Technology

Tips Membuat Iklan Gambar yang Ideal (Bagian 1)

 

   

Perkembangan teknolgi jelas sekali mempengaruhi perkembangan kebutuhan masyarakat terhadap setiap hal. Ini sebabnya setiap pemilik bisnis terus berebut tempat untuk dapat menjadi solusi bagi kebutuhan tersebut. Salah satu yang paling banyak dilakukan adalah dengan membuat banyak jenis iklan untuk mengakomodir kebutuhan promosi sebuah bisnis. Mulai dari iklan teks, bergambar ataupun video. Semua jenis teknik akan dikeluarkan demi menghasilkan iklan yang menarik dan menggaet banyak calon pelanggan. Nah, untuk iklan bergambar tentu sedikit berbeda dengan iklan teks yang biasa kita buat. Dan berikut ini adalah tips yang bisa digunakan untuk membuat iklan bergambar yang lebih ideal.

1. Pilih warna yang menarik

Begitu pentingnya penggunaan warna dalam setiap desain website, poster hingga iklan membuatnya harus selalu digunakan sesuai porsi dan kebutuhan. Pastikan sebelum membuat iklan bergambar Anda telah menyesuaikan dengan skema iklan, baik latar ataupun font yang digunakan. Dalam membuat sebuah iklan bergambar, pastikan logo atau jargon dari perusahaan Anda juga ikut Andil didalamnya. Anda harus memastikan bahwa iklan bergambar tersebut sudah benar – benar menggambarkan bisnis dan iklan bisnis Anda. Anda dapat melihat kegunaan dan pengaruh warna terhadap bisnis disini.

Baca juga: [5 Alasan Mengapa Warna Mempengaruhi Minat Pembeli]

2. Bekerja dengan skema warna dari situs yang Anda targetkan

Jika Anda memutuskan untuk menargetkan iklan ke sebuah situs tertentu, pastikan iklan yang Anda buat sesuai dengan konsep dan tema dari situs tersebut. Jika iklan Anda tampak kurang menarik dan tidak “nyambung” dengan situs yang Anda gunakan, maka pengunjung cenderung enggak mengekliknya. Dalam kasus ini lebih penting untuk mencocokkan warna dengan halaman situs daripada mencocokkan skema warna pada laman landas Anda sendiri.

3. Sertakan ajakan bertindak yang jelas pada tombol atau dimanapun

Tujuan dari dibuatnya iklan bergambar adalah untuk lebih mudah dalam menyampaikan iklan atau promosi bisnis Anda. Itu sebabnya dalam iklan bergambar yang Anda buat tentunya harus memuat sebuah tombol aksi untuk memudahkan pengunjung mengetahui dan membeli produk yang Anda iklankan. Berikan tombol aksi itu dimana saja, yang jelas harus jelas dengan warna, teks dan bentuk tombol yang jelas. Supaya pengunjung lebih mudah menemukan dan menggunakannya.

Baca juga: [5 Tips Membuat Element Call to Action yang Menarik]

4. Pastikan bingkai animasi yang terakhir berisi semua pesan penting dan ajakan bertindak

Jika tombol aksi yang ada pada iklan menggunakan animasi tertentu, maka cobalah untuk membuatnya lebih jelas, terlebih untuk kata – kata pemikatnya. Jangan biarkan kata – kata menarik Anda tidak terlihat atau tidak ditemui oleh pengunjung Anda. Ini sering terjadi pada iklan yang menggunakan animasi hilang dan muncul dalam website.

5. Konten iklan yang seimbang

Sekalipun yang Anda buat adalah sebuah iklan bergambar, tapi konten iklan yang akan Anda tampilkan akan mencangkup juga teks didalamnya. Itu sebabnya penggunaan teks dan isi dari tulisan iklan harus seimbang dengan gambar yang digunakan. Gunakan teks hanya sebagai kalimat yang menjelaskan secara singkat apa isi iklan dan gambar Anda. Bukan untuk menjelaskan maksud dari iklan Anda.

6. Temukan ide iklan dengan alat pembuat iklan bergambar

Jika Anda bingung dan seakan tidak memiliki inspirasi untuk membuat iklan bergambar seperti apa untuk bisnis Anda, maka cobalah untuk mencari inspirasi di berbagai alat pembuat iklan bergambar seperti Google Adwords. Anda juga bisa mendapatkan inspirasi dari website Anda sendiri. Gambar yang dibuat bisa disesuaikan dengan kebutuhan iklan dan promosi yang Anda buat.

7. Dapatkan inspirasi dari koleksi iklan bergambar

Anda bisa mendapatkan inspirasi dari mana saja, salah satunya dari portofolio iklan bergambar berikut ini. Anda juga bisa melihat iklan bergambar lainnya. Semua tergantung dari selera dan kebutuhan Anda.

8. Sampaikan kepada pelanggan apa yang dapat mereka lakukan

Dalam menawarkan sebuah produk, tentu Anda akan memberikan sebuah kata – kata manis didalamnya, seperti GRATIS, DISKON dan lain sebagainya. Ini memang harus Anda lakukan untuk mendapatkan perhatian dan ketertarikan mereka dalam membeli produk Anda. Nah, dari sini Anda juga harus mampu menyampaikan kepada pelanggan apa yang dapat mereka lakukan setelah memilih iklan yang Anda buat. Apakah mereka akan mendapatkan Gratis ongkos kirim? Mendapatkan banyak pilihan? Atau mereka haru Memberitahu semua orang! tentang promo ini. Sorot kata – kata semacam ini. Biarkan mereka tahu apa yang harus mereka lakukan ketika ingin mendapatkan produk yang Anda iklankan.

Baca juga: [30 Kata Ajaib untuk Kehebatan Marketing Bisnis Anda]

9. Sertakan ajakan bertindak di setiap kerangka iklan flash

Biarkan pengunjung iklan bergambar Anda dapat bertindak dengan mudah pada iklan flash yang Anda buat, tanpa harus menghentikan iklan yang sedang berjalan. Ini akan membuat mereka tidak cepat bosan dan langsung mendapatkan apa yang mereka harapkan.

10. Buat logo perusahaan atau merek produk yang menarik

Ini penting bagi sebuah bisnis, logo perusahaan atau merek produk harus selalu ada dalam setiap iklan baik teks maupun bergambar yang Anda buat. Branding ini akan membantu Anda lebih mudah mengenalkan bisnis dan produk kepada calon pelanggan Anda. Biarkan mereka mudah untuk melihat logo yang Anda gunakan dimanapun dan kapanpun.

Baca juga: [Tips Membuat Logo untuk Bisnis Anda]

Selamat mencoba :)

Artikel lainnya:

5 Iklan dengan Cerita yang Digarap Secara Maksimal

[Infografis] 3 Cara Membuat Iklan Banner yang Menarik untuk Diklik

Belajar Membuat Iklan dari MAERSK

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *