Leadership

10 Pelajaran Public Speaking dari Michael Port

 
  • 55
    Shares

   

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk terus mengasah keterampilan dan meningkatkan rasa percaya diri di depan umum. Salah satunya yaitu belajar dari mereka yang sudah ahli dan menjadi masternya. Seperti Michael Port, New York Times BestSelling Business Author, yang membagikan tips public speakingnya di salah satu artikel di entrepreneur.com.

Inilah beberapa tips yang bisa kita terapkan untuk terus mengembangkan keterampilan public speaking kita:

1. Jadikan berbicara di depan umum sebagai sebuah kinerja

Anda pasti tahu jika dalam perusahaan, sebuah kinerja karyawan akan selalu diperhitungkan. Jika karyawan memiliki kinerja yang baik, bukan hanya pekerjaan mereka saja yang akan cepat selesai dengan baik, tapi juga perusahaan yang akan memberikan apresiasi atas prestasi mereka. Begitulah yang terjadi ketika kita menjadikan sebuah persentasi di depan umum sebagai sebuah kinerja. Kita harus bisa mencari cara untuk bisa tetap menampilkan yang terbaik di depan banyak orang. Sebab ketika kita bisa melakukan itu, tidak akan ada orang yang ragu meminta kita untuk melakukan hal itu lagi.

2. Bangun kepercayaan di awal Anda mencoba

Pernahkah Anda melihat seorang pembicara yang berusaha membuat efek yang besar di awal pembicaraan mereka? Hal ini memang penting untuk dilakukan. Sebab untuk persentasi membuat kepercayaan audiens di awal akan menjadi investasi kita selama acara. Ada banyak cara yang bisa dilakukan. Tapi sebelum meminta audiens untuk menyetujui setiap gagasan agar menjadi sama, cobalah untuk mendapatkan kepercayaan mereka terlebih dahulu.

3. Milikilah ide yang besar

Sebuah ide yang besar tidak harus selalu berbeda. Ide ini bukan juga tentang apa yang Anda katakan kepada audiens, tapi bagaimana cara Anda mengatakannya kepada yang mendengarkan Anda. Fokuslah untuk berbagi ide dan menghubungkan audiens Anda. Dan ketika Anda sudah dekat dengan audiens, disanalah Anda mampu membuat dampak.

4. Buatlah janji terhadap diri sendiri

Selain memiliki ide yang besar, Anda juga harus yakin dan bahkan tidak ragu membuat janji terhadap diri Anda sendiri. Ide besar akan membuat kita bisa berbicara sesuai dengan kinerja kita. Dan janji akan membuat audiens yakin dengan kita. Ini lebih dari sekedar menarik perhatian mereka untuk terus mendengarkan kita.

5. Tampilkan Pain sebelum Gain

Ketika Anda memperkenalkan manfaat dari apa yang Anda katakan, mungkin orang tidak akan percaya dengan ucapan Anda. Tapi ketika Anda membuat sebuah strategi yang menempatkan rasa sakit kemudian penyembuhannya di belakang, mereka mungkin akan kembali berpikir apakah cara Anda benar. Dengan begitu audiens Anda akan lebih mungkin untuk mengambil tindakan.

6. Aturlah dengan menggunakan kerangka kerja

Sebuah struktur yang jelas akan memudahkan Anda untuk mengingat apa yang akan Anda katakan saat berbicara di depan umum. Cara ini juga akan membantu penonton memahami apa yang Anda katakan. Pilih salah satu dari lima kerangka berikut ini:

– Numerik: kerangka kerja yang satu ini cukup mudah digunakan dan juga fleksibel. Seperti ketika kita memiliki 60 menit waktu untuk persentasi, kita bisa menyampaikan semua materi. Tapi saat kita hanya memiliki 20 menit saja, maka kita bisa menyampaikan 3 poin penting yang sudah Anda susun dengan baik sebelumnya.

– Kronologis: Anda mungkin harus membuat sebuah langkah-langkah untuk presentasi ini. Sehingga Anda bisa mengikuti urutan yang ada dan membuatnya mudah untuk diikuti oleh Anda dan audiens.

– Masalah dan solusi: Audiens ingin Anda sebagai presenter dapat memecahkan masalah mereka. Sebagai contohnya, Anda mungkin akan menunjukkan banyak orang yang gugup saat berbicara di depan umum, lalu Anda bisa menyampaikan cara untuk mengatasi ketakutan mereka.

– Perbandingan dan kontras: Jika Anda memiliki dua konsep yang berbeda, Anda bisa menggunakan keduanya. Seperti menjelaskan pro dan kontra dan setiap penyelesaikan sebuah masalah.

– Modular: Kerangka yang satu ini bekerja sangat baik. Karena para presenter akan membagi hari menjadi 3 modul.

7. Ciptakan pengalaman yang hebat

Seorang pakar marketing, Scott Stratten fokus pada membuat pengalaman yang luar biasa bagi audiensnya. Dia memastikan orang yang datang juga belajar dan juga merasa telah menggunakan waktu mereka dengan tepat. Demikian pula, buatlah persentasi Anda dengan menyenangkan. Sebab orang akan belajar dengan lebih efektif.

8. Jadilah orang yang menyenangkan bagi orang lain

Untuk membantu setiap orang memiliki waktu yang tepat, Anda harus memiliki waktu yang tepat juga. Ketika Anda fokus pada diri sendiri, Anda akan kehilangan perhatian dari audiens Anda. Tapi ketika Anda melibatkan mereka, merekapun tidak akan ragu untuk ikut serta aktif dalam persentasi Anda.

9. Jangan terlalu mencontoh beberapa teknik dari orang lain

Kebanyakan para speaker akan menyalin apa yang pembicara lain lakukan. Hasilnya, mereka akan terdengar sama. Anda mungkin bisa melihat cara mereka, tapi tidak untuk diterapkan dan membentuk diri seperti mereka.

10. Teruslah bicara di depan umum, dan jadikan ini hal yang penting

Karena semakin banyak orang yang berkomunikasi secara online, Anda mungkin akan bertanya apakah persentasi di depan umum akan ketinggalan zaman? Tentu tidak. Itulah jawabannya.

Berbicara di depan umum menjadi sesuatu yang lebih penting karena orang lebih mengharapkan Anda untuk dapat tampil secara langsung, termasuk untuk online. Anda bisa menggunakan aplikasi video call seperti Skype. Melalui webinar, audiens Anda akan merasa lebih nyaman berbicara dengan orang yang nyata. Ini juga akan membantu Anda membangun kepercayaan penonton.

public speaking 1

Nah, bagaimana dengan 10 tips di atas? Sudahkah Anda menemukan dan mencoba salah satu dari 10 cara itu? Kini Anda memiliki kesempatan untuk meningkatkan keterampilan Anda dalam public speaking atau tampil di depan umum. Tidak ada lagi alasan tidak percaya diri karena ini dan itu. Anda juga bisa mencoba mengasah keterampilan public speaking melalui seminar “Public Speaking “. Informasi lebih lanjut bisa Anda lihat di halaman berikut. :)

                              
Loading...

  • 55
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *