Start A Business

Tutorial Membuat Blog di Blogger

 
  • 2
    Shares

   

Tutorial Membuat Blog di Blogger – Seiring kemajuan zaman, Anda sekarang sudah lebih dimudahkan untuk membuat blog. Karena kita bisa membuat blog bukan hanya di laptop atau personal komputer, di HP pun bisa. Namun seringkali langkah yang membuat orang tidak segera mau memulai adalah sudah merasa bahwa membuat blog itu susah dan hanya orang-orang dengan keahlian tertentu saja yang dapat membuatnya. Kenyataannya blog yang gratis itu bisa di buat siapa saja karena Anda tidak harus menggunakan jasa programmer atau pun agensi. Dan hari ini Anda cukup pelajari langkah demi langkah yang akan kita paparkan untuk membuat blog di Blogger. Tapi sebelumnya baca dahulu artikel Mebiso ”Cara Membuat Blog di Google” kemarin untuk persiapan awal dan beberapa tips-nya.

Adapun langkah-langkah untuk membuat blog di Blogger adalah sebagai berikut:

  1. Kunjungi Blogger dengan mengetik blogger.com pada adress bar
  2. Ketika Anda yang baru pertama kali masuk Blogger, maka Anda harus login terlebih dahulu dengan mengetik username (alamat email) dan password Gmail di kolom login (masuk)
  3. Supaya Anda lebih mudah untuk membuat blog di Blogger, ubahlah bahasa yang di gunakan (Bahasa Inggris) menjadi bahasa Indonesia dengan cara klik tanda segitiga di pojok kanan atas. Mari lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelas:
  4. Langkah selanjutnya adalah menentukan identitas pengguna/penulis blog. Anda bisa menggunakan profil dari Google Plus atau profil Blogger.
  5. Contoh di atas menggunakan profil dari Google plus, sehingga Anda di arahkan ke akun Google Plus (+) .
  6. Isi data Anda di Google Plus secara jelas, biasanya data ini sama seperti data yang di gunakan dalam membuat akun Gmail. Isi nama dengan nama yang ingin Anda tampilkan di profil blog Anda. Pilih jenis kelamin yang sesuai: Male (Pria) atau Female (Wanita). Isilah data tanggal lahir yang sesuai dengan tanggal lahir Anda di KTP.
  7. Setelah semua data terisi, langkah selanjutnya yaitu klik create profile. Untuk menambahkan photo, silakan klik tanda “+”, pada menu pop up silakan pilih photo yang Anda suka kemudian klik open. Namun, apabila Anda tidak ingin menambahkan photo, silakan klik save.
  8. Selanjutnya klik tombol “Lanjutkan ke Blogger” . Pada menu pop up yang muncul silakan klik mengerti atau tanda “x”, kemudian klik mengerti sekali lagi. Lalu klik “Buat Blog Baru”.
  9. Langkah selanjutnya yaitu mengisi formulir pada form yang sudah di sediakan blogger. Form ini berisi tentang profil Anda sebagai pengelola blog.
  10. Isilah nama domain (alamat blog) yang Anda inginkan dahulu. Isilah nama domain di kolom alamat yang di sediakan. Usahakan untuk membuat nama domain yang singkat, mudah dimengerti, mudah di ingat, unik, dan sebisa mungkin mempunyai korelasi dengan konten yang akan Anda buat serta mengandung keyword. Keterangan: Apabila nama domain terdapat keterangan “sudah tersedia”, maka buatlah nama lain yang masih ada.
  11. Selanjutnya isilah judul blog yang Anda suka dan mempunyai kaitan dengan alamat domain yang sudah Anda buat.
  12. Kemudian pilihlah Template yang Anda suka dengan cara klik Template tersebut.
  13. Klik “buat blog”. Dan proses pembuatan blog Anda selesai.

Tahap pembuatan blog Anda sudah selesai dan untuk melihat tampilannya silakan klik “lihat blog”. Mulailah untuk membuat postingan artikel pertama Anda agar blog Anda tidak di kira blog spam. Selamat berkarya!

 

Baca artikel menarik lainnya:

Tips Meningkatkan Trafik Blog Dalam 5 Langkah

Cara Membuat Blog Pribadi Yang Profesional Dengan Cara Mudah

Cara Membuat Blog Menarik Perhatian Banyak Pengunjung


  • 2
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *