Business Says Running A Business

Gambaran Bisnis Konsultan yang Laris Dicari Klien

 

Loading...

Bisnis Konsultan – Kira-kira, apa sih yang dicari klien dari jasa konsultan, agar jasa konsultasi menjadi ladang bisnis yang menguntungkan? Psst, berikut ini adalah 10 hal yang membuat klien tertarik untuk menggunakan jasa konsultasi Anda. Check them out!

1. Keahlian dan track recordyang dimiliki

Tiap konsultan memiliki keahliannya masing-masing. Oleh karenanya, sangat menguasai bidang saja tidak cukup.

Perusahaan akan lebih tertarik dengan penyedia jasa konsultan yang telah berpengalaman, dibuktikan dari track record konsultan. Hal ini adalah reminder bagi Anda, bahwa Anda harus mencetak pengalaman dan capaian yang baik untuk bidang Anda.

2. Kemampuan identifikasi masalah

Kemampuan ini adalah salah satu skill penting yang wajib dimiliki konsultan. Seringkali, tugas seorang konsultan adalah untuk mengidentifikasi permasalahan dalam organisasi. Oleh karenanya, Anda harus berpikir kritis dan peka terhadap sekitar.

3. Dapat melengkapi peran karyawan

Beberapa perusahaan memilih untuk menghemat dana, dengan menyewa jasa konsultan untuk mengisi peran karyawan. Artinya, Anda harus siap untuk beradaptasi dengan cepat dan memahami apa yang harus Anda lakukan.

4. Mampu menjadi katalisator

Terkadang, beberapa perusahaan perlu berubah ke arah yang lebih baik. Konsultan yang baik adalah ia yang mampu mempercepat terjadinya perubahan tersebut, tanpa harus mencemaskan kultur yang ada di perusahaan tersebut.

5. Dapat memberikan pandangan objektif

Konsultan kerap kali dipekerjakan untuk memecahkan masalah. Yang menjadi nilai plus dari seorang konsultan adalah ketika ia mampu menyediakan padangan yang segar dan objektif, tanpa mengkhawatirkan tanggapan organisasi tersebut.

6. Bisa mengajarkan sesuatu

Beberapa perusahaan menggunakan jasa konsultan untuk mengajarkan sesuatu yang baru untuk perusahaan tersebut. Mungkin Anda perlu mengajarkan skill baru untuk karyawan. Maka dari itu, berusahalah untuk tetap up-to-date dengan perkembangan bidang yang Anda kuasai!

7. Bersedia mengerjakan ‘pekerjaan kotor’

Terkadang, Anda perlu menjadi berani dan tegas untuk melakukan sesuatu di perusahaan. Beberapa perusahaan memanfaatkan jasa konsultan untuk melakukan ‘pekerjaan kotor’, misalnya saja untuk memecat karyawannya.

8. Dapat membawa suasana baru untuk organisasi tersebut

Ada kalanya, suatu organisasi perlu berbenah agar bisa menjadi lebih baik. Anda perlu memberikan solusi atas masalah yang dialami organisasi klien Anda. Oleh karenanya, kemampuan analisis sangat penting!

9. Memiliki ide-ide cemerlang untuk bisnis

Beberapa badan usaha ingin mengembangkan bisnisnya. Mereka membutuhkan bantuan untuk mewujudkannya.

Membuat ide bisnis serta menyusun strategi untuk eksekusinya memang sulit. Akan menjadi nilai plus jika Anda bisa menawarkan hal ini.

10. Memiliki network yang baik

Memiliki network kepada pihak-pihak yang berpengaruh di tempat Anda dapat menjadi menguntungkan. Beberapa perusahaan akan tertarik untuk menggunakan jasa agar Anda bisa memberikan influence atau pengaruh. Oleh karenanya, memiliki network yang baik adalah bekal.

Anda ingin berbisnis apa?

Bagaimana, sudah paham bagaimana menjalankan bisnis jasa konsultan yang baik? Selain bisnis konsultan, banyak bisnis menarik lainnya yang bisa Anda coba. Silakan baca artikel-artikel lainnya dari Mebiso, untuk mendapatkan referensi lengkap seputar bisnis. Selamat berbisnis!

Baca artikel-artikel menarik lainnya di sini:

Referensi:

https://www.entrepreneur.com/article/41384

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *