Technology

10 Tools yang Ditawarkan Google untuk Membantu Bisnis Anda

 

Google adalah alat pencarian sejuta umat. Dia paling banyak digunakan orang – orang untuk mencari berbagai referensi. Karena itu Google bisa sangat bermanfaat bagi perusahaan – perusahaan kecil untuk mempromosikan website mereka. Namun Frederick Valleys dari Google Adwords mengatakan bahwa hampir sepertiga atau sekitar 37% perusahaan terutama perusahaan kecil sudah memiliki website. Dan tren ini akan terus berkembang. Maka yang mampu membedakan anda dengan kompetitor anda adalah sejauh mana anda bisa memaksimalkan fungsi dari alat-alat terapan Google. Nah, berikut adalah 10 tools Google untuk bisnis Anda:

1. Adwords Express

Anda pernah melihat berbagai iklan yang tertera di halaman Google? Itulah layanan Google Express.  Berbagai macam barang dan jasa yang di iklankan di Google Express akan membantu meningkatkan trafik kunjungan dari mesin pencari ketika anda tidak memiliki banyak waktu untuk mengatur bisnis anda secara digital. Temukan selengkapnya di http://www.google.com/adwords/express/

[Baca juga: Memancing Trafik Toko Online dengan Google Adwords]

2. Google + Business

Siapa yang tidak tahu tentang Google+. Dalam Google+, anda dapat memberikan tautan-tautan berupa foto atau video tentang usaha anda. Sebuah post dalam Google+ juga dapat dibuka oleh umum, sehingga siapapun bisa mencari post anda. Selain itu, Google+ juga memiliki fitur “circles”. Fitur ini berguna untuk menyebarkan infromasi pada orang – orang yang tepat. Bahkan fitur video chatpun dapat anda gunakan untuk customer yang memerlukan informasi secara mendalam.

[Baca juga: Bagaimana Google Local Membantu Sebuah Bisnis]

3. Google Analytics

Suatu usaha perlu tahu apakah dia berjalan lancar, maju atau bahkan biasa – biasa saja. Google Analytics adalah alat yang tepat untuk membantu anda mengukur kesuksesan usaha anda. Anda tidak perlu lagi membutuhkan orang-orang yang pintar dalam menganalisa untuk mengatahui usaha anda.Google Analytics disediakan gratis dan dari sini, anda dapat mengetahui bagaimana engagement dengan customer anda. Siapa yang melihat website anda, apa saja yang dilihatnya dan masih banyak lagi. Ketika anda sudah mengetahui analisanya, anda dapat mulai membuat suatu strategi dan cara untuk lebih meningkatkan kualitas bisnis anda.

[Baca juga: Cara Menggunakan Google Analytics]

4. Google Offers

Google Offers dapat membantu mencocokkan bisnis anda dengan customer yang relevan di area Anda yang sedang mencari diskon. Dalam Google Offers, customer sendiri membayar terlebih dahulu untuk diskon barang yang mereka pilih, dan anda akan dibayar beberapa hari setelah penawaran berjalan. Selengkapnya di: https://www.google.com/offers?.

5. Google AdSense

Google Adsense adalah salah satu layanan yang ditawarkan google untuk berbisnis secara gratis namun menghasilkan. Anda dapat memasukkan Google kedalam website anda dan mendapatkan uang dari iklan yang ada di Google tersebut. Google Adsense juga menyediakan penelusuran Google kepada pengguna situs anda dan memperoleh penghasilan dengan menampillkan iklan Google pada lama hasil penelusuran. Selengkapnya di http://google.com/adsense.

6. Google Keyword Planner

Ketika sebuah kata kunci sudah tercipta, selanjutnya anda pasti ingin mengetahui seberapa banyak uang yang harus anda keluarkan untuk itu semua. Anda akan mendapatkan laporan mengenai estimasi rata-rata biaya perklik, estimasi total biaya klik dan total estimasi biaya per kata kunci. Di dalam Keyword Planner sudah terdapat Google Keyword Tools dan Google Traffic Estimator. Selengkapnya di: http://adwords.blogspot.com/2013/05/introducing-keyword-planner-combining.html.

7. +1 Button

Di Google sebuah kata – kata akan mampu tersebar dengan cepat dan terdapat jutaan kata yang menjadi kata kunci. Di dalam Google terdapat tombol Google +1, tombol ini akan membuat customer lebih mudah untuk membagi pengalamannnya tentang bisnis anda. Testimonial seperti ini tentu saja akan membantu usaha anda untuk mendapatkan customer yang lebih banyak. Tombol +1 ini ter-connect dengan Google + yang dapat membuat customer lebih mudah memberikan rekomendasi ketika memulai perbincangan dengan teman – temannya.

[Baca juga: 7 Alasan Bisnis Anda Harus Menggunakan Google Plus]

8. Google Mobile

Penggunaan mobile untuk berbisnis tentu saja bukan hal yang sulit. Hal ini dimanfaatkan para pebisnis untuk membidik konsumen yang sedang bingung mengambil keputusan. Dan pastikan juga website anda menyediakan fasilitas mobile agar customer bisa mengakses website anda dari manapun dan kapanpun. Selengkapnya: http://www.google.com/mobile/search/

9. Google Apps For Business

Berkomunikasi dengan customer dan potensial customer adalah kunci sebuah usaha dapat maju. Tapi komunikasi saja tidak cukup, tentu saja sebuah bisnis memerlukan dukungan secara teknik. Google menawarkan sebuah fitur online yang sudah siap untuk bisnis, termasuk email, kalender dan dokumen. Selengkapnya: http://www.google.com/enterprise/apps/business/

10. Google Developer

Google juga menyediakan sejumlah tools untuk Developer Website Anda.

[Baca juga: 10 Tools Google untuk Membantu Kerja Webmaster]


2 komentar

  • 14 November 2013 - pukul 21:32

    google memang kaya akan fitur..ngak salah kalau doi rajanya search engine

  • 17 Desember 2014 - pukul 0:29

    Banyak sekali memang tools google yang bisa dimanfaatkan. Yang gratisnya saja kalau benar2 digunakan, sangat2 membantu..

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *