Technology

20 Website Tampil Menawan dengan Gaya Flat Design

 

   

Kini, Flat Design merupakan sebuah tren terbaru dalam dunia desain website. Bayangkan anda tidak perlu menggunakan berbagai efek seperti Drop shadow, Embossing (tekstur dan kontur), tekstur halus dan warna gradasi. Anda tinggal fokus pada layout yang bersih, tipografi tajam dan warna yang solid. Meskipun demikian, rupanya tampilan akhirnya boleh dibilang cukup memukau.

Gaya ini sendiri sebenarnya sudah ada sejak lama, namun keberadaannya sangat tidak populer sebelumnya. Kemudian nama-nama besar seperti Google dan Microsoft (Windows 8 dengan Metro UI) mengadopsi gaya ini pada desain mereka.  Beragam website dengan gaya Flat Design pun bermunculan. Berikut beberapa contoh desain web yang menurut saya cukup bagus dalam menerapkan prinsip Flat Design.

SpellTower

spelltower

SpellTower.com adalah website sebuah permainan puzzle Andoid dengan desain satu halaman, full width layout, dan menggunakan beberapa warna solid sebagai background. Tidak lupa beberapa elemen web seperti tombol yang sederhana dan dan gambar yang cukup besar sebagai ilustrasi.

Kickfolio

kickfolio

Kickfolio.com sendiri merupakan app interaktif untuk iPhone. Websitenya menggunakan beberapa warna solid dengan tombol yang memakai efek modern.

Lorenzo Verzini

lorenzoverzini

LorenzoVerzini.com adalah sebuah website milik seorang desainer dan art director dari London. Dia menggunakan Flat Design dengan sangat baik, ilustrasi yang cukup besar dan beberapa elemen interaktif memenuhi websitenya.

Oak.is

oak.is_

Oak.is adalah sebuah agensi yang membuat Fonts dan berbagai keperluan grafis. Mereka sangat ahli dalam Flat Design dan website mereka juga responsive.

Etchapps

etch

Etchapps.com adalah sebuah tim desainer dan developer yang mempunyai sebuat moto “help brands wiith big ideas”. Mereka membuat desain interface dan mengembangkan aplikasi. Dan website mereka yang responsive menggunakan prinsip Flat Design. Layout website mereka sangat mirip dengan interface Windows 8 yang dibuat dengan menggunakan gaya Flat Design

Microsoft

microsoft

Website Microsoft merupakan salah satu website yang paling populer yang menggunakan gaya Flat Design. Beberapa orang mungkin mengatakan kalau ini bukan Flat Design, tapi Metro UI. Namun Metro UI sendiri dibuat berdasarkan prinsip gaya Flat Design. Maka dari itu terlihat mirip. Micosoft menggunakan pendekatan yang sama dalam desain websitenya, mereka menggunakan gambar besar, teks besar, responsive, dan dengan layout full width.

Build Windows

buildwindows

BuildWindows.com adalah halaman lain milik Microsoft, jadi normal jika desainer membuatnya sama seperti desain dari induk websitenya yaitu website Microsoftnya sendiri. Website ini dibuat satu halaman, dan bekerja dengan baik pada dekstop maupun mobile, meskipun mereka menghilangkan beberapa element pada bagian tertentu.

It’s a shape Christmas

itsashapechristmas

itsashapechristmas.co.uk adalah sebuah kalender online interaktif yang dibuat dengan gaya Flat Design dan seperti halnya website dengan gaya Flat Design yang menggunakan gambar besar. Sayangnya website ini tidak memiliki fitur responsive seperti kebanyakan website dengan gaya Flat Design.

Invoisse

invoisse

Invoisse merupakan sebuah landing page dari sebuah web app. Website ini dibuat satu halaman yang memungkinkan untuk di scroll ke bawah. Yang unik dari itu adalah ketika halaman di scroll ke bawah warna background mengalami transisi dan berubah dari merah menjadi biru. Sangat baik untuk dibuka pada gadget layar sentuh dengan desain sederhana, bersih, dan modern.

Built By Buffalo

builtbybuffalo

builtbybuffalo.com adalah sebuah website milik sebuah agensi kreatif dengan gaya Flat Design yang sangat modern. Dengan fitur responsive website tetap terlihat baik pada layar dekstop maupun mobile. Website mereka juga memiliki arsitektur informasi yang sangat baik.

Square

square

Square UI Kit dari designmodo.com juga di desain berdasarkan prinsip Flat Design, sederhana dan bersih. Begitu pula dengan situs pengembangnya.

Plover

plover

Plover.co adalah website sebuah web app dimana pengguna dapat membuat galeri foto, menjual cetakan dan bahkan menyimpan gambar mereka pada penyimpanan cloud. Halaman ini tiak responsive, meskipun bekerja dengan memakai banyak gambar (dan itu buruk) namun desain dapat dibuat sederhana.

Rdio

rdio

Rdio.com adalah web library yang berisi lagu dan dapat didengarkan secara langsung. Dan fitur lainnya adalah halaman responsive yang berdasarkan grid layout.

Vine

vine

Webpage Vine.co ini dirancang dengan prinsip Flat Design yang sangat sederhana dan bersih.

Lowdi

lowdi

Meskipun tidak sederhana, halaman website Lowdi.com mempunyai tampilan yang unik. Navigasinya memiliki aliran yang membuat website dapat terlihat bagus.

Osborn Barr

osbornbarr

Website OsbornBarr.com memiliki desain dengan gambar besar dan teks yang mudah untuk dibaca. Website ini juga memiliki layout yang responsive, dengan kelebihannya saat dibuka pada gadget mobile.

Student Guide

studentguide

Student Guide adalah sebuah design berbasis Flat yang dipasang salah satu user Dribbble: http://dribbble.com/shots/937610-Student-Guide. Hasilnya  terlihat sangat bagus, dimana menampilkan gambar header besar dan juga menampilkan semua teks informasi penting pada bagian atas.

Cottage Pages

cottagepages

CottagePages juga merupakan salah satu desain dari Dribbble: http://dribbble.com/shots/898941-CottagePages-com-website-design. Dengan fitur gambar background yang besar yang memberikan kedalaman tanpa mengalihkan fokus pada bagian konten yang penting.

CreativeStatus

creativestatus

CreativeStatus juga merupakan salah satu design yang dipublikasikan di dribbble.com: http://dribbble.com/shots/974309-Creative-Status-Single-Page-Site. Desain homepage yang sangat sederhana dan terintegrasi dengan social media tidak perlu diragukan lagi pasti kompatibel dengan versi mobile / responsif.

Selain desain-desain di atas, pasti masih banyak lagi website yang mengadopsi tren FlatDesign. Atau justru salah satunya adalah website anda? Kumpulkan di sini yuk ;-)


Artikel Terkait

3 komentar

  • 10 July 2013 - pukul 14:48

    Keren2 ..

    • Syahrul Munir
      23 December 2013 - pukul 19:12

      ya, emang lagi nge-tren desain yang beginian …

  • 28 February 2018 - pukul 11:13

    Menurut gua yang paling keren ya lowde itu, bener bener anti mainstream dari semua website pada umumnya

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *