Running A Business

10 Teknik Jitu Menghasilkan Lebih Banyak Leads untuk Bisnis

 
  • 11
    Shares

   

Hampir setiap bisnis membutuhkan keterampilan para merketer untuk mendapatkan leads bagi bisnis mereka. Leads sendiri berfungsi untuk menjadikan mereka yang awalnya hanya penasaran menjadi pelanggan kita. Dari yang awalnya menginginkan hingga membutuhkan produk kita. Sebagian besar cara mungkin sudah tidak asing lagi dilakukan. Mulai dari mencetak brosur, banner, hingga menampilkan iklan di berbagai media cetak ternama.

Tapi apakah itu mampu membuat Anda mendapatkan leads bisnis yang Anda butuhkan? Belum tentu.

Nah, saat berada di era teknologi seperti saat ini bukankah sudah saatnya kita beralih dan lebih memaksimalkan sumber daya yang ada. Ya, salah satunya adalah media online yang dinilai mampu membantu para pebisnis untuk mendapatkan leads bisnis mereka secara tepat. Kenapa begitu? Terlebih untuk Anda yang bergelut pada bisnis online, media online memberikan leads yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Mulai dari siapa calon pelanggan Anda, dimana Anda bisa menemukan mereka dan apa yang membuat mereka tertarik dengan bisnis Anda.

Lalu apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan leads bisnis?

Ada ratusan cara yang bisa dijalankan untuk mengembangkan bisnis, termasuk untuk mendapatkan leads untuk bisnis kita. 10 diantara cara tersebut akan kami suguhkan khusus untuk Anda. Cara berikut adalah cara yang umum dilakukan tapi sangat efektif mendapatkan leads bagi bisnis kita baik offline maupun online.

1. eBooks

Cara yang pertama bekerja sangat baik untuk perusahaan B2B atau Business to Business. Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap orang suka membaca, apalagi saat mereka mencari informasi dan tambahan ilmu untuk meningkatkan keahlian kerja mereka. Beberapa perusahaan yang bergerak di bidang online seperti Beon.co.id memanfaatkan eBook sebagai sarana berbagi informasi dan juga sebagai leads magnet.

Beon.co.id mengerti bahwa setiap pelanggan dan pengunjung website mereka adalah para pebisnsi dan juga pekerja teknik di sebuah perusahaan. Alih-alih menawarkan produk di dalam eBook tersebut, justru lebih banyak membagikan informasi dan ilmu bagi para penikmat dunia IT.

Saat Anda ingin mencoba membagikan eBook kepada pelanggan atau pengunjung website, coba mulailah dengan menawarkan eBook melalui halaman website. Dapatkan data dari setiap mereka yang menginginkan eBook Anda. Setelah itu kirimkan eBook kepada pendaftar melalui email yang mereka berikan. Tapi ingat! terlebih dahulu ciptakan eBook yang memang dibutuhkan oleh pengunjung website atau pelanggan Anda. Contohnya saja, eBook yang membahas tentang berbagai sertifikasi IT yang jelas dibutuhkan oleh para manager atau karyawan IT di Indonesia. Beon.co.id mencoba memberikan media bagi mereka untuk mendapatkan informasi apa saja seputar sertifikasi IT ini melalui eBook yang diberikan.

3-langkah-awal-jadi-it-manager-paling-dicari

Saat eBook yang Anda tawarkan sudah sesuai dengan kebutuhan pengunjung atau pelanggan Anda, tidak sulit bukan mendapatkan leads dari mereka?

2. Newsletter

Selain eBook, Newsletter juga masih sangat efektif digunakan untuk mendapatkan leads bisnis yang kita butuhkan. Saya yakin, Anda pasti pernah mendaftarkan email di beberapa website yang menawarkan newsletter kepada pengunjungnya. Hingga pada akhirnya Anda mendapatkan email rutin yang berisi informasi atau bahkan promo dari website tersebut,

Ya, itulah salah satu cara mereka mendapatkan leads bagi bisnisnya. Dengan newsletter ini, kita bisa terus berkomunikasi dengan pelanggan. Tapi ingat buatlah newsletter yang dibutuhkan dan dikirim dalam batas kewajaran. Jangan buat semua isi newsletter tentang Anda, bisnis Anda dan promo. Itu tentu sangat membosankan bukan? Berikut kami bagikan tips agar newsletter Anda bisa lebih bersahabat dengan pengunjung dan pelanggan Anda :) Bahkan newsletter ini juga membantu Anda meningkatkan penjualan bisnis.

Pastikan juga Anda menempatkan form newsletter pada tempat yang masuk akal dan tentu tidak mengganggu pengunjung di website Anda. Mulai dari form sederhana di side bar website sampai dengan pop up yang benar-benar tidak mengganggu pembaca. Karena saat pengunjung mulai terganggu, maka kita tidak akan mendapatkan leads dari mereka.

3. Blog

Memiliki sebuah blog mungkin sudah menjadi sebuah keharusan bagi setiap pebisnis. Blog adalah salah satu media komunikasi kita dengan pelanggan, selain website tentunya. Bahkan blog mampu menjadi penghasil leads terbaik untuk bisnis kita. Selain sebagai alat untuk melakukan pengawasan penuh terhadap bisnis kita, blog juga bisa membantu kita menarik perhatian penuh dari pembaca. Jika Anda sadar inilah alasan mengapa sebuah bisnis penting memiliki sebuah blog untuk bisnis mereka. :)

Tapi pastikan juga setiap blog yang Anda bangun dioptimalkan untuk menghasilkan leads bagi bisnis Anda. Dan setiap blog memiliki bagian untuk sign up newsletter, menawarkan eBook hingga mempromosikan produk atau jasa yang Anda miliki.

Dari blog, kita bisa mendapatkan banyak informasi pengunjung bahkan pelanggan kita. Tapi ingat tujuan awal dari Anda menciptakan sebuah blog. Jangan gunakan hanya untuk mempromosikan bisnis Anda. Gunakan blog sebagai sarana berbagi informasi apapun kepada pelanggan Anda.

4. Sosial media

Sebagai pebisnis Anda pasti sudah tahu jika sosial media bukan lagi hanya media untuk berbagi status terkini tentang diri Anda bukan? Sosial media kini mampu menjadi ladang yang sangat menggiurkan bagi para pebisnis online.

Mulai dari Twitter, Facebook hingga yang paling ngeHits saat ini yaitu Instagram adalah ladang kita untuk mendapatkan leads bagi bisnis. Kenapa bisa begitu? Karena hampir setiap orang yang menggunakan smartphone dan mengerti internet pasti memiliki akun sosial media.

Dengan memanfaatkan sosial media, kita juga bisa mendapatkan banyak leads dari para penggunanya terlebih bagi para pengikut di sosial media kita. Apalagi saat kita menggunakan Facebook Ads, kita bisa menentukan siapa yang akan menerima iklan kita.

Saat kita membagikan konten, kita juga bisa mendapatkan leads dari mereka yang menyukai dan bahkan membagikan konten kita di dalam akun mereka. Bukankah cukup mudah?

5. Networking Event

Sementara banyak sekali yang harus kita lakukan di dunia digital, jangan pernah lupakan untuk mencari leads melalui media offline. Dengan turut serta dalam berbagai acara atau event networking, kita bisa mendapatkan leads yang tidak kalah banyak dari online.

Kita bisa mengikuti pameran atau bazar, menjadi sponsor dari sebuah acara bahkan menjadi penyelenggaranya. Saat kita menjalankan sebuah event, saat itu juga peluang untuk mendapatkan leads akan semakin banyak. Data yang kita dapatkan dapat menjadi sumber untuk tim sales bisnis kita. Kita juga bisa tahu ketertarikan mereka terhadap bisnis kita.

6. Video

Selain konten tulisan, konten visual seperti video juga sangat efektif menarik minat dan mendapatkan banyak leads bagi bisnis kita. Selain menciptakan video seputar promo produk atau jasa kita, cobalah untuk menciptakan video yang informatif dan juga menghibur pelanggan kita.

Saya yakin, Anda dan juga masyarakat luas menyukai konten yang menghibur bukan? Jika bisa kombinasikan video promosi produk atau jasa Anda dengan konsep yang juga menghibur penonton.

Bahkan Anda juga bisa membuat sebuah video testimonial bagi pelanggan yang puas dengan layanan Anda. Contohnya saja pelanggan Jagoanstore, Jagoanhosting dan juga Beon.co.id yang memiliki kesempatan untuk mempromosikan bisnis mereka kepada orang lain melalui video yang dibuatnya.

Video yang Anda upload ke Youtube memungkinkan Anda untuk menempatkan link video tersebut ke dalam konten-konten Anda di blog ataupun website. Gunakan ini sebagai sarana menarik perhatian dan juga mendapatkan data untuk bisnis Anda.

7. Infografis

Infografis mungkin bukanlah hal baru di dunia media digital. Infografis memang diciptakan untuk memudahkan para pembaca dalam memahami setiap maksud dan data yang ditampilkan. Karena mungkin seperti yang sudah Anda tahu sebelumnya, bahwa setiap orang lebih menyukai konten visual ketimbang konten tulisan yang cenderung membosankan.

Anda bisa menjadikan infografis sebagai media untuk mendapatkan leads dari pengunjung dan juga pelanggan Anda. Seperti halnya eBook, Anda bisa menempatkan infografis di website, blog ataupun sosial media yang Anda miliki. Dengan mencantumkan form untuk mengisi email atau nama pengunjung sebelum mereka mendownload infografis ini, Anda bisa memanfaatkan ini sebagai ladang mendapatkan leads bagi bisnis Anda.

Power of wordpress hosting infografis

Pengunjung yang sudah mengisi form tersebut bisa langsung mendownloadnya atau menunggu kiriman email yang berisi infografis dari kita. Tapi ingat, jangan campur adukkan informasi eBook dan infografis secara bersamaan. Yang artinya dalam 1 website atau blog, pilihlah salah satu dari mereka mana yang akan Anda tampilkan dan optimalkan.

Dan jika Anda bingung mencari infografis seputar bisnis dan teknologi, Mebiso memiliki kumpulan infografis yang bukan hanya menarik tapi juga informatif. Berikut ini kumpulan infografis yang dimiliki oleh Mebiso. Anda bisa mendownloadnya sepuas hati Anda. :)

8. Webinars

Jika Anda ingin berbicara langsung kepada para pengunjung bahkan pelanggan bisnis Anda, cobalah untuk membuat sebuah webinar. Webinar sangat efektif dan cara yang murah untuk menyampaikan pesan Anda ke ribuan pelanggan potensial Anda. Jangan khawatir tidak tahu caranya dan apa medianya, karena kini banyak layanan atau aplikasi yang memungkinkan Anda untuk menyiarkan webinar dengan cepat dan mudah.

Ciptakan ide menarik dan berbeda dari biasanya, mintalah setiap penonton untuk mendownload eBook kita, mendaftarkan email mereka untuk newsletter kita dan bahkan meminta mereka untuk mengunjungi website kita. Dengan cara ini kita akan mudah menuntun pengunjung untuk memberikan leads dan menjadikannya pelanggan potensial bagi bisnis kita.

9. Media Coverage

Salah satu yang mungkin sangat jarang dilakukan adalah dengan menggunakan media coverage untuk mendapatkan leads bagi bisnis kita. Contohnya yaitu saat kita memanfaatkan media dan juga wartawan untuk meliput bisnis kita. Bahkan dengan tampil di berbagai media kita bisa mendapatkan leads yang cukup banyak. Karena akan ada banyak orang yang mengenal kita, penasaran dengan kita hingga akhirnya mengunjungi website, blog ataupun sosial media kita. Ini lebih kepada meningkatkan personal branding diri kita dan juga mempromosikan websita dan merek kita kepada khalayak ramai. Seperti yang dilakukan oleh beberapa pelanggan Jagoanstore, Jagoanhosting dan juga Beon.co.id. Melalui interview yang dilakukan oleh Mediabisnisonline.com dan tim internal perusahaan, maka pemilik bisnis online yang menggunakan layanan Beon Intermedia dapat mempromosikan bisnis mereka secara GRATIS. Nah, apakah Anda tertarik untuk diliput oleh media? Mebiso bisa lo meliput bisnis Anda :)

10. Branding

Tidak ada usaha yang berhasil mendapatkan banyak leads untuk bisnis Anda saat tidak ada seorangpun yang mengenal bahkan familiar dengan nama bisnis Anda. Kekuatan branding mampu menjadikan Anda dan juga bisnis Anda dikenal oleh banyak orang. Saat mereka mulai mengenal, rasa penasaran membawa mereka mengunjungi satu persatu media yang Anda gunakan untuk promosi dan berjualan.

Perlu diingat juga, sebelum menjangkau pelanggan yang jauh lebih banyak lagi, cobalah untuk menjadi ahli pada bidang bisnis Anda. Setiap pelanggan bersedia mengikuti siapapun yang sejalan dan sesuai dengan minat bahkan industri yang mereka tekuni. Fokuslah pada komunikasi melalui branding dan tingkat konversi Anda akan naik, ini jelas akan membantu Anda mengarahkan pengunjung menjadi pelanggan potensial bisnis Anda.

Lalu, kini bagaimana dengan Anda? Sudahkah Anda melakukan sebagian atau seluruh cara diatas?

Apapun yang Anda lakukan, media online memiliki peran yang tidak terbatas. Setiap hari media akan selalu berkembang, itu artinya kesempatan Anda untuk berbisnis semakin besar. Anda ataupun pebisnis yang lainnya harus bisa memanfaatkan perkembangan ini dengan baik. Mulai dari menciptakan akun sosial media, membuat website khusus toko online, blog yang mendukung kegiatan online bisnis Anda hingga aktivitas yang mendorong Anda untuk mendapatkan leads jauh lebih banyak lagi. :)

           
  • 11
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *