Technology

7 Tips Maintenance Website

 

   

1. Backups —  Kerusakan website bisa sewaktu-waktu terjadi. Itulah sebabnya kita harus memiliki backup dari website kita. Sehingga jika nantinya website kita mengalami kerusakan, kita bisa langsung mengembalikannya pada kondisi ketika website kita masih fit. Backup yang disediakan provider web hosting biasanya hanya bersifat membantu, dan berupa system backup. Artinya titik restorasinya hanya bisa dikembalikan pada keadaan 1 hari atau 1 minggu dari tanggal restorasi dilakukan. Restorasi bisa dilakukan ke tanggal yang anda inginkan, dengan data backup yang telah anda miliki. Untuk itulah anda perlu rutin melakukan backup terhadap situs anda, dan menyimpan backup anda dengan rapi pada media keping CD jika perlu dan mengurutkan sesuai tanggal backup dilakukan.

2. Update. Memiliki website yang bagus saja tidaklah cukup. Anda perlu melakukan update rutin untuk meyakinkan pengunjung anda bahwa website bagus anda hidup. Beberapa hal yang harus anda perhatikan adalah: 1) Koreksi terhadap konten statis anda (misalnya halaman “About Us”) setiap kali ada perkembangan pada perusahaan anda. 2) Posting entry baru atau artikel yang menarik pembaca untuk meninggalkan komentar. 3) halaman Term of Service perusahaan anda untuk menjaganya tetap sesuai dengan hukum yang berlaku.

3. Browser Friendly. Website anda harus bisa dijalankan pada semua jenis browser. Cek jalannya website anda pada Firefox, IE, Google Chrome, Opera and Safari – pada setiap versi Mac dan PC. Anda perlu memastikan setiap elemen desain website anda bekerja dengan sempurna.

4. Kecepatan. Minimalkan jumlah grafis pada setiap halaman atau kecilkan file sizenya untuk mempercepat load halaman anda. Pasang satu saja animasi kecil pada halaman home anda.

5. Percakapan. Dewasa ini bisnis adalah percakapan. Anda harus memberikan ruang bagi pengunjung anda untuk menyatakan opininya, atau berinteraksi dengan anda secara langsung. Percakapan bisa anda peroleh melalui pemasangan form comment, feedbacks, testimonial, dan sebagainya. Pasang akun yahoo anda bila perlu sehingga pengunjung bisa langsung terhubung dengan anda.

6. Search Engine Friendly (SEF). 97% pengunjung akan coba menemukan website anda melalui search engine. Dan lebih dari 90% akan mencari anda melalui Google. Itulah sebabnya kenapa penting sekali untuk menjadikan website anda menjadi lebih SEF. Anda bisa memulainya dengan menambah deskripsi meta-tag anda, judul tags, menyisipkan keywords pada artikel anda, dan sebagainya.

7. Pakai Statistik. Pantau statistik website anda secara rutin. Misalnya melalui fitus AwStat pada cPanel hosting indonesia anda. Dari statistic tersebut, anda akan memperoleh data tentang trend jumlah kunjungan pada website anda, keyword yang paling dicari pada website anda, dan sebagainya. Dengan demikian anda bisa menyusun strategi marketing yang lebih ampuh.

A website is a going concern – not a virtual brochure. It should be in a constant state of change, not static and gathering dust. In a way, it’s like a business unto itself. (geoffreymultimedia.com).


Artikel Terkait

7 komentar

  • 16 December 2010 - pukul 19:41

    Bagus.. sangat informatif. Untuk newbie seperti saya ini cukup melegakan.
    Saya tunggu update info lainnya :)

    • 18 December 2010 - pukul 10:06

      terimakasih untuk komen dan apresiasinya pak Dika :)

  • 31 December 2010 - pukul 18:16

    wah menarik infonya mengenai SEF saya kurang paham nih dan masih dalam tahap belajar mohon lebih di khususkan agar bisa lebih paham pengertianya

    • 6 January 2011 - pukul 11:10

      terimakasih untuk masukannya mas,
      next time akan kami coba khususkan ke SEF

  • 17 January 2011 - pukul 10:30

    Terima kasih banyak nih buat tips memelihara websitenya, apalagi buat saya yang baru, moga ada tips lain biar web kita bisa lebih powerfull dan menghasilkan tentunya.
    dan juga website saya masih masa konsturksi nih….mohon bimbingannya ya

  • 15 December 2011 - pukul 18:39

    poin yang no 2 cukup sukar dilakukan, ditengah kesibukan keseharian jadi jarang update blog yang sebenarnya harus diupdate supaya kelihatan hidup

  • 16 December 2011 - pukul 3:00

    Wah mantap, dan biasanya saya lupa backup site, thank infonya ya.

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *