Technology

10 Solusi Mobile Marketing untuk Bisnis Kecil

 

   

Perkembangan teknologi memang berpengaruh sangat besar terhadap segala kegiatan, salah satunya yaitu berpengaruh terhadap perkembangan bisnis. Saat ini kemudahan berbisnis bukan hanya dimiliki oleh bisnis yang besar, namun bisnis kecil yang baru memulai usahanya juga bisa merasakan kemudahan ini. Salah satu yang dapat dirasakan adalah ketika proses bermarketing sudah bisa dilakukan melalui mobile, yang siapa saja sudah memiliki dan bisa menggunakannya. Saat ini sudah ada aplikasi yang akan membantu bisnis kecil melakukan proses marketing via mobile. Apa saja itu? Ini dia 10 diantaranya:

1. Mogreet Express

mogreet express

Cara termudah untuk menjangkau pelanggan melalui media mobile adalah dengan mengirimkan pesan teks atau sms kepada pelanggan. Salah satu solusi yang diberikan untuk lebih memudahkan proses ini adalah dengan menggunakan aplikasi “Mogreet Express”. Aplikasi ini akan membantu kita dalam mengirim pesan teks, mulai dari penjadwalan pengiriman pesan teks kepada pelanggan. Menggunakannya cukup mudah, hanya dengan menggunakan kode yang merupakan kombinasi dari kata kunci yang mewakili bisnis Anda, yang kemudian kode ini yang akan digunakan pelanggan untuk bergabung bersama dengan pesan teks yang Anda kirimkan.

2. ScanLife

scanlife

Jika Mogreet Express menggunakan kode yang merupakan kata kunci bisnis Anda, ScanLife akan memberikan Anda sebuah QR Code Generator atau Barcode untuk bisa bergabung bersama bisnis yang Anda inginkan. Sms yang diterima bukan hanya berisi iklan, gambar, teks atau suara, melainkan akan membawa pelanggan ke website bisnis yang dimiliki oleh si pengirim tersebut.

3. Converto

converto

Converto merupakan sebuah solusi yang bisa Anda gunakan untuk memantau anggaran yang Anda keluarkan saat melakukan mobile marketing. Ini tentu saja akan sangat membantu bisnis kecil dalam melakukan pemasaran via mobile. Platform ini dapat banyak mengundang dan melacak calon pelanggan yang akan membeli produk Anda dengan menciptakan profil pelanggan.

4. Outspoken

Outspoken

Mobile marketing bukan hanya tempat kita mengirimkan iklan atau penawaran berupa teks. Seperti yang sudah cukup populer saat ini yaitu Outspoken yang menjadi platform untuk mengirimkan pesan mobile marketing berupa pesan multimedia. Sebelumnya telah ada yaitu Payvia, namun Outspoken dirasa paling memiliki performa yang bagus saat mengirimkan pesan multimedia kepada user.

5. Sumotext

Sumotext

Terkadang pemilik usaha kecil membutuhkan sebuah solusi untuk mobile marketing yang dianggap komprehensif. SUMOTEXT adalah platform manajemen hubungan ponsel yang menawarkan berbagai solusi mobile marketing.

6. Mobsav

Mobsav

Siapa yang tidak tergiur jika hanya dengan menggunakan aplikasi sederhana, maka akan ada banyak pelanggan yang datang ke toko Anda? Mobsav memberikan solusi atas keinginan tersebut. Aplikasi mobile yang satu ini dapat menarik pelanggan dengan kupon diskon yang Anda berikan. Mengkombinasikan kupon diskon dengan GPS adalah cara Mobsav memperoleh pelanggan dari berbagai sudut di satu kota dengan lebih mudah. Pelanggan hanya harus menunjukkan ponsel mereka yang memiliki kupon diskon, dan mereka akan mendapatkan produk dari toko Anda dengan mudah.

7. Thumbvista

Thumbvista

Mentargetkan konsumen atau pelanggan untuk kesuksesan penjualan adalah salah satu cara yang harus dilakukan oleh setiap bisnis. Thumbvista menjadi salah satu solusi bagi bisnis kecil yang ingin mendapatkan dan menetapkan target pasar dengan mudah. Aplikasi ini mengkhususkan diri dalam geofencing dan pesan berbasis lokasi. Setelah pelanggan menerima pesan yang Anda kirimkan, Anda akan dengan mudah menemukan dan menentukan target pasar mana yang sangat potensial bagi bisnis Anda.

8. Foursquare

Foursquare

Nah, siapa yang tidak tahu aplikasi yang satu ini. Aplikasi yang sudah sangat akrab di telinga pengguna smartphone, yaitu Forsquare. Dan faktanya bukan hanya pemilik bisnis yang harus terus bekerja mencari pelanggan. Tetapi tanpa sengaja pelanggan juga siap membantu Anda mencari dan memasarkan bisnis Anda. Salah satunya yaitu dengan melakukan check in pada tempat bisnis Anda. Ketika pelanggan mengunjungi toko  atau tempat usaha Anda, dan mereka melakukan check in. Itu akan membuat orang banyak mengetahui dan mengenal bisnis Anda. Terlebih ketika check in tersebut di share ke sosial media.

9. Mailchimp

Mailchimp

Kemudahan untuk bisnis kecil dalam bermarketing via mobile lainnya adalah dengan menggunakan aplikasi Mailchimp. Aplikasi yang ramah dan didesain juga untuk mobile ini memang dikhususkan dalam mengirim email. Namun pelanggan saat ini sudah banyak yang memanfaatkan mobile atau smartphone mereka untuk memeriksa email. Sehingga memungkinkan ketika Anda mengirimkan email penawaran, pelanggan akan dengan mudah membacanya.

10. Ponsel Mix

10

Untuk pemula atau pemilik bisnis yang baru saja ingin mulai mencoba mobile marketing, cobalah untuk menggunakan Ponsel Mix. Ponsel Mix akan memberikan pelajaran atau pengetahuan terlebih dahulu kepada Anda bagaimana cara untuk bermarketing via mobile. Didalamnya terdapat video, tutorial atau modul yang akan memandu Anda dalam menggunakannnya untuk melakukan mobile marketing. Ini tentu saja sangat membantu pemilik bisnis yang baru mulai bermarketing via mobile.

Baca juga:


Artikel Terkait

1 komentar

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *