Leadership

10 Tips Bekerja yang Menyenangkan

 
  • 1
    Share

Siapapun tentu ingin memiliki kondisi kerja yang lebih menyenangkan, agar segala yang dikerjakan dapat menghasilkan sesuatu yang baik. Karena ketika kita bekerja di bawah tekanan dengan situasi dan kondisi yang sama sekali tidak mendukung atau cenderung membosankan, kita bisa saja tidak fokus dan kesulitan menyelesaikan pekerjaan yang ada. Oleh sebab itu perlu kita cari bagaimana cara untuk membuat hari dan pekerjaan kita menjadi lebih menyenangkan.

1. Ketahui apa yang membuat Anda senang

Sebelum Anda memperbaiki sesuatu yang ada di sekitar Anda untuk mendapatkan suasana kerja yang menyenangkan, cobalah cari tahu apa yang sebenarnya Anda butuhkan untuk merasa nyaman, apa yang Anda inginkan ada untuk mendukung kegiatan kerja Anda dan apa yang mengganggu Anda. Jika Anda tahu semua itu, maka akan dengan mudah Anda merealisasikannya, dan tentu saja disesuaikan dengan dukungan perusahaan terhadap kebutuhan Anda. Sampaikan saja apa yang Anda ingin miliki dan Anda butuhkan, tentu dengan penjelasan yang memang bisa diterima. Cari suasana senyaman dan se-kondisional mungkin untuk Anda bekerja.

2. Jangan membawa pikiran negatif saat bekerja

Ini tentu buruk, saat Anda bekerja dan masih memikirkan masalah di rumah atau lingkungan sekitar, maka bisa jadi seharian Anda akan terganggu. Cobalah untuk menghilangkan setiap masalah atau pikiran negatif saat bekerja. Konsisten dan berkomitmen untuk bekerja total saat pagi hari Anda datang. Tumpahkan semua konsentrasi dan fokus Anda pada pekerjaan yang harus Anda selesaikan.

3. Sapa teman – teman Anda

Situasi yang menyenangkan tidak akan bisa terwujud ketika Anda tidak dekat atau akrab dengan teman atau rekan kerja Anda. Sapa mereka dan ajak mereka ngobrol setidaknya 15 menit setiap harinya. Pagi hari sebelum mulai sibuk, saat makan siang atau saat hendak pulang. Pastikan Anda menyapa mereka saat pertama kali datang ke kantor. Suasana akrab seperti ini bukan hanya akan membuat Anda senang, tapi mereka juga begitu.

4. Luangkan waktu untuk berdiri dan berjalan – jalan

Jika Anda lelah duduk dan merasa bosan, cobalah untuk berdiri dan berjalan – jalan. Tidak perlu setiap rasa bosan Anda keluar kantor untuk berjalan – jalan. Anda bisa saja berjalan – jalan di dalam atau sekitar ruangan Anda. Melihat kondisi di sekitar dan kembali menyapa rekan kerja.

5. Milikilah ruang kerja yang nyaman

Ini sangat penting untuk diperhatikan. Hampir 8 – 9 jam kita akan duduk dan menghadap setumpuk pekerjaan, membosankan, melelahkan dan serasa ingin segera pulang. Alasan seperti ini bisa saja ada dari rasa bosan Anda dengan ruangan kerja Anda saat itu. Cobalah untuk membersihkan, merapikan dan menata ruangan kerja Anda. Mulai dari buku, setumpuk kertas, laptop dan segala macamnya. Hias ruangan atau meja kerja Anda sesuai dengan selera Anda.

6. Sampaikan sedikit humor

Jangan terlalu serius dalam bekerja, karena ini juga yang menjadi salah satu alasan banyak karyawan yang merasa lebih cepat stres karena bekerja terlalu serius. Sesekali ajak orang disekitar Anda untuk tertawa, bercanda dan membuat humor yang sedikit meringankan beban Anda dan mereka. Humor sudah bisa dipastikan menjadi salah satu obat penghilang stres, jadi itu bisa Anda lakukan untuk mendapatkan suasana kerja yang menyenangkan.

7. Pujilah satu orang setiap harinya

Rugikah kita ketika memberikan 1 pujian untuk orang lain? Tentu tidak. Maka untuk mencapai keakraban di dalam lingkungan kerja, cobalah untuk memuji 1 orang setiap harinya secara bergantian. Ini akan membuat suasana hati Anda dan mereka menjadi lebih nyaman dan senang. Tapi ingat tetap puji mereka dengan jujur, jangan membohongi mereka hanya karena ingin memuji.

8. Memberikan kesempatan dan apresiasi untuk orang lain

Betapa bahagianya seseorang yang mendapatkan kesempatan, kepercayaan dan penghargaan atas sebuah pekerjaan. Mereka akan sangat bahagia ketika Anda memberikan sebuah kesempatan dan apresiasi di dalam hidup mereka. Ini jugalah yang dapat memicu adanya semangat dalam bekerja dan membuat suasana kerja semakin lebih menyenangkan.

9. Bergabung dalam sebuah tim

Salah satu cara untuk mengakrabkan karyawan adalah dengan membentuk sebuah tim, baik tim kerja ataupun tim lainnya. Buatlah sebuah tim yang dapat memunculkan diskusi atau kekraban dengan sesama karyawan.

10. Lakukan hobi Anda

Ketika Anda merasa pekerjaan sudah selesai dan memiliki banyak waktu luang, Anda bisa menggunakannya untuk melakukan berbagai kegiatan atau hobi yang Anda miliki. Hobi ini tentu akan membuat Anda senang dan semakin bersemangat, bahkan melakukan hobi ini juga bisa menjadi obat penghilang stres Anda.

Baca juga:

5 Tips Memasangkan Kreatifitas dengan Produktifitas dalam Bekerja

3 Cara Menghindari Gangguan Saat Bekerja untuk Menjadi Lebih Produktif

Jaga Kesehatan Anda Saat Bekerja dengan 10 Langkah Ini


  • 1
    Share

3 komentar

  • 3 November 2014 - pukul 12:00

    Supaya semangat bekerja buat saya adalah untuk masa depan anak dan juga untuk membahagiakan istri dan orang tua.

  • 5 November 2014 - pukul 12:13

    nice tips. menjalin hubungan kekerabatan yang baik akan menjadi suasana kerja lebih hangat dan nyaman. :)

  • 20 Maret 2019 - pukul 0:06

    Saya akan coba tips-tipsnya. Karena saya sedang merasakan kegelisahan karena kurang semangat dalam bekerja membangun sebuah bisnis kulit.

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *