Running A Business

Uji Fokus Anda pada Visi Bisnis dengan 8 Pertanyaan Ini

 
  • 105
    Shares

Sebuah bisnis atau perusahaan tentu saja memiliki tujuan, visi dan target yang berbeda – beda. Tidak bisa dipungkiri, bisnis tanpa visi tidak akan ada artinya. Seperti seseorang yang sedang berjalan tapi ia tidak tahu ingin pergi kemana dan mencari apa. Oleh sebab itu, saat pertama memiliki niat dan rencana mendirikan bisnis, tentu visi dan target akan beriringan dibuat dan dituliskan. Ini bertujuan untuk membantu kita dalam menggapai kesuksesan dan mencapai keuntungan yang diinginkan. Menurut Gino Wickman, seorang pendiri perusahaan konsultan kepemimpinan EOS World Wide, bahwa untuk menjadi sukses pengusaha perlu mengidentifikasi visi dengan jelas. Lalu bagaimana bisa kita fokus dalam menjalankan visi bisnis perusahaan? Maka Wickman memberikan 8 pertanyaan ini untuk menguji fokus Anda pada visi bisnis Anda:

1. Apa nilai budaya perusahaan Anda?

Keyakinan dari sebuah perusahaan untuk sukses berasal dari nilai para pemiliknya. Seorang pengusaha harus mampu mendefinisikan karakteristik yang ia miliki, seperti kejujuran, kerjasama dan antusiasme yang semua itu mewakili perusahaan dan karyawan yang ada. Ketika kita mampu mendefinisikan nilai – nilai seperti ini, kita akan dengan mudah menciptakan budaya perusahaan dan menilai apakah kita akan terus mempekerjakan atau memberhentikan karyawan, sesuai dengan kecocokan mereka dengan budaya atau nilai dari perusahaan.

2. Apa fokus utama Anda?

Fokus utama kesuksesan sebuah perusahaan adalah bagaimana ia mampu memberikan layanan terbaik untuk seluruh pelanggan dan calon pelanggannya. Tidak jarang hal sekecil ini yang membedakan bisnis Anda dengan bisnis para pesaing Anda. Setelah Anda memiliki visi yang jelas dari apa yang Anda fokuskan, Anda tidak akan terganggu oleh hal – hal yang tidak sesuai dengan fokus Anda tersebut.

3. Apa target yang ingin dicapai dalam 10 tahun kedepan?

Terasa sangat jauh memang ketika kita harus berfikir apa yang ingin dicapai dalam 10 tahun mendatang. Kita juga tidak bisa menjamin apakah tahun – tahun tersebut bisnis akan terus berjalan dan bisa mencapai mimpi itu. Tapi setiap pemilik bisnis harus memiliki rancangan atau target yang ingin ia capai dalam 10 tahun kedepan. Target yang dibuat bermacam – macam, bisa berupa keuntungan perusahaan, jangkauan pemasaran, jumlah karyawan dan lain sebagainya.

4. Apa impian 3 tahun kedepan Anda?

Lebih dekat dari 10 tahun, Anda harus memiliki target apa yang ingin dicapai dalam 3 tahun mendatang. Ini terlihat akan mengharuskan Anda bekerja keras untuk mencapai mimpi tersebut. Pemilik usaha harus benar – benar memiliki ide yang jelas tentang perusahaan tersebut. Anda bisa membuat sebuah papan impian atau papan visi, yang isinya bisa berupa target atau impian apa saja yang akan dan harus Anda capai dalam jangka waktu tersebut. Ajak karyawan Anda untuk bekerja dan belajar mencapai mimpi itu bersama – sama. Ini akan terasa jauh lebih mudah dan nyaman bagi semuanya.

5. Apa fokus yang ingin dicapai dalam setahun kedepan?

Setiap perusahaan setidaknya harus memiliki 3 – 7 gol dalam setahun untuk bisa ia capai. Ini menjadi keharusan untuk bisa mencapai kesuksesan dan pemenuhan target di tahun – tahun selanjutnya. Buatlah target pada masing – masing departemen perusahaan dengan jelas dan pasti. Dan tuntun setiap karyawan untuk bisa dengan mudah dan nyaman mencapai target tersebut secara bersamaan.

6. Apa prioritas utama Anda?

Setiap perusahaan harus memiliki prioritas utama mereka. Mereka harus mampu membuat apa saja yang harus dicapai dalam satu hari, satu minggu, satu bulan atau beberapa jangka waktu tertentu. Perusahaan juga harus mendokumentasikan proses penerapan strategi pemasaran baik yang baru atau yang sudah lama berjalan, untuk bisa dievaluasi dan menghasilkan cara yang lebih mudah dan efektif.

7. Apa strategi pemasaran Anda?

Strategi pemasaran yang akan dilakukan suatu perusahaan tidak harus serumit yang dibayangkan dan dituliskan. Kita hanya perlu mengidentifikasi target pasar yang ideal, termasuk masalah demografis, geografis dan psikografis. Kita juga harus mengidentifikasi solusi unik yang bisa kita tawarkan kepada pasar tentang apa keluhan dan masalah mereka. Kemudian mengidentifikasi cara terbaik yang bisa digunakan untuk mendapatkan informasi pendekatan ke target pasar yang ada. Dan hingga pada akhirnya Anda harus memberikan suatu jaminan atau janji kepada pasar untuk menciptakan rasa percaya mereka terhadap perusahaan Anda.

8. Apa masalah Anda?

Dalam sebuah bisnis dan usaha mereka mencapai target perusahaan tentu saja akan mengalami kendala dan tantangan. Cobalah untuk melihat, mengamati dan mencatat apa saja yang sudah pernah, yang sedang dialami dan kira – kira akan muncul di kemudian hari. Ini akan membuat kita belajar untuk bisa mengatasi apabila ada kesalahan yang sama terjadi pada satu bisnis. Carilah solusi yang kira – kira mudah dan efektif bertahan lama untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Selamat mencoba :)

Baca juga:

[Infografis] 5 Cara Menghasilkan Ide Terbaik untuk Bisnis Startup Anda

9 Pertanyaan untuk Menguji Ide Bisnis Anda

10 Solusi Mobile Marketing untuk Bisnis Kecil

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


  • 105
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *