Leadership

10 Skill Dasar untuk Bekerja di Bisnis Digital

 
  • 3
    Shares

Loading...

Ketika berprofesi di dunia digital, maka ada sejumlah skill basic yang harus anda ketahui. Kami telah menyusun daftar pendek dari keterampilan-keterampilan dasar tersebut. Ini bisa jadi pijakan anda untuk mengembangkan kemampuan agar lebih profesional.

1. Google Drive dan Microsoft Office.

Google Drive & Microsoft Office adalah skill paling basic yang harus anda kuasai. Anda harus belajar membuat spreadsheet Excel, membuat presentasi dengan Powerpoint, hingga yang paling sederhana yakni membuat proposal yang rapi dengan Word. Google Drive juga menyediakan editing untuk keperluan seperti presentasi, dokumen, spreadsheet dan form. Di sini, anda dapat berkolaborasi dengan pengguna lain pada waktu yang sama.

2. Setting Jaringan Wifi.

Ketahui apa saja yang diperlukan untuk membuat sebuah jaringan Wi-Fi, pengaturan modem, tethering, hingga mengetahui perbandingan harga dan kemampuan setiap penyedia layanan internet di Indonesia. Karena tidak setiap saat anda akan bisa terus terhubung dengan mudah, misalnya disiapkan di kantor, atau di sekolah anda.

3. Setup Website dan Domain.

Sebuah website dapat anda gunakan untuk berbagai macam keperluan profesional, entah rebranding keberadaan anda di dunia online, memamerkan karya seni anda (portofolio seni, menulis, dll) atau hanya belajar untuk masa depan. Pengetahuan coding dapat membantu banyak di sini. Tetapi Anda juga dapat menggunakan berbagai layanan website builder seperti WordPress dan Drupal. Bicara soal profesionalisme, maka anda juga harus mengetahui cara membuat custom domain. Misalnya, “mediabisnisonline.com” daripada “bistik.wordpress.com”.

4. Basic Photo Editing (Photoshop).

Bahkan jika Anda tidak ada rencana untuk menggunakan Photoshop, tidak ada salahnya anda tahu dasar-dasar penggunaannya. Karena kini semakin banyak karir yang memerlukan keterampilan Photoshop, entah itu jurnalisme, pemasaran atau bahkan pekerjaan non-profit. Anda bisa belajar tutorial mendesain web dengan Photoshop dari tulisan salah satu contributor luar biasa kami di sini: Bagaimana Mendesain Template Website Sendiri.

5. Basic Video Editing (Final Cut Pro).

Sama seperti edit foto, kemampuan edit video bisa sangat berguna. Software yang paling mudah dipelajari menurut kami adalah Final Cut Pro. Di sini, setidaknya Anda dapat mengolah sejumlah video-video untuk channel YouTube anda sendiri.

6. Konversi Format File.

Kadang-kadang Anda akan mendapat format file yang berbeda dari yang Anda butuhkan – DOC disamping PDF, WMA disamping MP3 dan lain sebagainya. Maka anda harus tahu bagaimana mengkonversi file-file tersebut agar sesuai dengan keinginan anda. Terutama ketika Anda mencoba untuk mengirimkan resume.

7. HTML dan Basic Coding.

Karena budaya kita jadi semakin web-sentris, maka Anda juga harus mengetahui dasar-dasar menciptakan konten secara online. HTML5 adalah standar bahasa terbaru yang kini populer digunakan di perusahaan desain web manapun. Anda dapat mengikuti latihan HTML5 kami di sini: Latihan Pemrograman Website Berbasis HTML5.

8. Backup Data ke Cloud Storage.

Dengan semua foto-foto kenangan Anda, perpustakaan musik Anda dan salinan tesis 40-halaman anda, maka seluruh dunia Anda berkutat di hardware komputer Anda. Apabila dia rusak, maka anda tidak mungkin dapat mengembalikannya. Kecuali anda punya cadangan data di tempat lain. Cloud storage seperti iCloud dan Dropbox dapat menjadi solusi yang tepat bagi backup data anda.  Atau sejumlah layanan Cloud lainnya yang populer di dunia. Cari tahu perbandingan 10 Layanan Penyimpanan Gratis Berbasis Cloud di sini. Dengan Cloud, Anda dapat mengakses informasi dari mana saja.

9. Online Banking.

Siapa yang perlu untuk mencetak buku tabungan ketika Anda hidup di era digital? Sejumlah bank besar di Indonesia telah dilengkapi dengan sistem transaksi online khusus untuk nasabahnya. Dengan sambungan Internet, Anda dapat mengelola keuangan di manapun, misalnya ketika berhadapan dengan laptop dan segelas kopi manis di pagi hari.

10. Pencitraan Diri (Online Branding).

Berkat sosial media, kini perusahaan punya teknik baru untuk menyeleksi calon karyawannya. Maka ada baiknya anda mulai menjaga setiap pernyataan yang anda lontarkan di sosial media. Ketahui bagaimana cara cek citra diri anda di sini. Cara paling sederhana adalah Google nama anda dan lihatlah hasil apa yang keluar di halaman pertama? Apakah anda punya review negatif? Jangan sampai.

Ceritakan yuk hasilnya. Tulis nama lengkap anda di sini agar Google mencatat cerita positif anda di Bistik.CO. Good luck. ;-)

Loading...

  • 3
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *