Technology

10 Tips Marketing Toko Online di Instagram

 
  • 2
    Shares

Loading...

Instagram awalnya diciptakan sebagai sosial media untuk upload gambar atau foto dari smartphone pengguna. Sama halnya seperti sosial media lain, fungsinya pun bergeser pula seiring banyaknya bisnis yang menggunakannya untuk keperluan marketing. Tidak jarang kita temui online shop yang menggunakannya sebagai sarana untuk promosi. Sebab pengguna Instagram jumlahnya banyak dan aktif (justru mungkin lebih aktif dibanding Facebook). Nah, bagi Anda yang ingin mulai memanfaatkan Instagram untuk bisnis Anda, berikut kami berikan 10 strategi marketing di Instagram.

1. Unggah foto produk terbaik

Ketika kita menggunakan Instagram di handphone untuk mengambil foto sebuah produk. Tentu saja hasilnya tidak akan sebagus ketika kita mengambil gambar produk dengan menggunakan kamera yang bagus. Sehingga kita perlu selektif memilih gambar terbaik sebelum kita upload ke Instagram.

2. Jangan terlalu banyak effec

Foto yang kita upload tentu saja banyak kekurangannya, sehingga sudah pasti kita akan menggunakan fasilitas edit gambar di Instagram. Namun alangkah baiknya ketika hendak edit foto, kita mempertimbangkan pula kondisi barang yang akan kita jual. Agar transaksi yang goal dari Instagram tidak mengecewakan customer, karena barang yang mereka dapatkan tidak sesuai dengan fotonya.

3. Follow sebanyak-banyaknya

Banyak orang yang enggan untuk memfollow lebih dulu. Namun ketika kita bicara tentang bisnis pada umumnya, jangan pernah sungkan. Anda dapat berinisiatif untuk follow calon pelanggan terlebih dahulu. Sehingga mereka bisa mencari tahu siapa kita dari foto-foto milik kita ketika kita memfollow mereka.

4. Gunakan nama akun yang mudah diingat

Ketika Anda memilih nama akun untuk berbisnis melalui sosial media seperti Instagram, maka Anda perlu memperhatikan pemilihan nama akun Anda. Karena bagaimanapun, nama yang mudah diingat dan menarik adalah nama yang akan dicari calon pembeli ketika mereka tertarik dengan produk kita.

5. Tunjukkan bagaimana cara pembuatan

Apabila barang yang kita jual berupa makanan atau minuman. Kita juga bisa mengupload gambar proses pembuatannya. Atau video (Instagram telah mendukung upload video). Tidak perlu semuanya, namun hanya proses intinya saja. Sehingga para pembeli tidak penasaran dengan asal – usul barang yang ingin kita jual. Kita juga bisa menunjukkan gambar dari proses perencanaan hingga pengiriman.

6. Tunjukkan kegunaan produk

Apa yang pembeli inginkan adalah apa yang mereka butuhkan. Sehingga produk yang ingin mereka beli adalah produk yang mereka butuhkan. Sehingga sangat perlu kita menunjukkan gambar dari kegunaan produk tersebut. Hal ini tentu saja sangat berguna bagi pembeli yang tidak tahu produk apa yang kita jual. Seperti make-up, tentu saja para konsumen memerlukan bukti atau sekedar demo bagaimana produk tersebut digunakan.

7. Tunjukkan foto toko offline Anda

Apabila Anda memiliki toko online yang sekaligus toko offline, Anda juga perlu menunjukkan kepada pelanggan tentang bagaimana toko Anda. Tidak perlu gambar keseluruhan bagian dari toko Anda. Hanya seperti nampak toko bagian depan, dan jika ada, nama jalan yang akan menunjukkan konsumen ke toko offline Anda. Sehingga apabila konsumen ingin berkunjung langsung, mereka mudah mengenali gambar toko anda. Hal ini cocok untuk usaha seperti usaha kuliner.

8. Berbagi foto Behind the scene

Iklan merupakan suatu hal yang penting bagi usaha. Ketika kita membuat iklan meskipun tidak berskala besar. Namun perlu rasanya kita menunjukkan juga bagaimana proses iklan tersebut dibuat. Berikan followers atau pelanggan Anda kesan seolah olah mereka memiliki akses backstage dari pembuatan iklan Anda.

9. Tunjukkan foto event

Ketika kita memilih untuk membuka bisnis, tentu saja kita akan mencari tahu event apa yang sedang atau ingin diadakan yang berkaitan dengan bisnis. Dan kita juga perlu untuk sedikit berbagi kepada para pelanggan tentang event yang sedang kita ikuti. Hal ini dimaksudkan untuk bisa mengenalkan apa saja kegiatan kita selain berjualan.

10. Berikan sedikit hiburan

Perlu kita ketahui, jika tujuan dari instagram didirikan adalah agar setiap orang berbagi foto ataupun video. Agar tidak terlalu monoton. Kita juga bisa memberikan sedikit hiburan, seperti memberikan foto lucu, atau video lucu. Namun tidak mengurangi kapasitas foto produk yang ingin kita jual. Dan bagi para followers juga tidak akan menolak jika kita mengunggah foto – foto lucu.

Selamat mencoba ;-)

Baca juga:

Loading...

  • 2
    Shares

10 komentar

  • 18 November 2013 - pukul 20:36

    instagram merupakan sarana bisnis online yang tertarget pengunjungnya

  • 3 Januari 2014 - pukul 18:01

    Klo menurut saya instagram atau situs-situs foto storage lainnya baiknya digunakan untuk mempertahankan konsumen yang sudah ada, klo untuk menjaring konsumen baru baiknya menggunakan blog atau website seperti Bhinneka Post miliknya Bhinneka.com

    • Administrator
      3 Januari 2014 - pukul 18:05

      Selamat malam Pak :)
      Pendapat Bapak Bambang memang tidak salah. Semua ini tergantung dari kita sendiri ingin menggunakan media sosial yang mana untuk pemasaran usaha atau bisnis. :)

  • 11 Februari 2014 - pukul 10:11

    Terima Kasih , saya sangat terbantu dengan adanya artikel ini. Segera saya praktekkan dan bagikan tips ini untuk yg lain….

    • Administrator
      11 Februari 2014 - pukul 10:14

      Terima kasih kembali ;-) Semoga bermanfaat

  • 14 Juni 2017 - pukul 8:08

    Artikelnya sangat menarik, bermanfaat dan mudah di pahami. Terimakasih infonya :)

  • 15 September 2017 - pukul 9:51

    Artikelnya bagus

  • 15 September 2017 - pukul 11:18

    makasih admin artikelnya sangat membantu sekali
    semoga di bulan ini omset saya naik

  • 14 Maret 2018 - pukul 3:20

    keren ane juga ambil online smartwatch gan. makasih infonya

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *