Start A Business

10 Ide Bisnis Rumahan yang Patut Anda Coba

 
  • 1
    Share

   

Memiliki bisnis sendiri atau berwirausaha adalah impian setiap orang. Terlebih bisnis itu yang menggambarkan sesuatu yang Anda sukai dan minati, serta membuat Anda nyaman melakukannya. Salah satu yang bisa membantu Anda mendapatkan itu semua adalah bisnis yang Anda dirikan di rumah Anda sendiri. Anda bisa mulai dari awal sebagai seorang wirausaha, atau ketika Anda memilih resign atau dipecat dari pekerjaan Anda saat ini, berbisnis di rumah adalah pilihan yang tepat. Lalu apa saja bisnis yang bisa Anda lakukan di rumah Anda? Nah, berikut ini adalah 10 ide bisnis yang bisa dilakukan di rumah:

1. Laundry

141217_158875652_laundryts

Banyak pilihan bisnis yang bisa kita lakukan di rumah kita sendiri. Salah satunya yang sedang banyak dicari dan diminati oleh masyarakat adalah bisnis laundry. Karena saat ini masyarakat sudah banyak yang menggunakan jasa tukang laundry untuk menyelesaikan salah satu pekerjaan rumah mereka, yaitu mencuci pakaian. Ketika Anda memilih untuk membuka bisnis laundry, Anda perlu menyiapkan banyak biaya dan juga tempat yang memadai. Anda akan memerlukan banyak peralatan pendukung, seperti mesin cuci, pengering pakaian, setrika dan sebagainya. Anda bisa menggunakan halaman belakang depan atau belakang rumah Anda untuk menjemur pakaian yang sudah selesai dicuci. Ini bisa menjadi pilihan berbisnis di rumah.

2. Katering

makanan-anak

Anda pintar memasak? Bisnis katering adalah pilihan yang tepat untuk Anda menyalurkan hobi dan kemampuan yang Anda miliki. Jika yang pada awalnya Anda hanya menerima pesanan kecil – kecilan dan itu berasal dari kerabat atau teman Anda. Ini saatnya Anda serius menjalani bisnis katering. Anda bisa mulai dengan membuat sebuah merek untuk bisnis Anda ini. Bisni katering bisa dibilang adalah bisnis yang sangat menjanjikan. Dalam sebuah acara saja, selalu ada makanan yang dihidangkan. Dan itu tentu saja dari sebuah bisnis katering. Jika Anda memiliki modal yang cukup, waktu yang cukup, tempat yang memadai dan memiliki tenaga bantuan, berarti ini saatnya Anda merealisasikan niat bisnis Anda. Dalam bisnis ini, Anda akan membutuhkan tenaga bantuan. Karena pekerjaan ini akan memakan banyak tenaga dan juga waktu.

3. Toko kue

5-kudapan-lezat-yang-hanya-membutuhkan-3-bahan-dasar

Membuka sebuah toko kue juga bisa menjadi pilihan bagi bisnis Anda. Anda bisa menyulap garasi yang tidak digunakan yang Anda miliki menjadi sebuah toko kecil. Anda tidak perlu membuat kue itu sendiri, Anda bisa membelinya dari orang lain lalu Anda jual kembali. Namun, jika Anda memang memiliki kemampuan untuk membuatnya sendiri, maka itu akan lebih baik. Bisnis kue ini juga bisa sangat menjanjikan, terlebih ketika tiba musim lebaran atau Idul Fitri, Natal dan hari spesial lainnya. Anda juga bisa menerima pesanan dari orang lain, seperti kue atau tart untuk acara – acara tertentu. Tidak jauh berbeda dengan bisnis katering, bisnis ini juga sedikit membutuhkan banyak tenaga dan waktu, terlebih ketika Anda membuatnya sendiri.

4. Warung makan

Optimized-IMG_1378

Jika rumah Anda berada disekitar kampus, perkantoran ataupun dipinggir jalan raya, membuka warung makan adalah bisnis yang bisa Anda lakukan. Mahasiswa yang sedang menimba ilmu dan tinggal disebuah kos – kosan akan memilih makan di warung atau memasak sendiri. Hal ini bisa menjadi peluang bagi Anda. Anda bisa membuka bisnis warung makan didekat lokasi yang strategis. Lihat sekitar Anda, bisnis warung makan yang seperti apa yang sudah ada. Anda harus mencari sebuah inovasi baru untuk bisa menarik perhatian setiap orang yang melalui warung Anda.

5. Bengkel

Optimized-6140_terganggu_aktivitas_bengkel_motor

Bisnis dirumah bukan hanya bisa dimiliki oleh para ibu rumah tangga. Bapak atau laki – laki juga bisa mendirikan usaha di rumah mereka. Salah satunya yaitu mendirikan sebuah bengkel kecil. Jika Anda memiliki kemampuan dalam bidang otomotif, bisnis ini bisa menjadi salah satu pilihan Anda menyalurkan kemampuan Anda dan juga mencari nafkah. Anda kembali bisa memanfaatkan ruang di rumah Anda yang tidak digunakan, seperti halaman rumah atau garasi yang tidak digunakan, untuk mendirikan bengkel.

6. Konveksi

20131016093457_460

Jika Anda pernah melihat atau bahkan mencoba jasa konveksi yang berada di dalam rumah, maka itulah salah satu bisnis yang cukup menjanjikan. Anda bisa membuka sebuah usaha konveksi di rumah Anda sendiri. Tentu saja Anda harus memiliki kemampuan untuk menjahit dan sebagainya yang berhubungan dengan konveksi. Jangan sia – siakan peluang yang bisa saja Anda raih untuk mencapai sukses. Bisnis ini akan membutuhkan banyak tenaga untuk membantu Anda menyelesaikan pesanan atau bahkan produk yang ingin Anda jual. Pada awalnya memang sulit ketika Anda membuat produk Anda sendiri dan memproduksinya sendiri. Tidak jarang pengusaha konveksi harus rela menjual atau menjajakan produk konveksinya sendiri, sebelum pada akhirnya mereka mampu masuk kedalam pasar dan hanya tinggal menunggu pesanan.

7. Kursus

1302668700_188319641_2-Kursus-Masak-di-Yogyakarta-Yogyakarta

Kursus menjadi pilihan selanjutnya sebagai sebuah bisnis yang bisa dilakukan di rumah. Anda memiliki kemampuan terhadap suatu bidang akademis atau non akademis tertentu dan ingin membaginya, maka cobalah untuk mendirikan kursus. Untuk langkah awal, Anda bisa mengajak anak – anak atau teman – teman sekitar Anda untuk kursus di tempat Anda. Anda bisa mengajak atau meminta tenaga ahli untuk menjadi seorang pengajar di tempat kursus Anda itu. Jika memang Anda mau dan mampu, Anda juga bisa menjadi salah satu pengajar didalamnya.

8. Kerajinan

limbah

Di daerah Jogjakarta, Solo, dan daerah yang memiliki karya seni yang khas, memiliki atau membuka bisnis di rumah mereka. Mereka lebih suka ketika mengerjakan kerajinan tersebut di rumah. Mereka akan mengubah dan menyulap halaman rumah mereka untuk menjadi sebuah rumah produksi kerajinan. Ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang memiliki keterampilan membuat kerajinan. Untuk skala kecil, Anda bisa memulai dengan membuat kerajinan tas, gerabah, boneka dan lain sebagainya.

9. Menjual kebutuhan pangan/sembako

2268399355_4f3b1712c9_z

Didaerah – daerah pedesaan atau pinggiran kota besar, rumahpun disulap menjadi toko yang menjual segala kebutuhan rumah tangga atau sembako. Selain untuk mencari nafkah, toko sembako atau yang biasa disebut toko klontong ini juga membantu masyarakat sekitar dalam memenuhi kebutuhannya. Karena, biasanya harga yang ditawarkan akan lebih murah dari yang dijual di swalayan atau di toko – toko besar. Anda bisa memilih bisnis ini untuk Anda geluti di rumah Anda.

10. Salon kecantikan

Optimized-209372_salon-kecantikan_663_382

Bagi wanita yang suka dan sering pergi ke salon, kali ini Anda bisa membuka usaha salon Anda sendiri. Jika Anda tidak memiliki kemampuan di bidang kecantikan atau tata rias, Anda bisa menyewa atau mengajak orang lain untuk bekerja bersama Anda. Untuk bisnis ini Anda akan dihadapkan pada masalah modal yang besar dan juga tempat yang lebih sedikit luas. Karena Anda membutuhkan banyak peralatan dan bahan yang akan digunakan untuk keperluan salon. Salon kecantikan bisa menjadi pilihan bisnis Anda di rumah.

Lalu bisnis mana yang ingin Anda miliki? Banyak pilihan memang, semua tergantung dari keinginan dan kebutuhan masyarakat sekitar rumah Anda. Yang jelas, usaha atau bisnis Anda jangan sampai mengganggu masyarakat atau tetangga sekitar Anda. Dan sama dengan bisnis lainnya, bisnis rumahan Anda juga harus mendapatkan ijin, minimal dari warga sekitar dan aparat sekitar rumah Anda. Selamat mencoba ;-)


  • 1
    Share

Artikel Terkait