Start A Business

10 Pertanyaan Penting Sebelum Membuat Toko Online

 
  • 3
    Shares

   

Anda ingin mencoba membuka sebuah toko online? sebelum Anda memulai segala sesuatu persiapannya alangkah baiknya Anda menjawab 10 pertanyaan dibawah ini agar Anda semakin siap menjalani bisnis di dunia online.

Berikut adalah 10 pertanyaan penting yang Harus Anda jawab Sebelum Membuat Toko Online:

1. Bagaimana Anda mulai membangun toko online Anda?

Jika Anda tidak mampu membuat engine toko online karena tidak ada basic programming, maka Anda tak perlu khawatir. Saat ini banyak sekali penyedai website toko online berkualitas, salah satunya JagoanStore. Yang perlu Anda perhatikan dalam memilih toko online adalah bagaimana tampilannya, bagaimana harganya, bagaimana support dari penyedianya. Ini adalah langkah awal yang harus Anda putuskan matang-matang.

2. Bagaimana Anda menyesuaikan tampilan toko online Anda dengan bisnis yang sudah berjalan?

Bagi Anda yang sebelumnya sudah berhasil di bisnis offline pastinya telah memiliki identitas-identitas khusus untuk bisnis Anda seperti logo atau skema warna. Nah pastikan penyedia toko online Anda dapat menyesuaikan dengan identitas yang akan Anda bangun.

3. Apa jenis sistem pembayaran yang harus Anda gunakan?

Sistem pembayaran haruslah yang sudah familier oleh pelanggan Anda. Jika pelanggan Anda lebih familier dengan pembayaran via transfer maka buat sistem pembayaran yang mudah. Jika ternyata calon pelanggan Anda kurang familier dengan pembayaran menggunakan kartu kredit, maka sistem pembayaran model ini bisa Anda tunda prioritasnya. Utamakan sistem pembayaran yang dirasa mudah oleh pelanggan Anda.

4. Bagaimana Anda Melayani Pelanggan Anda?

Untuk menanggapi kontak pelanggan diperlukan sistem yang efisien. Anda bisa menggunakan contact form atau engine live chat untuk memudahkan pelanggan mengontak Anda. Sekali lagi, lakukan riset melalui media apa mereka lebih familier untuk berinteraksi, maka gunakan media tersebut. Namun tetap Anda ingat, sebaik apapun medianya jika tidak dibarengi dengan kecepatan dan kualitas jawaban yang baik, maka pelanggan tidak akan puas dengan pelayanan Anda.

5. Bagaimana Anda menentukan biaya pengiriman?

Untuk biaya pengiriman, tetapkan sesuai dengan biaya yang ditetapkan oleh ekspedisi yang Anda gunakan. Berikan pilihan bagi pelanggan Anda apakah mereka ingin Cash On Delivery (COD) atau ingin menggunakan ekspedisi tertentu dengan ragam tarif yang tersedia. Janganlah mengambil keuntungan dari biaya pengiriman. Di sisi lain, Anda juga bisa menawarkan pengiriman gratis, setidaknya untuk pesanan dengan jumlah tertentu.

6. Bagaimana cara membuat gambar produk terbaik dan deskripsinya?

Pembeli online tidak bisa melihat, menyentuh, merasakan atau mencium produk Anda, untuk itu pasang gambar produk yang jelas beserta deskripsinya. Gunakan kamera dengan resolusi yang besar sehingga gambar terlihat jelas. Foto produk Anda dengan angel view yang menarik. Deskripsi produk buat selengkap-lengkapnya. Pastikan USP Anda juga Anda cantumkan disitu. Bila Anda kerepotan mengatur hal ini, Anda bisa menggunakan jasa fotografer untuk mengambil foto produk Anda dan menggunakan jasa copywritter untuk menciptakan deskripsi produk dengan konten yang “menghipnotis” calon pelanggan Anda.

7. Apakah Anda membiarkan ulasan pelanggan di sosial media?

Saat ini kekuatan viral juga menjadi faktor penentu keberhasilan toko online kita. Kecenderungan pelanggan saat ini adalah membagikan pengalaman mereka menggunakan produk atau layanan tertentu di social medianya. Nah apakah Anda nantinya akan membiarkan mereka mereview produk atau jasa Anda? Saran kami adalah biarkan mereka membagikan apa perasaan mereka setelah menggunakan produk atau jasa Anda. Jika komentar itu positif, akan meningkatkan brand awareness Anda bukan. Sedangkan bila ada komentar negatif, maka ini adalah kesempatan Anda untuk membuktikan bahwa Anda bertanggungjawab dan memperhatikan mereka.

8. Bagaimana Cara Anda menarik pembeli?

Anda bisa mempromosikan toko online Anda secara offline maupun online. Anda bisa menggunakan brosur, banner untuk promosi secara offline. Sedangkan untuk promosi online Anda bisa menggunakan iklan banner di website tertentu, melalui FB Ads, atau social media lainnya. Optimasi pula website toko online Anda dengan SEO agar toko online Anda ter-ranking di search engine.

9. Bagaimana Anda menangani Barang Retur?

Setiap toko kadang berurusan dengan barang-barang retur atau barang-barang yang kondisinya tidak sesuai sehingga pelanggan menginginkan barang tersebut kembali dan diganti dengan yang baru. Anda harus mengantisipasinya dengan memilih supplier yang bersedia dengan barang yang diretur. Jika supplier Anda tidak mau menerima barang retur, nantinya justru Anda yang akan rugi.

10. Bagaimana cara mengukur keberhasilan toko Anda?

Cobalah untuk memilih penyedia toko online yang menawarkan fitur reportin dan terintegrasi dengan Google Analytics. Hal ini penting untuk mengukur keberhasilan toko online Anda. Dengan adanya reporting yang lengkap maka akan memudahkan Anda membuat strategi pemasaran di kedepannya.

Jika ada pertanyaan diatas yang belum dapat Anda jawab, itu artinya Anda harus menyelesaikannya terlebih dahulu agar toko online Anda bisa berjalan lancar. Pastikan segala hal yang kami sarankan diatas telah Anda terapkan.

Ingin memiliki website toko online yang powerfull, mudah, dan lengkap?

Kunjungi JagoanStore.com , penyedia website toko online dibawah pengelolaan Beon.co.id sejak tahun 2006. Tunggu apalagi, gunakan JagoanStore toko online profesional untuk usaha Anda!

source : http://www.entrepreneur.com/article/227034

           
  • 3
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *