Technology

10 Tips Maksimalkan Layanan Cloud Storage Gratis

 

Loading...

Kemarin, kita sudah berbincang mengenai perbedaan layanan penyimpanan gratis berbasis Cloud seperti Google Drive, Dropbox, Microsoft SkyDrive, SugarSync di sini: 10 Layanan Penyimpanan Data Gratis Berbasis Cloud. Maka kali ini, kita akan mencoba mengupas layanan manakah yang paling cocok untuk keperluan anda.

Pertanyaannya adalah: “Adakah satu layanan Cloud yang dapat memenuhi semua keperluan anda?”. Maka jawabannya adalah tidak ada. Setiap layanan Cloud punya kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Beberapa layanan menonjol di bidang streaming lagu, namun kurang memuaskan dalam hal sinkronisasi folder. Atau beberapa lainnya unggul dalam hal sharing foto, namun kurang memuaskan dalam hal pencatatan revisi dokumen. Karena itulah, kali ini kita akan mengkaji keperluan-keperluan Cloud anda untuk menemukan solusi terbaik yang memanfaatkan keunggulan masing-masing layanan Cloud. Nah, berikut di antaranya:

1. Sinkronisasi ‘My Document’ via Dropbox

Bagi pengguna Windows, apabila anda ingin dokumen-dokumen anda bisa dibuka dari manapun, maka Dropbox merupakan solusi Cloud paling tepat. Melalui trik sederhana, anda bisa menjadikan “My Document” lokal tersinkronisasi dengan “My Document” Cloud. Sehingga apapun yang anda simpan ke “My Document” akan langsung tersimpan pula di Cloud. Caranya sederhana sekali. Pertama anda buka Windows Explorer lalu buatlah subfolder baru dengan nama “Documents” pada folder Dropbox (dengan asumsi anda sudah punya akun Dropbox). Berikutnya, buka folder “My Document”, klik kanan, pilih “Properties”. Di sini, pilih tab Location  dan klik button Move... Arahkan ke folder Dropbox\Documents yang tadi telah dibuat. Klik Apply. Ding dong. Sekarang setiap kali anda menyimpan data di “My Document”, data tersebut akan mengarah ke Cloud anda secara otomatis. Gampang kan?

1-dropbox-sinkronisasi

2. Simpan dan putar lagu secara virtual dengan Google Play

Beberapa layanan Cloud seperti Dropbox tidak menawarkan fitur pemutar musik yang lengkap. Maka khusus untuk musik, taruhan terbaik anda adalah menggunakan layanan tersendiri. Banyak sekali layanan Cloud khusus musik yang dapat anda pilih. Amazon misalnya, menghadirkan Cloud Drive yang memungkinkan pengguna Android dan iOS untuk streaming lagu yang sudah disimpan user. Atau Google Play Music (sebelumnya disebut Google Music) yang menawarkan penyimpanan hingga 20,000 lagu dan dapat diputar lewat Android / halaman website Google Play. Atau bagi pengguna iOS, Apple menawarkan layanan iTunes Match yang memungkinkan user untuk mengunggah 25,000 lagu ke dalam iCloud dengan harga $25 pertahun. Atau melalui layanan Ubuntu One dari Canonical yang memasang harga $4 perbulan untuk Cloud storage sekaligus stream online yang telah dilengkapi dengan fitur caching, sehingga seolah anda dapat memutar musik tanpa koneksi internet.

2-google-play

3. Simpan foto dari smartphone ke dalam iCloud

Karena setiap kali kemana-mana anda membawa smartphone, maka di dalamnya pasti penuh dengan jepretan yang tidak ingin anda hilangkan. Anda tidak perlu cemas kapasitas smartphone anda tidak mencukupi, sebab banyak layanan penyimpanan Cloud yang dapat membantu anda. Jika anda pengguna iPhone misalnya, anda dapat menggunakan iCloud untuk backup 1000 foto terakhir anda. Fitur yang sama bisa ditemukan di dalam SkyDrive bagi pengguna Windows Phone. Sedangkan bagi pengguna Android, anda dapat menggunakan fitur Instant Upload yang terdapat pada Google+. Di sini, foto-foto anda akan tetap berstatus privat sampai anda post sendiri.

3-smartphone-storage-cloud

4. Share foto ke jejaring sosial dengan Google Drive

Layanan penyimpanan berbasis Cloud memiliki kemampuan sharing jejaring sosial yang berbeda-beda. Jika anda ingin share foto via Google+, maka Google Drive merupakan pilihan paling pas. Atau melalui layanan Cloud dari Microsoft SkyDrive, anda dapat share foto ke Facebook dan Twitter. Meskipun di sini nantinya rekan anda harus mengunjungi halaman SkyDrive untuk melihat versi penuh dari foto anda. Dropbox juga mengijinkan share foto, namun sampai sekarang fungsi ini kami coba masih belum bisa bekerja dengan baik pada Facebook dan Google+.

4-google-drive

5. Akses PC secara remote dengan SkyDrive

Microsoft SkyDrive menawarkan akses remote ke semua PC Windows. Ketika instalasi SkyDrive pertama kali, anda akan diminta untuk otorisasi akses remote. Setelah klien berhasil diinstal, anda bisa login ke skydrive.com melalui komputer lain. Ada bagian ‘Computers’ di kolom sebelah kiri yang menampilkan semua PC Windows yang terhubung dengan akun SkyDrive anda. Pilih komputer tang ingin anda remote, kemudian anda akan diminta memasukkan 6 digit angka autorisasi yang dikirim melalui email. Setelah anda memasukkan kode autorisasi, sekarang anda bisa akses sistem data PC lain melalui web SkyDrive. Jika menurut anda SkyDrive kurang menarik, SugarSync juga menyediakan kemampuan remote yang sama untuk PC berbasis Windows dan Mac.

5-skydrive

6. Kontrol revisi dokumen pada Dropbox

Sama halnya seperti fitur “kontrol versi” dari Google Doc yang memungkinkan anda untuk melihat recisi-revisi apa yang terjadi pada sebuah dokumen, Dropbox juga memiliki fungsi yang sama. Dropbox menyimpan rekaman dari setiap data yang disimpan di dalamnya hingga 30 hari. Jadi jika misalnya anda menghapus paragraf penting dan ingin mengembalikannya, maka anda bisa recover. Caranya, buka folder Dropbox > pilih data anda > klik kanan > Pilih View Previous Version. Anda akan dibawa ke sebuah halaman yang menampilkan tanggal-tanggal revisi dari dokumen, dan siapa yang merubahnya.

6-dropbox-revision

7. Sinkronisasi jadwal harian (To-Do List) dengan Dropbox

Jika anda menyimpan jadwal harian dalam format plain-text, anda dapat mensinkronisasinya pada semua perangkat (PC, smartphone, tablet, dlsb) dengan layanan penyimpanan Cloud. Anda cukup meletakkan jadwal.txt anda ke dalam Dropbox, Google Drive, dan SkyDrive. Dan anda sudah bisa akses dari manapun selama ada koneksi internet dan text editor. Anda juga dapat menjadikan to-do list anda lebih interaktif dengan app “Todo.txt Touch” untuk Android dan iOS.

7-todo-dropbox

8. Kirim data via email bisa langsung masuk ke Dropbox

Layanan gratis sendtodropbox.com memungkinkan anda untuk menyebar informasi ke publik agar mereka bisa mengirim data yang dapat langsung tersimpan ke dalam Dropbox anda. Layanan ini bisa anda atur untuk membuat folder dan subfolder berdasarkan judul email, alamat email pengirim, atau tanggal dokumen dikirimkan. Anda juga bisa membuat Send To Dropbox agar unzip arsip secara otomatis dan menyertakan kopian dari pesan email terkirim.

9. Mengirim dokumen-dokumen pada website ke Dropbox

Layanan pihak ketiga lainnya dari Dropbox adalah URL Droplet. Di sini, anda bisa mengirim dokumen-dokumen (pdf dan spreadsheet) yang bisa ditemukan pada halaman web agar langsung tersimpan ke Dropbox anda, tanpa perlu download. Anda bisa sign up URL Droplet di sini: http://urldroplet.com/

9-url-droplet

10. Menggabungkan layanan-layanan penyimpanan Cloud dengan Otixo

Jika anda punya sejumlah file yang tersebar pada banyak layanan penyimpanan Cloud, seperti Dropbox, Picasa, SkyDrive, dan SugarSync, maka anda akan membutuhkan Otixo. Melalui layanan ini, anda dapat menghungkan mereka semua, kemudian drag & drop data di antara berbagai layanan penyimpanan Cloud yang anda hubungkan. Tanpa proses download. Layanan Otixo gratis untuk pemakaian bandwidth 250MB perbulan, atau anda bisa membayar $10 untuk mendapatkan akses tanpa batas.

10-otixo

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *