Technology

Tips Memilih Laptop untuk Bisnis Kecil Anda

 
  • 5
    Shares

   

Jika anda akan membeli laptop untuk kebutuhan bisnis anda, ada beberapa hal yang harus menjadi pertimbangan sebelum anda memutuskan untuk memilih sebuah laptop yang mampu menunjang bisnis anda, terutama bisnis tersebut adalah bisnis online.

Di luaran sana, banyak sekali merk laptop yang menawarkan keunggulan keunggulan produk mereka, tapi apakah sesuai dengan kebutuhan UKM anda? Atau justru menghambat pekerjaan yang harusnya dapat anda selesaikan dengan lebih cepat? Berikut ini adalah hal hal yang musti anda pertimbangkan dalam memilih spesifikasi laptop yang mampu menunjang bisnis anda.

1. Jenis Laptop

Laptop datang dalam berbagai ukuran, mulai dari netbook untuk pengganti desktop. Jenis yang Anda butuhkan jelas tergantung pada bagaimana Anda akan menggunakannya. Jika Anda sering bepergian, ultraportable dengan ukuran layar 11,6 – 12 inci adalah pilihan yang tepat, atau mungkin laptop utama dengan ukuran normal 13,3 inci – 14 inci. Ultrabooks adalah kategori model baru yang sangat mudah untuk dibawa bepergian, selain tipis, laptop jenis ini juga sangat ringan, tetapi biasanya ada bagian dalam konektivitas dan peripheral terintegrasi yang tidak terdapat pada laptop jenis ini, misalnya tidak disediakan DVD drive.

Jika Anda hanya mencari laptop untuk menggantikan PC yang duduk di meja Anda sepanjang waktu, maka laptop dengan ukuran 17 inci mungkin paling cocok sebagai penggantinya, dengan ukuran fisik yang lebih ringkas namun tetap mengedepankan layar yang lebih lebar, tentu akan membuat meja kerja anda lebih rapi dan optimal.

2. Daya tahan fisik & energi

Tentunya anda tidak ingin investasi besar anda mogok atau berantakan. Sebuah laptop kokoh yang dibangun akan menghemat uang dalam jangka panjang. Kendala yang paling sering dihadapi sebuah laptop yang digunakan untuk berbisnis adalah suhu dan kekokohan fisiknya, termasuk keyboard dan touchpad yang selalu anda gunakan saat laptop anda menyala, dalam proses pemilihan ini, laptop dengan fisik yang dibangun dari bahan metal jelas akan memperkokoh dan mampu melindungi apa yang ada dalam tubuh laptop itu sendiri, tahan goncangan, tahan kondisi cuaca, bahkan tahan kelembaban udara sekitar adalah fitur yang mampu mempertahankan kesehatan laptop anda dimasa yang akan datang, bahkan saat teknologi dalam laptop anda sudah ketinggalan, fisik laptop anda masih mampu menjalankan tugasnya seperti saat pertama kali anda membeli laptop tersebut. Dan anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk merawat laptop anda. Apalagi jika ditambah dengan baterai yang tahan lama saat digunakan dan baterai tidak mudah rusak, anda tidak akan pernah takut kehabisan tenaga untuk laptop anda saat perjalanan luar kota. Untuk memilih baterai yang tidak mudah rusak, utamakan baterai dengan jenis polymer dibandingkan dengan baterai berjenis Li-ion.

3. Media penyimpanan

Media penyimpanan juga menjadi hal yang paling penting pada kelangsungan bisnis anda, tentunya anda tidak mau jika anda kehilangan data yang ada pada laptop anda bukan? Jika anda memiliki dana yang cukup, SSD sebagai media penyimpakan bisa menjadi pertimbangan dalam memilih laptop. SSD saat ini mulai populer dikalangan pebisnis karena kecepatan baca tulis data, ketahanan goncangan, sumber tenaga yang dibutuhkan, dan jaminan kerusakan yang lebih bagus. Meskipun harganya hampir 10 kali lebih mahal dari hard drive pada umumnya, namun SSD mampu memberikan jaminan kepuasan yang jauh lebih baik dari pada hard disk.

4. Sistem Operasi

Pemilihan sistem operasi yang yang paling baik belum tentu yang paling baru, anda harus menyesuaikan sistem operasi dengan kebutuhan anda dan hardware yang anda miliki, pemilihan sistem operasi yang salah akan mengakibatkan menurunya kinerja anda dan laptop anda dalam menyelesaikan pekerjaan, misalnya, apabila anda sudah merasa nyaman saat menggunakan windows 7 dan anda belum mengenal windows 8 bahkan windows 8.1, maka windows 7 adalah pilihan yang tepat untuk menunjang bisnis anda, dan bukan berarti anda tidak akan mempertimbangkan windows 8 sama sekali, anda tetap harus mengikuti perkembangan teknologi hingga anda benar benar siap untuk beralih ke teknologi sistem operasi yang lebih baik.

5. Keamanan

Laptop untuk bisnis dan laptop untuk pengguna pribadi biasanya terlihat sangat berbeda pada bagian fitur keamanannya, biasanya laptop yang diambil para pebisnis adalah laptop yang dilengkapi dengan fitur keamanan seperti fingerprint, face recognation, enkripsi data, password harddisk, bahkan GPS dan lain lain. Apabila fitur kemanan semakin lengkap, tentunya anda akan bisa tidur tenang dan tidak perlu takut jika data perusahaan anda jatuh ditangan orang lain.

6. CPU dan GPU

CPU : kebanyakan, para produsen laptop mengedepankan jenis/type CPU di fitur utama mereka, hal tersebut sangat wajar sebab semakin tinggi kemampuan CPU, maka semakin tinggi pula performa laptop tersebut dalam membantu menyelesaikan pekerjaan anda, namun yang perlu diperhatikan adalah semakin tinggi kemampuan sebuah CPU maka semakin tinggi pula harganya, apabila dana yang anda siapkan terbatas, maka pilihlah CPU yang lebih sesuai dengan dana anda, jangan sampai anda tertarik pada murahnya harga CPU, sebab kemampuannya jelas akan lebih rendah dan bisa menghambat pekerjaan anda.

GPU : biasanya disebut sebagai VGA oleh penjual laptop, fungsi dari GPU adalah hampir sama seperti CPU, namun hanya terfokus pada kemampuan menampilkan grafik, GPU adalah salah satu perangkat yang cukup berpengaruh pada harga sebuah laptop, dan anda sebagai pebisnis tidak memerlukan perangkat ini, cukup menggunakan GPU onboard saja sebenarnya sudah sangat cukup. menurut penulis, GPU tidak dapat membantu menyelesaikan pekerjaan pebisnis, kecuali anda menggunakan laptop tersebut untuk bermain game atau grafik dan video editing.

7. Video Output

Apabila anda sering menggunakan laptop anda untuk presentasi dan terhubung dengan sebuah projector, sebaiknya anda mempertimbangkan salah satu fitur ini, biasanya sebuah laptop sudah dilengkapi dengan VGA output, namun tidak semuanya dilengkapi dengan HDMI/DVI, ada baiknya apabila anda memilih laptop yang mampu menunjang presentasi anda dengan memilih laptop yang mempunyai Video Output dalam beberapa type yaitu VGA dan HDMI/DVI.

8. Data Port

USB, eSATA dan Cardreader adalah data port yang wajib ada pada laptop yang akan anda beli, terutama jumlah USB yang disediakan, anda akan sangat kesulitan untuk memindahkan data anda dari flashdisk/disk external ke laptop anda apabila anda kehabisan port USB. Dalam memilih data port yang baik, utamakan yang menggunakan teknologi USB 3.0, seperti yang diberitakan oleh media bahwa USB 3.0 mempunyai kecepatan membaca sampai 10 kali lebih cepat dibandingkan teknologi sebelumnya yaitu USB 2.0, untuk membedakan, biasanya port USB 3.0 berwarna biru, hijau atau merah, sedangkan untuk USB 2.0 dan 1.0/1.1 berwarna hitam.

9. Konektivitas

Sebagai pebisnis dengan mobilitas yang cukup tinggi, tentu anda tidak ingin pernah terputus dari internet saat diluar kantor/tempat kerja anda, agar anda dapat selalu terhubung dengan internet, fitur yang wajib ada adalah Wifi, Ethernet, Bluetooth, dan Mobile broadband jika memungkinkan, fitur fitur ini dapat menunjang pekerjaan anda saat diluar kantor dan agar anda tetap dapat terhubung dengan dunia luar meskipun anda tidak didalam kantor.

10. Vendor terpercaya

Untuk memilih vendor yang baik, sebaiknya anda mempertimbangkan beberapa hal berikut ini :

Ketersediaan suku cadang dan layanan perbaikan.

Penilaian produk yang baik untuk pebisnis bukan hanya dari 9 poin diatas, namun ada 1 lagi poin yang paling penting yaitu ketersediaan suku cadang, banyak vendor baru bermunculan dan mencoba bersaing di penjualan laptop, namun apakah semua dapat dipercaya untuk layanan selanjutnya jika ada masalah? Atau bahkan anda kesulitan saat mencari suku cadang untuk menggantikan bagian laptop anda yang rusak? Vendor yang terpercaya tidak akan membiarkan pelanggannya kesulitan dalam melakukan perbaikan terhadap laptopnya.

Garansi.

Meskipun diproduksi oleh vendor yang sama, hasil produksi sebuah produk elektronik tidak sepenuhnya sama dalam hal kualitas, dan apabila secara kebetulan laptop yang anda beli mengalami kerusakan dalam kurun waktu tertentu, bagaimana tanggung jawab mereka? Biasanya vendor yang yakin terhadap kualitas produk mereka, pasti akan memberikan garansi yang lebih panjang dari produk pada umumnya dan mempermudah pelanggan untuk mengklaim garansi tersebut.

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


  • 5
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *