa yang harus diselesaikan. Dengan begitu Anda tahu apa target yang harus Anda capai. Setelah membuat sebuah perencaan, Anda harus menerapkannya dalam setiap aktifitas. Lakukan setiap pekerjaan sesuai dengan rencana dan target pencapaian Anda.

5. Buatlah jadwal yang ketat dan displinlah

Ini yang sedikit sulit, karena setelah kita membuat rencana kerja dan jadwal terkadang kita akan menganggapnya enteng. Dan jelas ini akan berpengaruh terhadap pekerjaan kita kedepannya. Maka dari itu, kita harus membuat sebuah jadwal yang ketat untuk diri kita sendiri dan mulai untuk disiplin menjalankannya. Ketika disiplin sudah biasa kita lakukan maka hasil yang ditargetkan akan dengan mudah dicapai.

6. Tetap terhubung dengan kantor setiap hari

Nah, ini bagi Anda yang memiliki anak buah atau bawahan tetaplah berhubungan dengan mereka. Teknologi saat ini sudah sangat memudahkan Anda bekerja dari manapun tanpa kehilangan update informasi apapun dari kantor. Skype atau Google Hangouts bisa menjadi pilihan Anda. Lakukan diskusi rutin dengan rekan kerja, relasi bisnis ataupun karyawan Anda. Tanyakan kabar mereka dan bagaimana pekerjaan mereka hari itu. Itu akan membuat Anda tetap bisa memperhatikan mereka.

7. Pastikan Anda tetap memiliki akhir pekan

Bagi orang yang “gila” kerja, terkadang waktu tidak menjadi masalah untuk dapat menyelesaikan pekerjaan mereka. Namun itu tidak baik, karena Anda adalah pekerja biasa yang membutuhkan waktu untuk diri Anda sendiri dan keluarga. Sekalipun Anda ditargetkan oleh perusahaan untuk dapat bekerja maksimal, pastikan Anda tetap memiliki akhir pekan yang Anda miliki. Ini akan membantu Anda beristirahat sebelum mulai melakukan aktifitas kembali. Jangan paksa diri Anda ketika Anda juga memiliki waktu untuk mengekspresikan apa yang Anda miliki. Gunakan waktu kerja secara maksimal sehingga tidak mengganggu waktu berlibur Anda.

Selamat mencoba :)

Baca juga:

5 Tips Memasangkan Kreatifitas dengan Produktifitas dalam Bekerja

7 Rahasia untuk Semangat Bekerja Setelah BerliburĀ 

7 Tips Memiliki Cara Kerja Pintar

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


  • 7
    Shares

Artikel Terkait

1 komentar

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *