Headline Leadership

10 Hal yang Harus Dilakukan oleh Seorang Pemimpin

 
  • 65
    Shares

   

Menjadi pemimpin bukanlah hal yang mudah, tapi bukan pula menjadi hal yang sulit untuk dipelajari. Banyak pemimpin perusahaan besar yang berasal dari orang biasa dan tidak ada apa – apanya. Namun karena ketekunan, kegigihan dan kejelian mereka memimpin, mereka mampu menjadi seorang pemimpin yang disegani banyak orang. Lalu apa saja sebenarnya yang pemimpin itu lakukan untuk bisa menjadi seorang pemimpin yang sukses? Ini dia:

1. Memimpin

Siapa yang akan menyangkal hal yang satu ini. Seorang pemimpin memang harus dan wajib bisa memimpin. Baik memimpin orang lain ataupun dirinya sendiri. Seni dari sebuah kemampuan memimpin adalah saat dimana mereka mampu memimpin dan mengarahkan pengikutnya yang memiliki banyak karakter yang berbeda dan itu tidak mudah untuk disatukan. Namun seorang pemimpin harus memiliki kemampuan akan hal yang satu ini.

2. Mengelola

Seorang pemimping juga harus memiliki kemampuan mengelola perusahaan baik dari sistem yang ada, hubungan karyawan, hingga mengelola modal saat masih baru menjadi seorang pemimpin perusahaan baru. Mengelola disini juga harus bisa dalam hal mengelola organisasi perusahaan yang sudah ada dan sudah dijalankan. Seorang pemimpin juga harus bisa mengelola waktu yang ada untuk bisa menyeimbangkan pekerjaan dengan kehidupan pribadi mereka.

3. Menyusun strategi

Inovasi, ide ataupun strategi dalam sebuah bisnis akan terus muncul dan mewarnai berjalannya sebuah bisnis. Seorang pemimpin harus bisa menciptakan sebuah inovasi, ide dan strategi yang dibutuhkan dalam bisnis. Sekalipun suatu waktu kita pasti membutuhkan ide dan inovasi yang berbeda dari orang lain. Namun keputusan akhir tetap berada pada seorang pemimpin. Seorang pemimpin harus mau mengambil resiko dari setiap keputusan yang ia ambil dalam hal strategi dan proses bisnis yang dijalankan.

4. Menciptakan budaya perusahaan

Sebuah perusahaan tidak akan besar tanpa adanya sebuah budaya yang menopangnya untuk maju. Sebuah perusahaan membutuhkan yang namanya budaya perusahaan, salah satu alasannya adalah untuk bisa mengimbangi setiap kemajuan yang muncul di masyarakat. Disini seorang pemimpin harus bisa membuat sebuah budaya perusahaan bagi perusahaan yang ia dirikan. Dan sebelum memerintahkan karyawan untuk melakukan setiap budaya tersebut, ia terlebih dahulu harus paham dan sudah mengamalkan apa yang ada di dalam budaya perusahaan itu.

5. Menginspirasi

Terkadang di dalam sebuah kegiatan bisnis seorang atau banyak karyawan yang merasa lelah dan menyerah atas apa yang ia kerjakan. Ia merasa tidak bisa dan tidak mampu menyelesaikan pekerjaan tersebut. Nah, disinilah pemimpin harus mampu berperan aktif dan memberikan sebuah motivasi dan menginspirasi karyawan tersebut. Dalam keadaan apapun, seorang pemimpin yang baik harus selalu mampu menginspirasi karyawannya untuk tampil dan memberikan yang terbaik bagi dirinya sendiri dan juga perusahaan.

6. Bisa memprioritaskan waktu

Membangun sebuah bisnis tentu membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Akan ada banyak waktu yang dikorbankan untuk membangun sebuah perusahaan dan menjadi seornag pemimpin yang baik. Waktu untuk pribadi tentu akan dikorbankan banyak dalam hal ini. Untuk itu seorang pemimpin harus tahu mana yang menjadi prioritas utama dalam setiap kegiatan yang ia kerjakan saat itu. Ia harus tahu apa yang harus dan wajib dikerjakan terlebih dahulu dan mana yang bisa dikerjakan pada waktu santai. Ini penting dilakukan pada seorang pemimpin baru di perusahaan baru.

7. Multitasking

Jika Anda sedang dalam masa mendirikan dan mengembangkan bisnis baru, tentu Anda adalah pemimpin sekaligus karyawan didalamnya. Ini tidak salah, karena seorang pemimpin memang harus bisa multitasking dalam beberapa pekerjaan sekaligus. Terlebih bagi sebuah bisnis baru. Namun tidak baik jika itu terus dilakukan. Pemimpin hanya harus bisa bukan harus selalu menjadi multitasking. Karena ini membuat Anda sulit fokus mengerjakan satu pekerjaan. Anda membutuhkan partner yang bisa membantu Anda menyelesaikan semuanya. Anda membutuhkan relasi yang dapat membantu Anda mencari jalan keluar masalah Anda, dan lain sebagainya.

8. Merencanakan, Melaksanakan, Beradaptasi

Menjadi pemimpin memang tidak bisa tinggal diam, dari mulai membuat perencanaan bisnis, melakukan setiap proses bisnis, sampai dengan harus mampu beradaptasi dengan setiap perubahan di dalam proses bisnis yang terjadi. Pemimpin harus mampu menjalankan itu semua dengan jiwa kepemimpinan yang bijak dan tidak egois. Seorang pemimpin juga harus mau mendengar dan melihat apa yang dibutuhkan dan diinginkan karyawannya. Ini bertujuan untuk menciptakan rasa nyaman bagi setiap karyawan dalam proses kerja mereka.

9. Membuat keputusan cerdas

Yang satu ini tentu harus dikerjakan oleh semua pemimpin. Pemimpin baik bisnis maupun pemimpin di suatu pemerintahan harus mampu membuat sebuah keputusan dengan cerdas dan tegas. Setelah mendengar dan melihat apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh sekitarnya, ia juga harus mampu melihat apa yang kira – kira terjadi di masa mendatang jika ia mengambil suatu keputusan tersebut. Ia harus tahu baik buruk, untung dan ruginya dari setiap keputusan yang ia ambil.

10. Menang

Dan yang terakhir adalah Menang. Siapa yang tidak ingin menjadi seorang pemenang, semua orang tentu menginginkan menjadi seorang pemenang. Setiap pemimpin juga harus selalu menanamkan kemenangan di dalam fikiran dan hati karyawannya. Namun tetap menang dengan jalan yang benar. Tidak jarang penilaian masyarakat akan keberhasilan seorang pemimpin adalah ketika pemimpin atau kelompok mereka mencapai suatu kemenangan. Kemampuan pemimpin akan diuji disini, dari sebuah perencanaan hingga menggapai sebuah keberhasilan.

Selamat mencoba :)

Baca juga:

5 Cara Untuk Melatih Anda jadi Pemimpin yang Lebih Baik

8 Tips Membentuk Budaya Perusahaan dari Pengusaha Dunia

Mengenal Penerapan Kepribadian X dan Y dalam Manajemen

                              
Loading...

  • 65
    Shares

Artikel Terkait

1 komentar

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *