Headline Start A Business Tips Bisnis

9 Bisnis Untuk Mahasiswa yang Fleksibel dan Banyak Untung

 

Loading...

Bisnis Untuk Mahasiswa – Kamu mahasiswa yang masih berkuliah, serta ingin dapat uang tambahan? Deretan bisnis ini hanya butuh modal sedikit dan tidak ribet, lho. Yuk, simak selengkapnya!

Banyak bisnis untuk mahasiswa yang tidak ribet untuk dilakukan, lho!

Kesibukan berkuliah memang cukup menyita waktu dan energi. Tak heran, banyak teman-teman mahasiswa yang ragu untuk berbisnis karena khawatir kuliahnya terbengkalai.

Tak usah khawatir, kamu bisa menghasilkan uang tanpa mengganggu kesibukan kuliahmu. Yuk, cermati daftar dari ide-ide bisnis yang tidak ribet untuk dilakukan mahasiswa berikut ini, siapa tahu ada yang cocok!

1. Mengajar les privat

Kamu bisa membuka jasa les privat untuk murid-murid SD, SMP, atau SMA. Kamu hanya perlu mengajar mata pelajaran tertentu, mulai dari sains hingga bahasa. Pastikan bahwa kamu menguasai bahan ajar, ya!

2. Jasa print dan pengetikan dokumen

Punya printer di rumah? Manfaatkan printer yang kamu miliki sebagai sumber penghasilan! Kamu bisa membuka jasa print tugas dan dokumen untuk teman-teman yang membutuhkan.

Selain jasa print, terkadang ada mahasiswa yang butuh jasa pengetikan dokumen. Peluang ini bisa kamu manfaatkan untuk membuka jasa pengetikan. Kamu hanya perlu menggunakan waktu luang dan komputer/Iaptop untuk menjalankan bisnis ini.

3. Fotografer dan videografer

Hobi mengabadikan momen dengan memotret dan membuat video? Kalau begitu, kamu cocok menjalankan usaha ini. Be professional, buat portofolio di medsos atau website, agar calon pelanggan tahu hasil karyamu.

4. Bisnis online shop

Kamu bisa menjual barang-barang atau makanan lewat online shop. Kalau ribet memproduksi barang sendiri, kamu bisa menjadi reseller atau dropshipper. Posting barang jualanmu semenarik mungkin, ya!

5. Jasa desain grafis

Bisnis ini termasuk bisnis yang laris manis. Kamu bisa menggunakan bakat desainmu untuk membuat berbagai macam desain, mulai dari undangan, kartu nama, curriculum vitae atau CV, kaos, hingga desain untuk pernak-pernik. Sama seperti jasa fotografer dan videografer, portofolio karya itu penting agar calon pelanggan tertarik menggunakan jasamu.

6. Freelance writer

Banyak perusahaan atau agensi digital yang membutuhkan jasa freelance writer atau penulis lepas. Tugasmu adalah membuat konten-konten artikel untuk kebutuhan promosi. Kamu bisa mencari pekerjaan ini di berbagai website khusus freelancer.

7. Jasa membuat website

Punya keahlian membuat website? Sudah saatnya kamu membuka bisnis jasa pembuatan website!

Kini, banyak bisnis dan lembaga yang membutuhkan website. Bisnis ini bisa jadi sangat menguntungkan. Semakin rumit desain website pesanan, bayaran yang kamu dapatkan bisa semakin mahal.

8. Freelance translator

Kalau kamu ahli berbahasa asing terutama bahasa Inggris, kamu bisa menjadi freelance translator atau penerjemah lepas. Banyak pihak yang membutuhkan jasa terjemah dokumen. Bisnis ini juga murah meriah, kamu hanya butuh komputer atau laptop saja.

9. Make up artist

Jadikan hobimu dalam merias wajah sebagai sumber pemasukan! Selain jasa make up untuk tata rias wajah, jasa hair do atau tata rambut juga sangat digandrungi, lho. Kamu bisa merias seseorang untuk berbagai acara, mulai dari wisuda, pesta, hingga pernikahan.

Bisnis ini kini sangat booming dan laris di pasaran, kamu harus siap dengan persaingan yang ketat. Selalu tingkatkan skill serta gencar promosikan jasamu lewat medsos.

Menjalankan bisnis untuk mahasiswa butuh ketekunan tinggi

Sebagai seorang pebisnis, kamu harus siap untuk menghadapi segala hal. Butuh kerja keras agar bisnismu berbuah manis.

Simak juga berbagai artikel menarik seputar bisnis hanya di Mebiso. Selamat belajar, salam sukses!

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *