Interviews

Wawancara Singkat Bersama Ahmad Saefullah, Founder Razeta.com

 

Warning: array_keys() expects parameter 1 to be array, null given in /home/mebisoaja/public_html/mebiso.com/wp-content/plugins/mebiso-download-attachments/mebiso-download-attachments.php on line 263

Warning: in_array() expects parameter 2 to be array, null given in /home/mebisoaja/public_html/mebiso.com/wp-content/plugins/mebiso-download-attachments/mebiso-download-attachments.php on line 263

   

Razeta.com adalah salah satu bisnis online di bidang fashion terutama untuk produk sepatu. Saat ini Ahmad Saefullah (26), sudah menjalankan usaha ini hampir 1 tahun lamanya. Berikut ini adalah hasil wawancara tim mebiso bersama founder razeta.com :

Halo Mas Ahmad, bisa diceritakan tentang latar belakang pendidikan anda?

Saya S1 lulusan Teknik Industri Institut Teknologi Telkom (ITTelkom/STTelkom).

Lalu bisa diceritakan sedikit tentang bagaimana anda masuk ke dunia enterpreneur dan memulai usaha ini? Apa saja pengorbanan terbesar yang anda lakukan untuk usaha ini?

Saya mulai masuk ke dunia enterpreneur sejak saat awal saya kuliah. Saat itu saya sempat mengorbankan kuliah saya yaitu lulus sedikit terlambat dari yang seharusnya yaitu 4 tahun, namun saya lulus dalam kurun waktu 6 tahun. Hal ini terjadi karena saya sibuk mengurus 3 bisnis saya pada saat itu.

Wah 3 bisnis sekaligus, cukup berat ya mas? Lalu ide awal pendirian razeta.com sendiri dari mana mas? Dan sejak kapan usaha ini anda dirikan?

Idenya dari toko online yang sudah eksis di negara lain seperti Amerika yang fokus menjual sepatu, karena sepatu termasuk produk yang sangat laris di jual di internet, karena variasi/model yang luas dan terbatas untuk di display di toko – toko sepatu konvensional. Saya memulai dengan modal hanya 10 juta dengan bekerjasama dengan jasa webdesign dan hosting/server dari JagoanHosting dan JagoanStore. Saya memilih bekerjasama karena dapat lebih efisien dan efektif karena saya bisa lebih fokus ke sales dan marketing. Dan razeta.com sudah berdiri sejak Juni 2012.

Lalu bisa diceritakan tentang apa saja yang saat ini ditawarkan bisnis anda?

Bisnis saya adalah toko online yang bernama Razeta.com. Toko online ini menjual produk khusus sepatu dari berbagai brand luar dan sebentar lagi juga akan ada brand lokal dan baru berjalan hampir 1 tahun. Kami fokus ke produk sepatu karena kami ingin menyediakan pilihan atau seleksi yang lebih banyak kepada konsumen dan bisa lebih fokus untuk bersaing dengan kompetitor – kompetitor besar yang dalam 1 – 2 tahun belakangan ini ada dengan investor yang besar dengan konsep fashion dan produk bermacam-macam.

Sentuhan apa yang membuat bisnis anda berbeda dengan bisnis lainnya yang memiliki konsep yang serupa?

Saat ini banyak toko online yang ada dengan konsep fashion dan butik. Fashion itu toko online yang menjual berbagai baju, sepatu dan lain – lain. Saat ini sudah ada pemain besar di bidang ini dan butik adalah toko online dengan beberapa brand saja, biasanya mereka juga selaku pemilik brand. Saya memiliki konsep untuk menjual khusus sepatu (niche market) tapi dengan banyak brand. Keunggulan kami di seleksi sepatu yang nantinya akan terus kami perluas, setelah tahap final website selesai dengan sentuhan personal jadi pembeli dapat menghubungi kami via telpon, BBM dan chat misalnya. Customer service kami menjadi andalan kami dalam memberi saran kepada customer untuk menemukan sepatu yang mereka inginkan.

Sampai dengan saat ini, prestasi terbaik apa saja yang pernah diraih bisnis anda? Lalu pengalaman paling berkesan apa saja yang anda alami selama menjalankan bisnis ini?

Saat ini kami fokus untuk bekerjasama dengan retailer, pemilik brand dan distributor sepatu. Prestasi baru sebatas omset dan jumlah pelanggan yang terus meningkat terutama saat menjelang lebaran dan tahun baru. Pengalamannya ada yang senang dan duka. Yang senang mungkin sekarang lebih banyak bertemu dengan bermacam-macam customer dengan karakter berbeda-berbeda seperti kami pernah memiliki kustomer yang sangat kritis karena takut barangnya tidak dikirim, hampir tiap menit customer menanyakan barangnya sudah dimana. Duka nya sebelum bisnis Razeta ini saya juga pernah bisnis lain dan di tipu puluhan juta oleh supplier saya.

Lalu bagaimana anda menilai ruang lingkup market yang sekarang? Dan bagaimana bisnis anda mengubahnya?

Tantangan dan kendala yang pernah anda hadapi dan bagaimana Anda mengatasinya: market sekarang terutama internet user semakin berkembang cepat dari 2-3 tahun yang lalu, ini adalah peluang bisnis yang sangat bagus untuk dimulai. Dengan user internet semakin banyak potensi e-commerce juga meningkat dan edukasi juga sangat penting ke warna Indonesia supaya tidak takut berbelanja online. Tantanganya karena komptitor dari luar banyak yang masuk dengan investor yang super besar.

Menurut mas Ahmad sendiri, rencana ke depan untuk mengembangkan razeta.com sendiri apa?

Untuk rencana kedepan, Razeta.com akan fokus ke niche market sepatu terlebih dahulu dan pelayanan terbaik ke customer saat ini.

Lalu siapa tokoh yang jadi motivasi Anda untuk bisnis anda? Dan apa Quote yang paling berkesan bagi perjalanan anda sebagai Enterpreneur?

Untuk tokoh yang menjadi motivasi dari luar ada Steve Jobs karena sangat inovativ menciptakan produk yang disukai pasar. Dari dalam ada Sandiaga S. Uno dan Chairul Tanjung karena mereka membangun bisnis dari 0 dengan jatuh bangun sampai sukses. Stay foolish, stay hungry (steve jobs), kerja keras, kerja cerdas,kerja tuntas dan kerja ikhlas (Sandia Uno).

Untuk yang terakhir nih mas, saran terbaik apa yang bisa Anda berikan kepada enterpreneur dan pembaca?

Jadilah pengusaha yang memiliki keyakinan dan mimpi yang tinggi dan lakukan sepenuh waktu anda untuk meraihnya dengan kerja keras dan komitment.

Terima kasih untuk kesempatannya kami wawancarai mas Ahmad. Semoga razeta.com semakin dan selalu sukses. :-)

Mau bisnis Anda diliput juga oleh mediabisnisonline.com? Silahkan daftarkan bisnis Anda untuk liputan bisnismediabisnisonline.com. Liputan ini GRATIS tanpa biaya apapun.

Dalam Artikel Ver 2

Ayo daftarkan bisnis Anda sekarang juga, siapa tahu Anda beruntung untuk mendapatkan pelangga baru, reseller, dropship atau bentuk partnership lainnya! Liputan ini terbatas!

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *