Technology

10 Alat Bantu Memilih Nama Domain

 
  • 1
    Share

Loading...

Nah pemilik website, Apa nama domain yang anda pakai? Apakah sudah bagus? Kita tinjau lagi yuk? Siang ini mari kita luangkan waktu untuk mengumpulkan opsi sebanyak-banyaknya. Siapa tahu hari ini kita dapat yang lebih bagus. Ada banyak tools yang dapat membantu usaha pencarian nama domain lho. Sekedar memberi saran-saran hingga mencarikan nama domain tersedia yang mirip dengan nama domain yang kita inginkan. Apa saja?

Domainr

Ketikkan nama domain yang anda cari pada website Domainr (www.domai.nr). Maka anda akan mendapatkan beberapa suggestion nama domain yang cukup unik. Sebab, hasil yang ditampilkan tidak terbatas pada domain .com dan .net saja. Namun juga ccTLD lain (Country Code Top Level Domain) yang bisa digunakan untuk menyusun nama domain tersebut. Lewat alat ini, anda bisa mendapat ide-ide segar untuk nama domain seperti del.icio.us, gee.ky, stop.spamming.us, dan berbagai variasi lainnya, yang lebih umum disebut sebagai Domain Hack.

1-alat-pilih-domain

Dot-o-mator

Lewat Dot-o-mator (www.dotomator.com), anda akan mendapatkan ide-ide tentang nama domain sesuai dengan prefik dan suffik yang anda masukkan. Di sini, anda juga bisa menemukan fitur “Web 2.0 Domain Name Generator” yang akan memberikan masukan tentang nama domain berbasis “Web 2.0” misalnya “Yakidoo”, “Zoompulse”, “Shadapp”, dan berbagai nama seru lainnya.

2-alat-pilih-domain

BustAName

BustAName (www.bustaname.com) adalah sebuah domain finder yang cukup lengkap. Di dalamnya sudah ada fitur “List of Words” yang akan memberi masukan tentang nama domain yang mirip dengan pencarian anda. Hasil pencarian tersebut kemudian bisa disimpan dan diorganisasikan di dalam folder-folder. Dan bisa disortir “by quality (readability)” maupun “by length”. Alat ini juga sudah dilengkapi dengan video tutorial untuk mempelajari penggunaannya.

3-alat-pilih-domain

Domain Tools

Domain Tools (www.domaintools.com) akan membantu anda menemukan informasi-informasi tentang nama domain yang anda cari. Di dalamnya sudah terdapat fitur “Whois” yang akan menampilkan identitas pihak yang telah membeli nama domain yang anda inginkan. Ada fitur “Suggestions” yang bisa membantu anda menemukan nama domain yang mirip dengan nama yang anda inginkan. Dan ada fitur “Domain Search” yang bisa menampilkan nama domain apa yang masih tersedia, baik yang berstatus “For Sale”, maupun yang masih berstatus “At Auction”.

4-alat-pilih-domain

Domize

Domize (www.domize.com) adalah sebuah mesin pencari berbasis AJAX yang dapat anda pakai untuk mengecek ketersediaan nama domain dengan cepat. Pada Domize juga tersedia widget yang bisa anda pasang pada website anda untuk menyediakan sebuah fungsi domain search pada pengunjung anda.

5-alat-pilih-domain

DomainsBot

DomainsBot (www.domainsbot.com) memiliki fitur “Advanced Search”. Sehingga, anda bisa melakukan pencarian yang lebih custom, terstruktur, dan rapi. Contohnya, anda bisa mengatur panjang karakter maksimal yang dibolehkan pada hasil pencarian, atau bisa juga menghilangkan  nama domain yang ada tanda strip (-) pada hasil pencarian. Di sini, anda juga bisa menemukan ID twitter yang masih tersedia atas keyword anda.

6-alat-pilih-domain

dnScoop

Lewat dnScoop (www. dnscoop.com) anda bisa mendapatkan perkiraan nilai dari suatu domain jika anda ingin menawar sebuah domain yang sudah dimiliki orang lain. Anda bisa menentukan berapa harga yang pantas bagi domain tersebut, atau apakah harga jual domain tersebut terlalu mahal berdasarkan nilainya. Perkiraan nilai diambil berdasarkan beberapa statistik seperti traffik website, link yang mengarah ke domain, dan berbagai faktor sejenisnya.

7-alat-pilih-domain

StuckDomains

StuckDomains (www. stuckdomains.com) berisi database dari domain yang pernah expired / domain yang tidak diperpanjang oleh pemilik sebelumnya. Dari hasil query yang ditampilkan, bisa saja anda akan menemukan nama domain yang cocok bagi website anda. Dan dengan sedikit keberuntungan, domain tersebut kini telah rilis ke publik dan berstatus bisa didaftarkan.

8-alat-pilih-domain

Nameboy

Nameboy (www.nameboy.com) merupakan sebuah generator nama domain yang cukup populer. Anda cukup memasukkan “Primary Word” dan “Secondary Word” untuk mendapatkan beberapa saran yang cukup keren dan memungkinkan untuk didaftarkan. Contohnya, dengan mengetikkan “web” pada “Primary Word” dan “superman” sebagai Secondary Word akan menghasilkan hasil seperti webhero, superweb, dan supermanweb.

9-alat-pilih-domain

dyyo.com

dyyo.com (www.dyyo.com) merupakan mesin pencari yang spesialisasinya menemukan domain 4-huruf. Sebab, penting sekali memiliki nama domain yang sependek mungkin. Sehingga bisa gampang diingat dan cepat diketik.

10-alat-pilih-domain

Sudah ketemu yang bagus?

Loading...

  • 1
    Share

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *