Running A Business

10 Alasan yang Membuat Bisnis Anda Tahan Lama

 
  • 90
    Shares

   

Siapa yang tidak ingin memiliki bisnis yang tahan lama. Artinya bisnis ini dikenal 5, 10 bahkan 20 tahun yang akan datang. Pendiri atau pemilik bisnis akan melakukan banyak cara atau strategi yang bisa membuat bisnisnya tumbuh, berkembang dan bertahan. Tapi apa saja sebenarnya yang menjadi alasan sebuah bisnis dikatakan tahan lama?

1. Selalu mengikuti trend yang ada di masyarakat

Tidak ada yang bisa berkembang dan bertahan lama ketika menggunakan cara bisnis yang itu – itu saja. Tahun berganti begitupula dengan trend yang ada di masyarakat. Kita harus mampu dan mau mengikuti trend dan belajar beradapasi dengan perubahan yang ada. Tujuannya agar kita lebih memahami apa yang saat ini sedang dicari pelanggan Anda.

2. Menciptakan inovasi produk sesuai dengan kebutuhan

Ketika kita sudah tahu trend yang ada di masyarakat, dan kita sudah mulai beradaptasi, maka akan keluar inovasi – inovasi baru untuk produk yang diciptakan. Tentu saja yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pasar.

3. Mendengarkan apa keluhan dan kebutuhan pelanggan

Bertahan lebih lama artinya Anda akan berhubungan lebih lama dengan pelanggan. Apapun yang mereka utarakan, baik keluhan, kritik, saran atau pujian dengarkanlah. Jadikan keluhan dan saran sebagai bahan evaluasi dan bahan untuk mengembangkan apa yang Anda miliki saat ini. Bisa dibilang pelanggan adalah salah satu prioritas utama Anda agar bisa bertahan lebih lama. Dan pastikan Anda benar – benar mendengarkan pelanggan.

4. Mengikutsertakan pelanggan dalam banyak hal

Jika Anda yakin hidup bisnis Anda sebagian besar berasal dari pelanggan, maka jangan ragu ikutsertakan mereka dalam setiap usaha atau cara Anda dalam berbisnis. Bisa saja dengan membangun komunitas yang didalamnya menampung para pelanggan atau mengadakan seminar/event yang mengajak pelanggan untuk datang. Dengan begitu Anda akan terus diingat dan dicari.

5. Menjaga hubungan baik dengan pelanggan

Salah satu upaya menjaga hubungan baik adalah dengan memberikan kejutan berupa hadiah kepada pelanggan Anda. Anda juga bisa  memberikan mereka pelayanan khusus yang akan membuat mereka mengingat Anda. Sajikan pelayanan terbaik Anda untuk setiap pelanggan yang mencari dan menggunakan produk Anda. Ketika terjadi kesalahan jangan malu untuk mengakui dan meminta maaf, begitupula dnegan ucapan terima kasih yang harus selalu Anda ungkapkan.

6. Memberikan service yang optimal

Agar sebuah bisnis bisa bertahan lebih lama sudah seharusnya mereka memberikan produk dan service optimal kepada pelanggan dan calon pelanggan mereka. Service yang diberikan bisa berupa pelayanan 24 jam sehari atau asisten pribadi untuk pelanggan prioitas, jawaban dari pertanyaan yang cepat, service antar barang yang tepat waktu, hingga service perbaikan barang yang rusak. Semua harus disajikan secara optimal.

7. Menyuguhkan keunggulan bisnis

Setiap perubahan dan peningkatan standart kualitas bisnis dan layanan Anda, bisa disajikan dalam berbagai bentuk dan ditunjukkan kepada pelanggan Anda. Jangan takut atau ragu menyuguhkan apa saja yang membuat Anda semakin unggul dibanding kompetitor Anda. Contohnya dengan spesifikasi hosting yang sama, di tempat Anda mampu memberikan harga yang jauh lebih murah. Tonjolkan hal ini di website, sosial media atau media promosi lainnya. Dan pastikan pelanggan Anda mengetahui dengan mudah.

8. Memiliki support sistem yang selalu up to date

Apapun bisnis Anda, teknologi tidak dapat dipisahkan dari kesuksesan yang akan Anda bangun. Anda harus memastikan support sistem yang mendukung bisnis Anda selalu up to date. Artinya Anda harus mengikuti perkembangan teknologi baik untuk website, produksi barang, pengiriman, customer service dan lain sebagainya. Contohnya untuk website khusus bisnis online yang memiliki kunjungan besar setiap harinya, bisa berganti dari shared hosting biasa ke layanan yang lebih besar jangkauannya, seperti Dedicated Hosting.

9. Terdapat orang – orang yang selalu ingin tumbuh dan berkembang

Jika kita sudah bicara bagaimana layanan dan produk yang harus selalu up to date dan sesuai kebutuhan pasar, maka itu tidak akan berguna ketika dari dalam bisnis Anda tidak memiliki keinginan untuk terus tumbuh dan berkembang. Pastikan seluruh karyawan atau anggota tim Anda mau bersama – sama menumbuhkan dan mengembangkan bisnis.

10. Tetap berpegang teguh pada visi dan misi perusahaan

Sekali lagi setiap karyawan atau anggota tim harus mengetahui apa sebenarnya yang ingin dicapai oleh sebuah perusahaan. Ketika semua orang sudah tahu, dengan mudah akan menciptaan cara untuk mencapai tujuan itu. Jadi ingatkah selalu setiap orang di dalam perusahaan Anda dengan visi dan misi perusahaan yang akan membuat sebuah bisnis mampu bertahan lama di tengah persiangan.

Memiliki bisnis yang bertahan lama adalah impian. Terlihat sulit tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Semangat dan kerja keraslah yang harus diupayakan secara optimal. Kerjasama antara pemilik bisnis, karyawan, partner bisnis, hingga pelanggan harus terus terjalin dengan baik. :)

Baca juga:

Menduniakan Bisnis dengan Komunitas

Uji Fokus Anda pada Visi Bisnis dengan 8 Pertanyaan Ini

Menjadi Customer Service yang Baik dan Disukai Pelanggan


  • 90
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *