Leadership

10 Langkah Mudah Dalam Mencapai Kehidupan Kerja Seimbang

 
  • 6
    Shares

Loading...

Bekerja secara seimbang? Mungkin sedikit sulit bagi kita yang memiliki pekerjaan dan jadwal yang sangat padat. Terlebih saat harus memenuhi pesanan klien atau harus mempersiapkan bahan untuk persentasi memenangkan sebuah project besar. Yang ada di fikiran kita adalah bekerja, bekerja dan hanya bekerja. Hingga pada suatu waktu Anda merasa bahwa pekerjaan ini tidak adil bagi hidup Anda. Anda merasa tidak memiliki waktu untuk merealisasikan kreatifitas Anda, Anda juga tidak memiliki waktu untuk menjaga kesehatan dan memanjakan diri sendiri. Di saat Anda merasakan hal ini, itu artinya Anda harus mulai mencari cara menyeimbangkan pekerjaan yang Anda lakukan saat ini. Caranya bagaimana? Berikut ini saya bagikan beberapa langkah mudahnya.

1. Jika ingin seimbang, coba cari sesuatu yang menyenangkan

Jika Anda ingin memiliki keseimbangan dalam setiap aktifitas kerja dan kehidupan pribadi, maka carilah kesenangan yang membuat Anda nyaman melakukan semuanya. Sebuah bisnis yang sukses dibentuk dari berbagai ide kreatif, gairah berfikir dan juga kejeniusan yang ditemukan secara tiba – tiba. Jangan paksa diri Anda untuk mengeluarkan ide saat Anda sedang terbebani oleh fikiran lainnya. Anda patut untuk membahagiakan diri Anda sebelum mulai menciptakan kebahagiaan untuk orang lain.

2. Sekalipun semuanya penting, tetaplah pintar memilah – milah

Salah satu keuntungan terbesar dari seorang pengusaha adalah kemampuan mereka untuk melihat hal – hal yang berbeda. Tingkat kenyamanan yang tinggi memberi kereka keuntungan yang nyata di dalam pasar yang semakin kompetitif. Sebagai seorang pengusaha Anda harus mampu melihat mana tugas atau pekerjaan yang mendesak dan mana yang kurang mendesak. Anda harus tahu batasan setiap tugas yang akan dan harus Anda kerjakan. Tujuannya jelas untuk memberikan kenyamanan dan memberi Anda ruang untuk berkreasi lebih banyak lagi.

3. Membuat daftar

Ini salah satu caranya, jika Anda ingin mendapatkan keseimbangan dalam bekerja, buatlah sebuah daftar atau to do list untuk pekerjaan – pekerjaan Anda. Anda bisa membuatnya dalam intensitas waktu harian atau mingguan. Untuk daftar pekerjaan yang harus Anda lakukan setiap harinya, letakkan pada jam – jam pertama, untuk tambahan bisa Anda letakkan setelahnya. Jika ada pekerjaan mendadak atau tambahan secara tambahan, Anda patut mempertimbangkannya. Karena waktu Anda yang mengatur adalah diri Anda sendiri.

[Baca juga: Tips Manajemen Waktu dengan To Do List]

4. Dapatkan bantuan dari smartphone Anda

Jika Anda mengaku sebagai pengguna update smartphone, tentu saja itu menjadi bantuan yang sangat baik untuk Anda. Dari smartphone dan aplikasi yang ada di dalamnya, Anda bisa mengatur setiap jadwal, waktu, ide dan segala kebutuhan kerja yang harus Anda kerjakan. Pastikan Anda memiliki kemampuan untuk menggunakan smartphone dengan maksimal. Anda juga bisa mencari aplikasi yang dapat membantu produktifitas Anda dalam bekerja.

5. Belajar untuk mendelegasi pekerjaan

Ketika Anda berada di arena bisnis yang sedang berkembang, Anda akan sadar bahwa semua pekerjaan tidak dapat Anda kerjakan sendiri. Tapi selain karyawan yang akan membantu pekerjaan Anda, Anda juga melimpahkan beberapa pekerjaan kepada anak magang yang datang ke perusahaan Anda. Ini menjadi keuntungan tersendiri bagi Anda, karena Anda bisa menyelesaikan pekerjaan dengan menghemat waktu dan juga biaya.

6. Cari penyebab Anda menunda pekerjaan

Sebagai pekerja biasa, kita pasti pernah melakukan penundaan dalam pekerjaan. Penundaan kerja adalah sebagai salah satu bentuk protes diri kita terhadap rasa lelah atau bosan yang hinggap pada diri kita. Tapi selain itu, Anda juga harus tahu kenapa Anda melakukan penundaan dalam pekerjaan. Apa memang benar karena lelah, bosan atau karena Anda putus asa merasa tidak mampu mengerjakannya? Anda harus mencari tahu kenapa hal ini bisa terjadi. Ketika Anda tahu alasannya, barulah Anda mencari cara untuk menghilangkan sikap penundaan tersebut.

[Baca juga: 5 Cara Mudah Mengalahkan Penundaan dalam Bekerja]

7. Anda pasti punya kreatifitas, pahami siklus kreatifitas Anda

Setiap orang yang sehat pasti sadar bahwa di dalam diri mereka memiliki kreatifitas atas apapun yang ingin mereka kerjakan. Menjadi lebih bahagia akan membuat Anda lebih produktif dalam menciptakan ide kreatif. Keseimbangan inilah yang harus Anda temukan caranya. Jika kreatifitas Anda datang ketika Anda sendiri dan merenung, maka carilah tempat dan waktu untuk mendapatkannya. Jangan memaksa kreatifitas Anda hadir ketika melihat teman menyampaikan ide kreatif mereka. Karena jika sudah tiba saatnya, Anda akan memiliki lebih banyak energi untuk berkontribusi pada proyek yang sedang dikerjakan.

8. Jangan takut memulai semuanya lebih awal

Dalam bekerja biasanya kita diberi jatah waktu 8 – 9 jam setiap harinya. Waktu inilah yang digunakan untuk menghasilkan kreatifitas dan menyelesaikan pekerjaan. Jika jam kerja Anda dimulai pukul 9 atau 10 pagi, Anda bisa lo menggunakan 1 jam sebelumnya untuk melakukan beberapa pekerjaan yang harus Anda selesaikan hari ini. Lebih pagi maka pikiran yang masih fresh akan menuntun Anda untuk lebih produktif kedepannya. Jika dalam waktu 1 jam pekerjaan Anda itu sudah selesai, Anda bisa menggunakan waktu lainnya untuk menghasilkan karya lainnya.

[Baca juga: 5 Tips Bekerja Pintar Tanpa Harus Jadi Workaholic]

9. Anda juga berhak untuk mendapatkan waktu untuk diri sendiri

Selain memikirkan waktu yang akan digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan, Anda juga berhak mendapatkan waktu untuk diri Anda sendiri. Waktu ini yang bisa Anda manfaatkan untuk bersenang – senang. Sesekali ajak dan bawa diri Anda jalan – jalan dan merasakan kebebasan dari tanggungjawab tugas. Jadwalkan kapan Anda akan mengambil waktu ini, dengan begitu pekerjaan lainnya bisa terjadwal dan terselesaikan tepat waktu. Pastikan diri Anda mendapat apa yang dibutuhkan.

10. Anda harus memperhatikan kesehatan

Dan yang terakhir adalah keseimbangan antara pekerjaan dan juga kesehatan. Anda bisa saja bekerja 24 jam atau bahkan 36 jam nonstop untuk menyelesaikan pekerjaan, tapi apakah Anda yakin ini baik untuk kesehatan Anda. Jika tidak, maka jangan coba melakukan ini. Gunakan waktu kerja semaksimal mungkin, sehingga Anda masih memiliki waktu untuk beristirahat, berolahraga dan bersantai. Kesehatan Andalah yang nomor satu. Jika Anda sehat, segala pekerjaan akan dengan mudah diselesaikan.

Baca juga:

Ketika To Do List Anda Hanya Berbuah Kesia – Siaan, Inilah Saatnya Berubah

44 Aplikasi Smartphone yang Dapat Membantu Menunjang Produktivitas

12 Kebiasaan Orang Sukses yang Bisa Kita Contoh

Loading...

  • 6
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *