Leadership

10 Cara Jitu Menyelesaikan Pekerjaan Minggu Ini

 

   

Sebelum minggu ini berakhir, sebagian besar dari Anda tentu masih dibingungkan dengan tugas dan deadline yang tidak kunjung selesai. Padahal Anda tahu waktu di hari Jumat ini sangatlah singkat dan bagi Anda yang masih harus bekerja di hari Sabtu besok, berarti ini saatnya Anda benar – benar fokus untuk menyelesaikan tugas di hari ini. Agar esok hari tidak lagi tergesa – gesa menyelesaikan deadline yang belum Anda kerjakan. Dan berikut ini tips dari kami untuk Anda yang ingin menyelesaikan semua tanggungan di akhir minggu ini:

Menjadi lebih produktif

Anda merasa pekerjaan Anda seminggu ini tidak memberikan hasil yang memuaskan? Anda bisa melakukan pengecekan untuk segala to do list yang Anda lakukan seminggu ini. Tulis apa saja yang Anda kerjakan, apa saja yang harus diselesaikan dan apa saja yang belum Anda kerjakan. Tidak selesaikan pekerjaan Anda bisa jadi dari waktu yang tidak maksimal Anda gunakan. Anda bisa mulai untuk bekerja dengan lebih produktif. Cobalah untuk menghapus gangguan yang ada di sekitar Anda, menangani stres dengan mencari pengalihan.

1. Menyingkirkan gangguan

Tempat terbaik untuk mulai bekerja lebih produktif adalah dengan menghapus semua gangguan yang ada di sekitar. Seperti suara keras, benda visual yang mengganggu atau orang – orang yang hanya datang untuk mengobrol. Bahkan jika memang harus, nonaktifkan telepon Anda dan temukan tempat yang bisa membuat Anda fokus menyelesaikan tugas.

2. Bersihkan meja kerja Anda

Salah satu yang bisa mengganggu produktivitas kerja Anda adalah meja kerja Anda yang kotor dan tidak kondusif. Bersihkan seluruh debu dan juga singkirkan barang – barang yang tidak Anda perlukan. Tatalah buku dengan rapi, tumpuk kertas dengan rapi dan pastikan Anda melakukan ini sebelum melakukan pekerjaan apapun.

3. Carilah tim yang menyenangkan

Dengan siapa Anda bekerja sama pentingnya dengan apa yang Anda kerjakan. Memiliki tim yang menyenangkan, penuh semangat, memiliki wawasan yang luas dan juga pekerja keras akan membantu Anda untuk meningkatkan output Anda sendiri.

4. Mengatur penggunaan gadget

Smartphone seringkali menjadi musuh bagi orang – orang yang harusnya produktif pada pekerjaannya. Memang benar dengan smartphone kita bisa menghubungi siapa saja, dimana saja bahkan bisa mengerjakan tugas dari sana. Tapi tidak semua pengguna smartphone akan produktif mengunakannya. Gunakan smartphone hanya ketika Anda membutuhkannya atau memang ketika jam istirahat atau sudah pulang kerja.

5. Multitasking

Anda bisa melakukan banyak pekerjaan sekaligus jika Anda multitasking. Tapi Anda harus bisa belajar bagaimana melakukannnya dengan sangat bijak. Jika mampu Anda bisa membalas email sambil mengerjakan laporan yang harus Anda selesaikan hari itu juga. Atau Anda bisa menelepon klien ketika Anda sedang mengedit surat penawaran untuk klien. Anda akan terkejut bagaimana hal ini bisa membantu Anda menyelesaikan banyak tugas dalam satu waktu sekaligus.

6. Beristirahatlah

Salah satu cara terbaik untuk menghindari stres saat bekerja adalah dengan menggunakan waktu yang Anda miliki untuk beristirahat. Istirahatkan fisik dan pikiran Anda dengan makan, tidur sejenak atau hanya sekedar keluar jalan – jalan. Jika Anda mencoba bekerja terlalu keras untuk waktu yang lama, Anda tidak akan mampu menangani beban kerja yang semakin hari semakin bertambah.

7. Melakukan percakapan yang membuat produktif

Kita memang butuh untuk bercakap – cakap dengan rekan kerja. Tapi tidak jarang percakapan yang muncul justru membuang – buang waktu kita tanpa memberikan nilai lebih. Untuk menjadi lebih produktif, gunakan waktu mengobrol untuk membahas project kerja, atau berdiskusi tentang masalah yang membuat wawasan Anda lebih terbuka. Percakapan ini yang akan membantu Anda melihat suatu masalah atau proyek dengan perspektif yang berbeda.

8. Makanlah makanan yang sehat

Untuk menjadi lebih produktif, tentu seluruh jiwa dan raga harus sehat. Kesehatan itu bisa kita mulai bangun dari fisik kita sendiri. Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Terlebih saat Anda harus bekerja lembur atau sering bepergian ke luar kota.

9. Belajar menangani stres

Bekerja dari pagi sampai malam hari tentu membuat kita lelah baik fisik juga mental. Sehingga tidak bisa dihindari bahwa stres akan datang dan hinggap pada jiwa kita. Bagaimana kita bisa bekerja produktif ketika kita tidak bisa menangani stres yang kita alami. Kita harus bisa menangani stres dengan berbagai kegiatan positif yang bisa kita lakukan.

10. Pergilah berolahraga

Jangan salahkan diri Anda ketika tubuh Anda sulit bergerak atau bahkan mudah terkena sakit. Pola hidup sehat perlu Anda miliki ketika Anda dipenuhi dengan rutinitas yang melelahkan. Selain makanan sehat dan istirahat yang cukup, Anda bisa juga mulai membiasakan diri dengan berolahraga secara teratur. Ini akan membantu Anda meningkatkan stamina dan semangat dalam bekerja.

Baca juga:

15 Teknik Mencegah Penundaan Agar Lebih Produktif

7 Cara Menjadi Lebih Produktif dalam Waktu 10 Menit

8 Hal yang Wajib Dilakukan agar Menjadi Super Produktif

                              
Loading...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *