Start A Business

10 Tips Memulai Bisnis dari Sebuah Hobi

 
  • 6
    Shares

   

Berbisnis dengan hobi? Siapa bilang tidak bisa. Saat ini tanpa kita sadari banyak bisnis yang muncul dan itu ternyata merupakan penciptaan dari hobi sang pemiliknya. Ini membuktikan hobi bukan hanya sekedar apa yang kita lakukan dan sia – sia. Hobi yang kita tekuni dengan serius ternyata bisa menjadi peluang bisnis yang menghasilkan bagi kita. Tidak banyak dari mereka yang mampu memanfaatkan hobinya untuk menjadi sebuah bisnis. Tapi ternyata banyak yang membuktikannya bahwa hal tersebut bisa dilakukan. Lalu apa yang harus kita lakukan agar hobi kita bisa menjadi sebuah bisnis?

1. Ketahuilah hobi Anda

Untuk memulai berbisnis dengan bermodalkan pengetahuan dan pengalaman adalah hal yang biasa, yang sedikit berbeda adalah ketika Anda berniat membuka usaha dari hobi Anda. Memiliki sebuah hobi yang selalu Anda lakukan dan Anda nyaman melakukannya adalah kesenangan tersendiri. Ini banyak dilihat oleh beberapa orang sebagai sebuah peluang usaha. Sebelumnya Anda harus tahu dan paham apa hobi Anda, dan apa yang membuat Anda senang melakukannya. Memiliki banyak hobi memang wajar, tetapi ada baiknya ketahuilah satu yang paling dominan. Ini akan membuat Anda lebih mudah dalam menjalaninya.

2. Tekuni apa yang Anda sukai

Memiliki banyak hobi memang cukup menyenangkan, tapi ketika Anda menekuni semuanya, ini akan menjadi sedikit lebih berat. Cobalah untuk menekuni satu hobi Anda, dan konsen dalam mengembangkan potensi yang ada didalamnya menjadi sebuah bisnis. Biasanya anak muda lebih memiliki semangat dan keinginan untuk bisa melakukan banyak hal di dalam hidupnya. Tapi jika tidak memilih dan menekuni salah satunya, itu akan merepotkan. Pastikan hobi yang Anda tekuni bisa menjadi sebuah peluang usaha.

3. Melihat pasar

Hobi boleh saja Anda kembangkan sampai sehebat apapun itu, tetapi untuk menjadi sebuah peluang bisnis yang sukses, Anda juga harus mampu melihat pasar yang ingin Anda tuju. Tentukan pasar apa, mana dan bagaimana yang cocok untuk Anda jadikan peluang bisnis dari hobi Anda. Jika Anda hanya melakukan apa yang Anda senangi, tanpa peduli terhadap apa yang Anda tuju, maka bisnis itu tidak akan berhasil.

4. Lebih peka terhadap peluang yang ada

Nah ini dia, hobi yang Anda miliki bisa saja lebih dari satu, tetapi peluang bisnis yang sesuai dengan hobi Anda bisa saja hanya ada satu dari sepuluh peluang bisnis yang datang. Kejelian dan kepekaan Anda melihat peluang yang datang haruslah terus diasah. Anda harus melihat setiap peluang yang datang dengan bijak. Jika Anda ingin berbisnis yang sesuai dengan hobi Anda, maka konsentrasilah dan terus kerja keras untuk mencapai peluang itu. Namun jika tidak, Anda bisa saja mengambil setiap kesempatan dan peluang yang datang untuk Anda jadikan bisnis. Dan keahlian ini bukan tidak mungkin hanya bisa dimiliki oleh beberapa orang saja. Namun jika Anda yakin bisa dan tekun berusaha, maka Andapun bisa mendapatkannya.

5. Jangan terlalu menggebu

Anak muda biasanya memiliki jiwa yang terus menggebu dan ingin sukses dengan cara yang mudah dan cepat, tapi jika Anda ingin sukses berbisnis dengan mengikuti hobi, janganlah terlalu menggebu. Cobalah perlahan ikuti alur dan terus asah kemampuan Anda melalui hobi Anda. Sukses berbisnis tidak bisa didapatkan dengan mudah. Begitupun yang sering dikatakan oleh banyak enterpreneur di luar sana. Maka tekuni dan asah hobi Anda secara perlahan namun pasti.

6. Kenali plus minusnya

Jika Anda serius ingin memulai bisnis dari hobi yang Anda miliki, maka cobalah kenali terlebih dahulu plus minus dari hobi Anda. Plus dari hobi yang Anda lakukan haruslah memiliki lebih banyak porsi dari minusnya. Dan ingat, jangan biarkan Anda terlena dengan hobi Anda dan meluapakan tujuan awal Anda untuk mendapatkan keuntungan berbisnis dari hobi tersebut. Analisa apa yang membuat Anda berkembang dan terhambat dengan hobi tersebut.

7. Berani

Tidak jarang untuk enterpreneur muda, sulit melangkah karena mereka ragu dan takut gagal saat mendirikan bisnis yang dimulai dari hobi mereka. Ini salah, seorang enterpreneur harus memiliki sikap berani. Entah mereka yang sudah berpengalaman atau bahkan anak muda yang baru ingin memulai berbisnis. Berani mengambil kesempatan, berani melangkah, berani menyampaikan ide, dan berani gagal adalah sikap yang harus dimiliki oleh setiap enterpreneur.

8. Ikuti komunitas

Sebuah hobi apapun itu biasanya memiliki perkumpulan atau komunitas tertentu, baik di sosial media ataupun secara perkumpulan biasa. Komunitas hobi memiliki peran yang penting bagi Anda, dari mana dia menjadi penting? Di dalam komunitas hobi yang Anda ikuti, Anda tentu akan bertemu dengan banyak orang yang memiliki hobi yang sama, mulai dari yang baru sampai yang paling ahli. Dari sini Anda bisa mulai menggali ilmu dan mencari pengalaman untuk mengembangkan bisnis Anda. Anda juga bisa ikut komunitas bisnis, agar mendapatkan ilmu bisnis dari mereka yang lebih dulu sudah berpengalaman. Anda juga bisa mencari dan menambah relasi untuk perkembangan bisnis Anda. Jika keduanya sudah Anda miliki, yakinlah dengan mudah Anda akan meraih sukses yang diimpikan.

9. Perencanaan yang matang

Berbisnis bukan hanya masalah Anda menciptakan, menjual dan mendapatkan keuntungan. Terlihat mudah memang, terlebih ketika Anda melakukan bisnis yang berasal dari hobi yang Anda tekuni. Tapi bagaimanapun sebuah bisnis harus memiliki perencanaan yang matang. Tidak harus rumit, tapi harus jelas dan mudah untuk dilakukan. Jika Anda bekerjasama dengan beberapa orang dalam menjalankan bisnis ini, cobalah untuk membentuk management yang jelas dan pasti. Dan segera buat perencanaan untuk bisnis Anda, dan setelah itu LAKUKANLAH!

10. Konsistensi

Setiap orang bisa saja memiliki hobi lebih dari satu, dan mungkin juga mereka bisa melakukan semuanya dengan baik. Tapi apa mudah ketika harus berbisnis dengan banyak hobi yang Anda tekuni. Ketika Anda memutuskan untuk berbisnis dengan 1 hobi yang Anda tekuni, cobalah untuk konsisten dengan apa yang Anda pilih dan Anda lakukan. Fokuslah mengembangkan bisnis tersebut. Jangan biarkan diri Anda tergoda untuk memasukkan atau tergoda untuk melakukan hobi lainnya dalam satu bisnis yang merupakan bisnis dari hobi awal Anda. Konsistensi akan sangat Anda butuhkan, terlebih saat bisnsi mulai berjalan dan banyak pelanggan yang menyukai bisnis Anda ini.

Nah, untuk Anda yang ingin sukses membangun bisnis, Anda bisa belajar dari pakarnya. Dengan mengikuti seminar Diskusitokoonline #5 Anda akan mendapatkan banyak ilmu, pengetahuan serta relasi yang bisa membantu Anda sukses membangun bisnis di usia Anda yang masih muda ini. Di seminar kali ini, Anda bisa mendapatkan ilmu seputar strategi marketing yang bisa diterapkan ketika Anda masih awam dalam bisnis dan juga media online. Anda pun akan diberi banyak keuntungan ketika mengikuti seminar ini.

1

Anda bisa melihat informasi selengkapnya di halaman berikut ini. Anda harus segera mendaftar, sebab kursi yang tersedia sangatlah terbatas.  :)

           
  • 6
    Shares

Artikel Terkait

1 komentar

  • 5 November 2015 - pukul 14:27

    Menjalankan bisnis dari hobi itu kita bisa lebih bergairah dalam menjalankan nya.Sehingga kesempatan sukses itu akan lebih cepat diraih
    …,Menurut saya itulah bagian yang menyenangkan dari bisnis berdasarkan hobi.

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *