Leadership

10 Modal Mental yang Harus Dimiliki Enterpreneur

 
  • 4
    Shares

Loading...

Menjadi seorang pengusaha itu memang gampang-gampang susah. Dibilang gampang ternyata butuh perjuangan keras. Tapi dibilang susah ya nyatanya tak sesusah yang dikira. Nah, bagi Anda calon pengusaha maupun seorang pengusaha, Ada 10 modal dasar seorang enterpreneur yang harus anda miliki. Prinsip dan pemikiran berikut akan membuat kegiatan anda selalu terasa menantang dan anda akan selalu terinspirasi.

Positive thinking itu wajib

Positif thinking memang wajib. Kenapa? Simple saja. Jika Anda memikirkan hal-hal yg negative saja kalau usaha anda akan berujung pada kegagalan, maka kapan Anda akan punya waktu untuk merencanakan kemajuan usaha Anda? Buanglah aura-aura negative itu agar aura positive menghampiri Anda diikuti dengan penawaran kesempatan-kesempatan yang tidak akan pernah Anda duga sebelumnya.

Harus memiliki Guiding Star

Guiding Star adalah tujuan utama dari berdirinya suatu perusahaan. Kita pernah membahasnya bersama-sama di sini: Apa Guiding Star Bisnis anda. Kalau usaha Anda tidak memiliki tujuan, maka anda tidak akan tahu apa yang ingin dicapai dari bisnis anda. Jika Anda mengalami kesulitan dalam menentukan Guiding Star, saya sarankan Anda bisa mulai dari memikirkan target apa yang ingin anda capai 5 tahun ke depan. Tetapkan target yang setinggi mungkin. Sah-sah saja jika anda ingin berkhayal setinggi-tingginya. Justru anda harus berpikiran out of the box. Target bisa berupa jumlah layanan yg dijual, bisa berupa nominal uang, hingga berupa barang, asal Anda selalu konsisten dalam memenuhi tahapan dalam mencapai target tersebut nantinya.

Menanamkan mental baja pada diri sendiri dan team

Apapun yang terjadi, Anda harus kuat dan percaya bahwa kelangsungan usaha Anda berada di tangan Anda dan team. Jadi anda harus terus memotivasi diri dan team anda bahwa tidak ada masalah apapun yang dapat mengganjal kemajuan usaha jika ditangani bersama dengan kepercayaan diri.

Memiliki kestabilan emosi

Menstabilkan emosi memang tidak mudah. Apalagi jika team Anda melakukan kesalahan fatal. Namun alangkah baiknya jika Anda bisa membuat emosi Anda stabil ketika sedang menghadapinya. Karena solusi atau jalan keluar terbaik akan muncul ketika kedua belah pihak berhenti menyalahkan dan dalam keadaan tenang. Selalu ingat bahwa Anda harus tegas agar team tidak mudah meremehkan namun tidak mengintimidasi mereka.

Pertimbangan matang

Selalu pertimbangkan secara matang apapun keputusan yang Anda ambil. Jangan terburu-buru, karena rasa buru-buru hanya akan diikuti dengan penyesalan. 2 pikiran lebih baik dari pada 1, namun jika lebih dari itu maka akan buang-buang waktu. Ajak teman terpercaya anda jika anda butuh konsultasi masalah. Seorang kawan tidak akan membuat anda gila, namun dialah yang akan menjaga kewarasan anda.

Tidak kehabisan inovasi

Inovasi adalah hal wajib yang melekat dalam segala bidang usaha Anda. Ketika Anda masih setia pada model lama, tidak memiliki inovasi baru, maka siapkan mental anda jika omset Anda tidak bisa mencapai target. Karena pasar senantiasa bergerak. Dia membutuhkan gebrakan dan warna baru yang membuat produk anda tetap fresh. Maka minimal pikirkan 3 macam inovasi, yaitu pemasaran, update product, dan upgrade service dalam waktu yang sama. Agar jika 1 inovasi gagal dilakukan, setidaknya anda masih memiliki cadangan 2 inovasi yang masih Anda simpan sebagai senjata akhir.

Berhenti menyalahkan

Menyalahkan orang lain hanya akan menimbulkan luka pada diri sendiri dan pada orang itu. Masalah tidak akan menemukan titik temu penyelesaian. Maka berhentilah menyalahkan orang lain dan ajak mereka berpikir untuk menyelesaikan. Bukan membebankan kepada mereka atas kesalahan yang terjadi. Anda harus mengingat bahwa tidak ada kesalahan apapun yang tidak berhubungan dengan Anda, karena semuanya berkesinambuangan dan sebenarnya adalah satu.

Konsistensi

Konsisten yang saya maksud adalah konsisten dalam melakukan hal apapun yang menjadi tanggung jawab Anda. Setiap bagian dari team harus mengetahui bahwa jika satu tidak memiliki konsistensi maka Anda akan membuat rumah dengan satu pilar keropos, dimana akhirnya dapat menghancurkan rumah yang dibuat.

Riset dan implementasi

Apa gunanya riset tanpa implementasi? Dan apa yg Anda implementasikan tanpa riset? Keduanya ini berkesinambungan. Setiap riset bertujuan meningkatkan standar dari sesuatu yang akan diimplementasikan. Maka agar kita dapat berjalan lurus mendekati Guiding Star, lakukan riset dan implementasi dari standar, kebutuhan, dan pasar.

Dapat dipercaya

Setiap orang dipercaya karena ucapannya. Dan jika Anda berbohong sekali saja, maka hal itu cukup menghancurkan semua kepercayaan yang telah Anda buat susah payah selama ini. Maka tepati janji dan berhati-hatilah dalam berjanji.

Nah pembaca, semoga Anda senantiasa memiliki prinsip dan pemikiran tersebut. Saya doakan bisnis Anda sukses dan tidak ada aral melintang. Semoga sukses :-)

Loading...

  • 4
    Shares

1 komentar

  • 25 Mei 2019 - pukul 17:54

    terima atas tips sukses dalam merintis bisnis yang telah dibagikan dalam artikel ini.
    saya mau bertanya, ketika masih awal-awal membuka usaha dan kegagalan itu terus menerus terjadi, sebagian orang pasti akan timbul perasaan lelah sebab kegagalan yang terus saja datang. bagaimana menyikapi kondisi yang demikian?
    mohon sarannya, terima kasih.

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *