Technology

10 Cara Membuat Kiriman Halaman Facebook yang Menarik

 
  • 92
    Shares

Loading...

Berbisnis melalui Facebook tentu sudah banyak dilakukan. Selain mudah untuk membuat halaman atau fanspagenya, harga yang murah dan promosi yang tidak terlalu sulit. Sekalipun mudah untuk dilakukan dan dikembangkan, tapi membuat halaman di Facebook untuk bisnis juga harus menarik. Karena bagaimanapun tujuannya adalah untuk menarik perhatian netizen agar mau berkunjung, memfollow dan terus mengikuti aktivitas bisnis kita di Facebook. Membuat kiriman juga harus menarik, sesuai dan tentu saja bermanfaat untuk para audiens kita. Dan berikut ini adalah 10 cara untuk membuat kiriman di halaman Facebook menjadi lebih menarik:

1. Jika kamu punya website yang memiliki banyak konten di dalamnya, jangan ragu untuk membagikan tautan di dalam halaman Facebook kamu

memposting konten artikel di Facebook

memposting konten artikel di Facebook

Berbisnis di dunia online tentu tidak terlepas dari memanfaatkan website sebagai sarana kita berpromosi ataupun menyampaikan informasi dan berita kepada pelanggan. Website ataupun blog perusahaan juga bisa kita manfaatkan sebagai media yang bisa menarik audiens atau netizen ke halaman Facebook kita. Kita bisa membagikan tautan berupa konten ataupun artikel dari blog atau website ke halaman Facebook kita. Ini akan membuat pengikut kita tidak bosan dan tau siapa kita sebenarnya.

2. Gunakan teks, gambar, video dan konten lain yang memikat bagi siapapun yang datang dan melihat halaman kita

memposting gambar di Facebook

memposting gambar di Facebook

Facebook atau sosial media manapun memang tempat kita berbagi segala informasi, pengetahuan dan bahkan berita. Kita juga tahu semua informasi yang ada tidak hanya berbatas teks, tapi juga bisa gambar ataupun video. Untuk lebih menarik perhatian para audiens, kita bisa menggunakan gambar ataupun video yang turut menjelaskan apa maksud postingan kita. Tentu dengan tidak melanggar norma dan aturan posting di Facebook itu sendiri. Batasi kiriman Anda sekitar 100 sampai 250 karakter untuk mendapatkan lebih banyak interaksi. Kiriman yang pendek dan singkat akan diterima dengan lebih baik.

3. Jangan pasif! Aktiflah untuk berkomunikasi dan menciptakan percakapan 2 arah dengan followers kamu

Berkomunikasi di media sosial bukan hanya untuk kepentingan kita sendiri. Tapi kita masuk dan melakukan interaksi dengan banyak orang di dalamnya. Maka ciptakan percakapan dan komunikasi antara kita dan audiens. Mintalah pendapat atau masukan dari mereka tentang produk kita. Bisa melalui postingan, komentar ataupun yang lainnya. Ini akan membuat kita tahu siapa mereka, dan apa yang mereka inginkan. Membuat konten dengan mempertimbangkan masukan pelanggan akan menciptakan loyalitas dan memperlihatkan bahwa kita menghargai ide dan pendapat mereka.

4. Gunakan Facebook untuk membagikan kebahagiaan kepada followers kita, seperti diskon atau bonus khusus untuk pelanggan

Berpromosi secara jelas

Jika memang tujuan kiriman kita di Facebook adalah untuk mendukung promo atau program dari bisnis kita maka jangan ragu untuk membagikan diskon, bonus atau yang lainnya melalui Facebook. Untuk lebih memudahkan audiens atau pelanggan kita mendapatkan diskon tersebut, maka sertakan juga ajakan untuk bertindak yang jelas, seperti cara penukaran, kapan promosi tersebut berakhr dan apa saja syaratnya.

Contonya: Jagoanhosting yang membuat sebuah kiriman dengan membagikan diskon sebesar 480 ribu untuk VPS Ber-cPanel pada bulan September lalu. Di sini admin juga menyertakan alamat yang bisa digunakan untuk melihat produk dan memesan produknya.

5. Ciptakan komunikasi eksklusif dengan pelanggan ataupun followers kamu

informasi eksklusif kepada pelanggan

Kita tentu ingin membentuk loyalitas pelanggan dan menciptakan banyak kesan baik kepada seluruh pengikut Facebook kita. Salah satu caranya adalah dengan mengistimewakan mereka. Membuat mereka seolah – olah eksklusif dan pantas menjadi pelanggan yang selalu dinanti. Kita bisa memberi informasi eksklusif kepada pelanggan tentang produk, layanan ataupun berita terbaru seputar bisnis kita.

6. Jangan hanya memposting, gunakan timing yang tepat untuk membagikan informasi kepada audiens

memberikan timing untuk postingan

Membagikan informasi ataupun  berita melalui sosial media jangan hanya memposting dan berharap banyak orang menanggapi postingan atau kiriman kita. Kita juga harus tahu kapan waktu yang tepat untuk memposting kiriman. Bisa disesuaikan dengan event atau moment special seperti ulang tahun perusahaan, hari raya, ataupun tahun baru. Dengan begitu orang yang melihat postingan itu akan tergugah dan merasa tertarik untuk membaca lebih lanjut.

7. Buatlah sebuah rencana untuk melakukan percakapan atau interaksi dengan pelanggan

membuat kalender untuk membicarakan ide

Cara termudah untuk membuat dan menciptakan interaksi dengan pelanggan adalah dengan merencanakannya. Kita bisa merencanakan ingin membuat percakapan apa di minggu ini, dan kemudian beralih topik di minggu berikutnya. Itu akan membuat kita fokus membahas dan lebih intens berhubungan dengan pelanggan – pelanggan kita di sosial media, terutama Facebook.

8. Kalau sibuk dan merasa tidak ada waktu untuk terus memantau Facebook, kamu bisa menjadwalkan postingan kamu kapanpun kamu mau

Membuat jadwal untuk postingan

Membuat jadwal untuk postingan

Selain menjadwalkan percakapan atau pembahasan apa yang ingin dilakukan dengan audiens, kita juga bisa menjadwalkan artikel atau postingan apa di Facebook kita. Ini bisa membuat kita berantisipasi ketika disibukkan untuk mengurus kepentingan lainnya. Sehingga tidak meninggalkan kegiatan promosi atau branding di Facebook.

9. Lagi lagi jangan hanya memposting. Kamu harus tahu kepada siapa dan untuk siapa postingan yang kamu buat

Memubat target untuk kiriman Facebook

Untuk lebih tepat sasaran, tentu target yang kita buat harus sesuai dan tepat. Bayangkan saja, berjuta orang di Facebook dan aktif menggunakannya setiap hari. Tapi tidak semua yang sesuai dengan apa yang kita targetkan. Sehingga bisa jadi postingan atau kiriman kita maish jauh meleset dari rencana dan target yang sudah dibuat. Terlebih untuk sebuah bisnis, target adalah hal yang harus dipikirkan secara matang. Sehingga kiriman bisa tepat sasaran, dan kita juga bisa mendapat keuntungan dari promosi tersebut.

10. Untuk lebih mengoptimalkan kinerja kita, selalu pantau perkembangan kiriman halaman kita di Facebook

Memantau statistic Facebook

Jangan hanya memposting konten ataupun berpromosi. Tapi pastikan kamu juga mengawasi dan mengoptimalkan Facbeook melalui statistik yang dimiliki oleh masing – masing akun Facebook atau Fanspage. Kita akan tahu kapan waktu yang paling pas untuk memposting, postingan apa yang paling banyak dicari, dan siapa yang sering berinteraksi dengan kita.

Baca juga:

9 Tips Menguasai Marketing di Facebook

Manfaat Memiliki Facebook Fanpage untuk Bisnis Online

Dengan Techwire, Facebook Akan Menjadi Sumber Berita Teknologi untuk Dunia

Loading...

  • 92
    Shares

6 komentar

  • 12 Maret 2015 - pukul 10:18

    tips yang oke sekali pak……….masukan yg sangat berguna sekali….oke mohon ijin ni mau dipraktekkan langsung….:)

    • Nelsi Islamiyati
      13 Maret 2015 - pukul 7:01

      Silakan Bos, sukses selalu :)

  • 2 Oktober 2017 - pukul 15:29

    Trima kasih telah berbagi informasi, Semoga bermanfaat.

  • siti mamluatun nikmah
    23 Agustus 2018 - pukul 7:41

    sangat baik, membantu sekali

  • Noris
    18 September 2018 - pukul 7:32

    Artikelnya sangat manfaat banget, bisa dapet wawasan

  • 21 April 2019 - pukul 9:20

    Boleh ni dicoba,,semoga brhasil,,smangat terus sob..

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *