Technology

Yahoo Akuisisi Tumblr Sebesar 1,1 Milyar USD

 

   

Akuisisi tampaknya sedang menjadi tren di Silicon Valley. Setelah tahun lalu Instagram sukses diboyong Facebook dengan harga hampir $1 milyar, maka kini giliran Tumblr.

David Karp (pendiri Tumblr) dan Marissa Mayer (CEO Yahoo) menutup kesepakatan antara Yahoo dan Tumblr dengan harga tunai $1,1 milyar pada 20 Mei 2013 kemarin.

Yahoo masih enggan untuk membongkar rencana kemana mereka akan membawa Tumblr. Masyarakat akan dibiarkan untuk melihat sendiri sejauh mana kedua perusahaan ini bisa bersinergi. Namun Marissa Mayer dan David Karp sepakat untuk tidak saling mencampuri satu sama lain. Tumblr akan dibiarkan independen. Seperti Instagram dan Facebook yang berjalan sendiri-sendiri, namun tetap bersinergi.

Seperti biasa, kepanikan yang tidak wajar pun muncul. Sesuai statistik Matt Mullenweg (founder WordPress.com), 72 ribu pengguna Tumblr segera hijrah ke WordPress menyusul pemberitaan ini. Namun Yahoo menepis bahwa angka ini tidak terlalu signifikan dengan jumlah traffic Tumblr.

Kepanikan seperti ini wajar-wajar saja. Mengingat sejarah akuisisi Yahoo tidak selalu berakhir bahagia. Terutama jika kita menengok kembali pada track record dengan Koprol, sosial media asli Indonesia yang dulu sempat booming : Bagaimana Bisnis Bisa Belajar dari Koprol.com.

Juga drama akuisisi Posterous.com oleh Twitter yang setahun kemudian berakhir pada salam perpisahan dari Posterous.

 posterous-200x200

Posterous akan resmi ditutup 31 Mei 2013. Sebelum tanggal itu, anda masih bisa menyelamatkan posting anda.

Namun tidak semua drama akuisisi berakhir dengan kegagalan. Di akhir Februari, sekitar setengah tahun dari peristiwa akuisisi, Instagram berhasil mencapai angka 100 juta pengguna.

Nah jika menurut anda sendiri, kemana kerjasama antara Yahoo dengan Tumblr akan berujung?

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *