Technology

Tips SEO: Tulislah Judul yang Dicintai Google

 
  • 11
    Shares

   

SEO memang berperan aktif pada perkembangan dan peningkatan jumlah viewer dari suatu blog atau website. Dengan menggunakan sebuah kata kunci, artikel atau konten seseorang akan mudah ditemukan. Terlebih ketika ia mendapatkan kata kunci yang sudah dicari atau di teliti banyak dicari pengguna internet di Google, maka usaha SEO ini bisa saja berhasil. Ada banyak yang harus dipersiapkan untuk membuat sebuah artikel atau konten SEO yang dicintai oleh Google.

Bukan hanya dari isi, kata kunci, backlink dan sitelink, tapi juga dengan judul dan deskripsi dari konten di website kita. Meta title dan Meta deskripsi adalah salah satu tools yang harus ada dan harus digunakan oleh seorang penulis artikel dalam memposting artikelnya. Meta title dan Meta Deskripsi ini digunakan oleh untuk menggambarkan situa Anda di sarch engine terlebih dahulu, sebelum pada akhirnya pengunjung membuka dan membaca konten Anda di website.

Jika website Anda memang ditujukan untuk bisnis, maka penting bagi Anda untuk memberikan sebuah penjelasan singkat seputar bisnis dan produk apa saja yang Anda miliki. Dengan tujuan siapapun yang pertama kali melihat website Anda, mereka akan tahu siapa Anda dan harus mencarinya dimana.

Tips menulis meta title:

Jika Anda memperhatikan, ada sebuah struktur klasik yang digunakan untuk menuliskan judul bagi bisnis lokal, yaitu sebagai berikut: Kata kunci|Nama Perusahaan|Lokasi

beon intermedia

Dan berikut ini ada beberapa tips yang bisa digunakan dalam menuliskan judul:

1. Google memberikan batasan pada penulisan judul di search engine. Mereka hanya menyediakan 70 karakter bagi kita dalam menuliskan kata kunci, nama perusahaan dan alamat. Tapi alangkah baiknya jika kita tidak mencapai angka itu dalam menuliskan judul. Kita bisa menggunakan sekitar 50-55 karakter saja, termasuk spasi.

2. Perlu diingat bahwa judul yang Anda tuliskan tidak akan terlihat sama pada setiap hasil mesin pencari. Ketika kata – kata dalam meta title Anda sama dengan apa yang dituliskan oleh sang pencari, maka Google akan menganggapnya benar. Untuk itu panjang pendek dari penulisan judul sangat bepengaruh terhadap mesin pencari, jadi penting bagi kita untuk menjaga hal – hal yang singkat.

3. Pertimbangkan untuk menggunakan bar vertikal untuk memisahkan aspek yang berbeda di situs Anda dan membuat judul Anda mudah dibaca di search engine.

4. Selain pada mesin pencari, meta title yang Anda miliki juga akan menampilkan judul di tab browser dan postingan sosial media. Itu sebabnya Anda harus mampu menciptakan judul yang jelas dan menarik untuk dibaca pertama kali.

5. Bagi kita yang menjalankan sebuah bisnis online, ada baiknya tidak mencantumkan alamat atau lokasi pada judul website. Alasannya karena pelanggan tidak akan mau pergi jauh ke bisnis kita, saat bisnis kita berada jauh dari mereka.

Tulislah judul yang Anda cari

Seperti yang di atas, hasil dari pencarian pengguna Anda memiliki dampak langsung pada judul yang akan muncul dalam Google. Ketika kata – kata dalam permintaan mesin pencari sesuai dengan yang Anda tuliskan pada meta title, maka Google tidak hanya menempatkan website Anda lebih tinggi pada hasil mesin pencari, tetapi mereka akan berani mengatakan bahwa judul Anda memang cocok.

Dalam rangka menuliskan judul yang cocok, Anda bisa melakukan sebuah riset atau penelitian terlebih dahulu tentang apa yang akan dituliskan oleh pelanggan potensial Anda apabila mereka ingin mencari Anda. Posisikan diri Anda sebagai pelanggan, dan temukan apa yang Anda ingin tahu tentang bisnis itu. Seperti di Beon.co.id yang khusus menjual unlimited hosting. Maka penulisan judul menjadi “Beon Unlimited Web Hosting Indonesia”. Dan ini tentu ber-efek pada hasil pencarian di mesin pencari Google.

Anda juga bisa melihat rincian dari apa saja yang kira – kira akan dicari oleh pengguna Anda di Google Adword Keyword Planner. Di sini Anda bisa mencocokkan judul yang Anda buat dengan judul yang akan dikeluarkan oleh pengguna potensial Anda.

Sumber


  • 11
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *