Start A Business

Tips Memilih Lokasi Bisnis yang Strategis

 
  • 2
    Shares

   

Nah pemilik bisnis online. Jika anda punya rencana untuk ekspansi ke dunia offline dengan membuka toko atau lapak, tentu anda harus memilih lokasi dulu. Tidak diragukan lagi bahwa pemilihan lokasi ini merupakan keputusan paling penting yang harus dibuat oleh pemilik UKM dan Startup. Sehingga anda butuh sejumlah pertimbangan seperti perencanaan yang matang dan sejumlah penelitian demografi, kompetisi, budget, dan masih banyak lagi. Berikut sejumlah pertimbangan yang dapat anda masukkan ke daftar pertimbangan anda.

Brand Image

Apakah lokasi tersebut konsisten dengan citra brand yang sedang anda bangun? Misalnya yayasan sosial, perlukah membangun di lokasi perlente?

Kompetisi

Bagaimana kompetisi bisnis di sekitar area anda? Apakah bisa saling melengkapi atau justru saling bersaing?

Kebutuhan Tenaga Kerja

Apakah di sekitar kawasan tersebut memiliki karyawan potensial? atau bagaimana fasilitas rumah tinggal karyawan anda di sekitar kawasan tersebut? Bagaimana mereka bisa menjangkau bisnis anda setiap harinya, apakah mudah atau susah?

Rencana untuk Pertumbuhan Masa Depan

Alangkah baiknya jika anda dapat mengantisipasi pertumbuhan lebih lanjut di masa depan. Misalnya dengan mencari bangunan yang memiliki ruang ekstra yang bisa anda manfaatkan sewaktu-waktu ketika usaha anda telah berkembang.

Kedekatan dengan Pemasok

Bagaimana supplier bisa menemukan anda, atau bagaimana anda bisa menjangkau supplier? Semakin dekat kawasan anda dengan supplier, maka semakin baik.

Keselamatan

Pertimbangkan tingkat kejahatan di kawasan tersebut. Akankah karyawan anda merasa aman jika ditinggal sendirian di gedung atau ketika mereka berjalan ke kendaraan?

Peraturan Daerah

Di sini telah ditentukan apakah jenis bisnis anda diijinkan di properti tersebut ataukah justru menyalahi aturan yang sudah ada. Anda dapat mengetahui aturan ini dengan menghubungi badan perencanaan setempat.

Evaluasi Budget Anda

Selain melihat apa saja yang ditawarkan pada suatu kawasan, tentu saja anda juga harus mempertimbangkannya dari sisi keuangan.

Biaya Tersembunyi

Sangat sedikit bangunan yang sudah siap secara bisnis. Seringkali anda juga harus menyiapkan busget untuk biaya renovasi, dekorasi, instalasi teknologi, dan lain sebagainya.

Pajak

Hitung pula pajak pendapatan, penjualan dan pajak properti bangunan anda.

Upah Minimum

Setiap kota memiliki upah minimum karyawan yang berbeda-beda. Jadi jangan lupa untuk memasukkan faktor ini pada budgeting anda. Cari tahu UMK suatu kawasan di Departemen Tenaga Kerja setempat.

Insentif

Lokasi usaha dapat menentukan apakah Anda memenuhi syarat untuk program usaha ekonomi pemerintah, seperti kredit usaha kecil dan insentif keuangan lainnya.

Konsultasikan ke Kanan Kiri

Lakukan penelitian Anda dengan serius. Karena anda pasti tidak ingin biaya yang anda keluarkan untuk jangka panjang sia-sia karena satu atau hal lainnya. Bicarakan dengan pemilik bisnis lainnya. Komunitas masyarakat UKM, komunitas lokal setempat, dan manfaatkan sumber daya yang tersedia seperti data demografi lokasi yang disediakan secara gratis oleh pemerintah untuk membantu usaha Anda.

Kami sampaikan semoga sukses


  • 2
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *