Running A Business

Tips SEO On Page untuk Tingkatkan Page Rank Website

 
  • 67
    Shares

   

Tujuan On Page SEO adalah menjadikan mesin pencari lebih peka terhadap konten yang ada di dalam website kita. Berikut beberapa teknik dasar dari SEO On Page yang perlu anda ketahui:

1. Atur format penulisan konten website anda menjadi atas ke bawah & kiri ke kanan
Behavior mesin pencari dalam membaca halaman website adalah membaca konten dari atas ke bawah & kiri ke kanan. Dari sini anda bisa mengatur konten anda agar bisa lebih mudah dibaca dengan: 1. Menulis teks judul yang mengandung kata kunci ditulis pada bagian kiri-atas, 2. Setelah judul letakkan konten halaman, 3. Bagian lain yang kurang penting letakkan di bagian kanan-bawah halaman.

2. Keyword density (kerapatan kata kunci)
Pada isi konten halaman, jangan terlalu banyak menggunakan kata kunci. Karena hal ini bisa membuat mesin pencari justru menghindari website anda. Pergunakanlah sekitar 2-7 persen dari total kata-kata pada konten halaman.

3. Nama domain mengandung kata kunci
Meski algoritma Panda milik Google kini telah mengeluarkan faktor nama domain dari daftar kata kunci, namun metode ini masih bisa anda manfaatkan untuk mendapat perhatian dari mesin pencari selain Google.

4. Menulis kata kunci pada HTML tag dan image tag
Tuliskan kata kunci anda pada bagian HTML tag dari script anda. Misalnya pada meta, title, content tag, dan sebagainya. Selain itu, pada setiap image (gambar dan grafik) anda, tuliskan juga alt tag & title tag sebab mesin pencari tidak bisa membaca gambar dan grafik.

5. Ketahui urutan prioritas kata kunci
Urutan prioritas dari kata kunci suatu halaman yang dibaca mesin pencari adalah: Nama Domain > URL halaman > Title Tag > Image Tag > 200 kata pertama > kata-kata setelahnya. Untuk mendapat hasil yang maksimal, ikutilah urutan tersebut sebagai prioritas dalam meletakkan kata kunci anda.

6. Link setiap halaman website anda ke halaman home
Ketika visitor datang ke halaman website anda lewat hasil pencarian, tidak semuanya datang halaman home. Inilah sebabnya navigasi ke halaman utama sangatlah penting untuk memancing visitor agar mengunjungi halaman home anda.

7. Buat file sitemap
Sitemap merupakan sebuah file yang berisi susunan direktori dari website anda. Tujuannya adalah memudahkan mesin pencari untuk menjaring halaman website anda. Search pada Google dengan kata kunci “XML Sitemap Generator” untuk mendapatkan cara termudah membuat sitemap atau anda bisa mengikuti step2 pembuatan sitemap pada URL berikut: http://mediabisnisonline.com/2010/11/cara-membuat-google-sitemap/

8. Buat file robots.txt
File robots.txt akan dibaca pertama kali oleh setiap mesin pencari yang berkunjung untuk mengetahui halaman mana pada website anda yang boleh dan tidak boleh dimasuki mesin pencari. Lakukan pencarian Google untuk mendapat cara termudah membuat robots.txt

9. Pelajari teknik SEO produk saingan
Pelajarilah juga bagaimana produk saingan anda menggunakan kata kunci. Bisa jadi nantinya anda akan menemukan trik-trik lain yang bisa anda tiru untuk meningkatkan teknik SEO anda.

10. Pemilihan kata kunci yang tepat.
Adapun cara mendapatkan kata kunci yang tepat bisa anda ikuti pada langkah berikut:

1. Buka situs keyword tools external. Anda bisa memanfaatkan keyword checker milik Google pada URL: https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal.

2. Masukkan kata kunci yang ingin dicari. Misalnya Hosting.

3. Untuk mencari kata kunci yang populer di Indonesia, klik Advanced Option. Kemudian pada Location dan Language pilih Indonesia.

4. Masukkan captcha dan klik search.

5. Maka akan muncul daftar keyword yang paling sering digunakan di pencarian kata kunci “Hosting”. Kata kunci yang paling baik adalah kata kunci dengan angka Monthly Search yang tinggi dan tingkat competition yang rendah.

Selain SEO On Page, masih banyak lagi teknik SEO yang bisa kita pelajari. Misalnya teknik SEO Off Page. Teknik ini merupakan kebalikan dari SEO On Page, optimasinya di lakukan dari luar halaman website. Pada teknik ini, kita mengoptimalkan kepekaan search engine dengan menambah infrastruktur jalur search engine dalam menemukan website kita. Contohnya adalah dengan menitipkan backlink / inbound link ke situs kita pada website lain.

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


  • 67
    Shares

Artikel Terkait

15 komentar

  • 31 August 2011 - pukul 19:48

    Wah mantap banget gan informasinya. Oya, saya mau tanya nih gan, bagaimana caranya untuk menambah infrastruktur jalur search engine secara aman, sehingga tidak dianggap melakukan link farming oleh search engine khususnya Google

    • 17 September 2011 - pukul 7:55

      utk link farming dan teknik SEO off page lainnya next akan kami coba buatkan artikelnya pak :-) terimakasih utk replynya

  • 9 October 2011 - pukul 0:43

    seeep infony bro…. simpel tp joss

  • 29 October 2011 - pukul 23:11

    mantap nih artikel? ijin copas ya?

  • 21 November 2011 - pukul 22:02

    Tips yang bagus dan harus dibaca bagi newbie spt saya. Thanks tipsnya.

  • 13 December 2011 - pukul 16:11

    Sebagai pemakai Jasahosting, artikel ini sangat membantu dalam pengembangan traffic web kami yaitu http://sepatusafetyonline.com
    Sepertinya simple tapi luar biasa efeknya……..
    Terima kasih admin Jagoanhosting atas artikel2nya

  • 27 December 2011 - pukul 11:15

    thansk… infonya ini baru belajar meningkatkan page rank….

  • 8 February 2012 - pukul 9:09

    terimakasih atas infonya , sangat berguna dan membantu :)

  • 9 April 2012 - pukul 11:19

    thanks infonya gan

  • 1 May 2012 - pukul 17:06

    saya sudah menerapkan semua cara di atas tp knp web saya masih tidak terindex oleh google ya gan??
    website saya si baru 1 bulan umurnya..

    • 3 May 2012 - pukul 12:51

      saya cek webnya sudah terindex pak -> ow.ly/aFuTy :-)
      1 bulan sudah cukup agar website terindex oleh google

  • 18 July 2012 - pukul 8:42

    Ilmu seo saya masih sangat minim, terima kasih mas admin atas ilmunya..

  • 26 October 2012 - pukul 15:53

    Thanks infonya…Tips yang bagus

  • 14 February 2013 - pukul 14:41

    Terimakasih mas ilmunya, sangat bermanfaat.

  • 1 May 2013 - pukul 20:29

    Ini dia tips SEO yang saya cari, terima kasih gan infonya… sangat bermanfaat.

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *