Leadership

10 Faktor Pendorong Sukses yang Mudah Kita Lupakan

 
  • 198
    Shares

Loading...

Menggapai sebuah kesuksesan bukanlah hal yang mudah dan instan. Banyak hal yang harus kita lakukan dan bahkan tidak boleh sedikitpun kita lupakan. Tapi sungguh mengejutkan bahwa banyak dari kita yang mampu melupakan hal penting dalam hidup.

Hingga jadwal dan kesibukan kita bekerja membuat kita melupakan banyak pelajaran dalam hidup. Penting bagi kita untuk sebentar saja merenungkan hal apa yang harus selalu kita ingat dan penting bagi mendukung kesuksesan kita.

1. Menjadi orang sibuk tidak sama dengan menjadi orang yang produktif

Terkadang kita merasa bingung ketika berada di sekitar orang – orang yang sibuk dengan pekerjaan mereka. Mereka semua tampak begitu bingung dan bahkan terlihat tidak sempat untuk sekedar minum air di tengah kesibukan. Tapi berapa banyak yang mereka hasilkan dari kesibukan itu sendiri?

Kesuksesan tidak datang dari banyaknya gerakan dan aktivitas yang kita lakukan. Ini lebih banyak berasal dari fokus kita untuk menggunakan waktu secara lebih efisien dan produktif.

Kita mendapatkan waktu yang sama dengan orang lain dalam satu hari kerja. Dan kita harus bisa menggunakan waktu itu dengan sangat bijaksana. Dan pastikan diri kita mendedikasikan waktu untuk melakukan tugas – tugas yang benar menghasilkan. Bukan hanya karena ingin terlihat sibuk.

2. Besarnya kesuksesan harus didahului dengan kegagalan

Kita semua tahu tidak ada orang yang sukses tanpa melalui kegagalan di dalam hidup mereka. Bahkan kita harus mengenal dan mengalami banyak kegagalan untuk bisa mencapai kesuksesan sejati. Dan kesalahan kita dalam mencapai sukses salah satunya adalah tidak menyadari itu. Kita sering menghindari dan menolak melakukan sesuatu karena takut mengalami kegagalan.

Dan biasanya inisiatif atau terobosan besar kita muncul ketika kita merasa jatuh dan paling terjebak dengan situasi. Dan keadaan inilah yang memaksa kita untuk berfikir dengan cara yang berbeda, mulai dari melihat peluang di luar yang biasanya kita lakukan dan mencari solusi untuk mengatasi sebuah masalah.

Sukses itu membutuhkan kesabaran dan kemampuan untuk mempertahankan sikap dengan baik, bahkan ketika kita sulit percaya untuk bangkit.

3. Ketakutan adalah sumber penyesalan nomor 1 bagi kita

Seringkali kita merasa takut untuk melakukan kesalahan dan akhirnya gagal. Dan ketika peluang sukses berada di dalamnya, maka hanya penyesalan yang bisa kita rasakan. Banyak orang yang berkata “Jangan takut untuk mengambil resiko”. Terlihat tidak mudah memang, tapi setidaknya ada kegagalan yang pernah kita rasakan.

Hal terburuk yang kita biarkan ada pada diri kita hanyalah membiarkan diri kita mati padahal sebenarnya kita masih hidup.

4. Bangga dengan diri sendiri

Ketika rasa senang dan puas kita berasal dari membandingkan diri dengan orang lain, maka tidak akan ada lagi rasa puas karena nasib kita sendiri. Dan ketika kita merasa baik dengan apa yang telah kita lakukan, maka jangan biarkan pendapat atau prestasi seseorang menghapus semangat kita.

Kita memang tidak bisa menghentikan pendapat orang lain tentang apa yang kita lakukan, tapi setidaknya kita tidak terlalu membandingkan diri dengan orang lain. Karena setiap orang memiliki pribadi, keahlian dan nasib yang berbeda – beda. Dengan menyadari itu, kita tidak akan lelah memikirkan apa lagi yang bisa kita bandingkan dari dalam diri dengan orang lain.

Terlepas dari pikiran yang datang dari orang lain, satu hal yang pasti bahwa kita tidak akan pernah menjadi baik dan buruk ketika kita hanya mengikuti perkataan orang lain.

5. Mendapatkan motivasi dari orang – orang yang tepat

Jika kita ingin sukses, setidaknya lingkungan juga mendukung usaha kita. Kita harus berusaha mencari dan berada diantara orang – orang yang membuat kita menjadi lebih baik. Belajar dari mereka tentang kesuksesan dan kegagalan akan memberikan cerita dan pelajaran baru bagi cara hidup kita.

Kita patut untuk menjauhi orang – orang yang tidak menghargai kita, membuat kita merasa cemas, dan tidak bersemangat. Sangat mungkin bagi kita untuk tidak berada di sekeliling mereka. Karena harus kita sadari hidup ini terlalu singkat untuk bergaul dengan orang – orang seperti itu. Lepaskan mereka dan carilah semangat dari orang lain.

6. Yang harus selalu kita ingat adalah “Hidup ini Singkat”

Tidak ada yang bisa menjamin hidup kita sampai esok hari. Itu sebabnya sangat penting bagi kita untuk terus membenahi diri dan menggunakan waktu yang tersisa dengan sangat baik. Bukan hanya untuk diri kita sendiri, tapi juga untuk memperlakukan orang lain dengan baik. Jika kita takut untuk berbuat salah saat melakukan sesuatu, maka sebaiknya dengan cepat itu harus dihapuskan.

Beri peringatan terhadap diri kita sendiri setiap kali bangun pagi. Bahkan hidup yang kita terima adalah sebuah hadiah yang patut untuk disyukuri. Dan setelah itu baru kita mulai memikirkan hal besar apa yang akan kita lakukan hari itu.

7. Jangan menunggu permintaan maaf jika kita bisa memaafkan terlebih dulu

Hidup akan jauh lebih mudah kita nikmati ketika kita melepaskan dan menghapus dendam terhadap kesalahan orang lain. Memberikan maaf kepada kesalahan orang lain juga akan membuang sifat dan pemikiran negatif di dalam diri kita. Itu jugalah yang akan membuat kita mampu menikmati hidup. Karena kita tahu kebencian dan amarah akan menjadi parasit di dalam hubungan kita dengan ornag lain.

Emosi negatif yang datang kepada kita akan menimbulkan stres berlebih dan membuat fisik dan mental kita menjadi tidak seimbang. Para penelit di Emory University telah menunjukkan bahwa hal itu memberikan kontribusi besar terhadap peningkatan tekanan darah dan penyakit jantung seseorang.

Dan ketika kita memaafkan seseorang, itu tidak akan merugikan kita. Bahkan akan membebaskan kita dari perasaan negatif terhadap orang lain.

8. Ingatlah bahwa kita sedang menjalani hidup yang kita “buat” sendiri

Hidup seseorang bukanlah korban dari keadaan. Tidak ada yang memaksa kita untuk membuat keputusan dan mengambil tindakan yang bertentangan dengan nilai – nilai dan aspirasi kita.

Keadaan yang ada saat ini adalah bentukan dari keadaan terdahulu. Dan kita juga harus tahu bahwa masa depan kita sepenuhnya ada pada tangan kita sendiri. Jika kita merasa terjebak, kita bahkan akan takut untuk mengambil resiko yang sebenarnya tu adalah jalan untuk mencapai tujuan dan impian hidup kita.

9. Hidup kita untuk saat ini

Kita tidak akan bisa mencapai potensi penuh dalam hidup, sampai kita bisa belajar dari keadaan di masa sekarang. Kita tidak akan bisa menggantikan masa lalu dengan banyaknya penyesalan yang kita rasakan saat ini. Dan kecemasan saat ini tidak akan mengubah apapun di masa depan. Tidak mungkin bagi kita untuk terus bahagia di tempat yang sama.

Untuk membantu diri menjalani hidup hari ini, kita bisa melakukan 2 hal penting ini:

– Menerima masa lalu kita. Jika kita tidak mau berdamai dengan mas lalu kita, maka itu tidaka akn membuat kita bergerak dan menciptakan masa depan yang kita inginkan.

– Menerima ketidakpastian di masa depan. Khawatir akan kegagalan pasti ada, tapi seperti yang dikatakan oleh Mark Twain, bahwa kekhawatiran itu datang seperti sata kita membayar hutang yang tidak pernah ada.

10. Perubahan itu tidak bisa dihindari, kita hanya harus menerimanya

Ketika kita bisa merangkul perubahan, maka kita akan dengan mudah menemukan sesuatu di dalamnya. Kita harus memiliki pikiran dan tangan terbuka untuk mengenali dan memanfaatkan peluang untuk kemudian kita ciptakan perubahan.

Kita pasti akan mengalami kegagalan, terlebih jika kita terus melakukan hal yang sama dengan harapan yang sama. Dan kita bisa dikatakan gila, ketika kita melakukan cara yang sama dan mengharapkan sesuatu yang berbeda berulang kali.

Hidup tidak berhenti untuk siapapun, bahkan ketika semuanya berjalan lancar. Menghargai dan menikmatinya adalah keharusan kita. Kita memang harus berubah, tapi jika kita selalu mencari sesuatu yang lebih baik, maka itu akan membuat kita jauh lebih bahagia. Setidaknya kita harus menikmati momen – momen besar sebelum mereka pergi dari hidup kita.

Lalu mana sajakah yang sudah mulai kita lupakan? Menjadi orang sukses tidak mudah tapi bukan hal yang sulit ketika kita mau untuk belajar dan terus melatih diri. :)

Baca juga:

Dari Mana Saja Sih Inspirasi Bisnis itu Muncul?

10 Cara Membuat Suasana Kantor Menjadi Nyaman

6 Kepribadian yang Membuat Seorang Wanita Menjadi Sukses

Loading...

  • 198
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *