Running A Business

Tips Memberi Sambutan Pengunjung Website yang Layak Anda Terapkan

 

   

Kenapa pengunjung website perlu diberi sambutan?

Selayaknya orang bertamu ke toko atau rumah Anda, jika mereka diberi sambutan dengan TEPAT, maka sudah tentu mereka akan senang dan bisa jadi simpatik kepada Anda. Saya yakin Anda sudah cukup berpengalaman dan mengetahui bahwa rasa senang dan simpatik dari seseorang adalah moment terbaik untuk kita bisa mempengaruhi mereka dan menawarkan produk/jasa yang kita miliki tentunya. :)

Keadaan yang sebaliknya bisa saja terjadi jika sambutan yang Anda berikan kepada pengunjung website TIDAK TEPAT. Coba Anda bayangkan seorang anak umur 15 tahun,  datang ke sebuah toko, lalu diberi sambutan oleh penjaga tokonya “Selamat datang dek, ada yang bisa dibantu? mau cari baju ya? ini nih ada koleksi terbaru, adek mau?”.

Saya yakin Anda juga berpikiran sama dengan saya, Anak kecil tersebut akan merasa risih dan bisa jadi langsung keluar meninggalkan toko. benar kan? Padahal maksud penjaga toko tadi baik kan?

Naah, disinilah tantangan dalam memberikan sambutan, terutama kepada pengunjung website, yang kita bahkan tidak tahu usia & jenis kelaminnya.

Ada cerita menarik dari Mbak Eni kusuma Wardhani – owner Hailadies.com tentang pengalamannya memberi sambutan kepada pengunjung website nya.

Beliau pernah mencoba menyapa pelanggannya menggunakan fasilitas chating pada Toko Online Jagoanstore nya – Hailadies.com. Beliau memberi sambutan layaknya seorang pramuniaga di swalayan-swalayan, dibuat kata-kata yang sangat halus dan sopan, seperti ini:

“Selamat siang sist, apakah sista butuh bantuan dalam memilih pakaian?”

“Selamat siang sist, ada yang bisa saya bantu?”

Anda tahu apa yang terjadi?

Saya sempat kaget juga ketika mbak Eni bilang kalau pengunjung website nya langsung kabur (close browser) ketika disapa seperti itu. “Mungkin mereka takut kali dikepo-in, atau bisa juga mereka ingin privasi dalam melihat-lihat katalog” begitu kata mbak Eni.

Tidak kehabisan akal, mbak Eni mencoba untuk improvisasi kata-kata sambutannya. Beliau membuat kata-kata sambutan justru seperti bahasa mesin, yang seolah-olah sistem yang ngomong, bukan manusia. Contohnya, ketika pengunjung berada di halaman produk tertentu:

“Dapatkan diskon 15% untuk [nama-produk] dengan memasukkan kode diskon ABCD”

“Beli [nama-produk-ini] disertai [nama-produk-lain] dan dapatkan cash-back Rp 20.000 khusus hari ini!!”

Pesan tersebut terkesan otomatis dan bahasanya adalah bahasa sistem, padahal mbak Eni memantau pengunjung tersebut sedang berada di halaman apa. Cara ini terbukti efektif dan membantu hailadies.com meningkatkan konversi penjualannya. Dengan cara ini pengunjung website menjadi terbantu dengan informasi-informasi terkait dengan halaman yang saat ini mereka buka. Menarik kan?

Sebelum lebih jauh, saya ingin bertanya kepada Anda “Apakah website Anda bisa dipasang sebuah aplikasi chating?”, lalu “Apakah Anda bisa memasangnya?”

Jika jawaban Anda “IYA” dan “BISA”, silahkan langsung menuju paragraf berikutnya. Tetapi jika salah satu atau keduanya Anda menjawab “TIDAK”, maka saya sarankan Anda untuk belajar sedikit bahasa pemrograman atau meminta tolong seorang web programmer. Tetapi jika Anda sudah menjadi pelanggan JagoanStore.com atau JagoanWeb.com, maka Anda tidak perlu kuatir dengan hal ini, karena fasilitas untuk memasang aplikasi chating sudah disediakan, dan Anda tinggal memasangnya saja. Dan lagi, kalau Anda tidak bisa memasangkannya, Anda tinggal minta bantuan team support yang siap sedia 24 jam membantu Anda. mudah kan?

Terinspirasi dari cerita pengalaman mbak Eni diatas, berikutnya saya akan bagikan informasi kepada Anda tentang bagaimana memberi sambutan kepada pengunjung website Anda dengan otomatis. Jadi benar-benar otomatis, bukan seolah-olah otomatis seperti yang dilakukan oleh mbak Eni diatas.

Saya tidak sedang berjualan sebuah produk aplikasi chating kepada Anda, saya hanya memberikan informasi kepada Anda sebuah aplikasi chating untuk website yang bisa memberikan sambutan kepada pengunjung website Anda secara otomatis.

Saya merekomendasikan aplikasi chating yang sangat powerfull dan digunakan oleh banyak website profesional di Indonesia. Dengan aplikasi chating ini, Anda bisa melakukan otomasi sambutan pengunjung website pada saat:

  • Pengunjung berada di website Anda selama sekian menit (Time on site)
  • Pengunjung berada pada halaman yang sedang dibuka (Current URL)
  • Pengunjung yang sebelumnya pernah datang dan kembali lagi (Returning visitor)
  • Pengunjung yang sedang berada di halaman tertentu selama sekian menit (Time on page)
  • Pengunjung yang berada di daerah tertentu (Geolocation)
  • Pengunjung yang sudah membuka sekian halaman website Anda (Page views number)
  • Pengunjung yang datang dari referensi link tertentu (Referrer)
  • Pengunjung yang pernah berada di halaman tertentu (Visited URLs)
  • Dan Anda bisa mengatur sendiri trigger yang Anda inginkan (Custom variable)

Wow!!!

Lengkap sekali kan? Penasaran dengan aplikasi chating apa ini? Silahkan Anda langsung coba sendiri dengan klik link ini

Selamat mencoba dan semoga konversi penjualan Anda meningkat. :)

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *