Leadership

10 Tips Meraih Kepercayaan Dari Team Anda

 
  • 18
    Shares

   

Pemilik bisnis, anda pasti setuju jika bisnis tidak akan berjalan tanpa kehadiran team yang solid. Team membutuhkan pemimpin yang ajeg agar mereka mampu berjalan searah dengan visi perusahaan. Makanya, Anda harus menjadi sosok yang dapat dipercaya serta diandalkan dalam menjalankan roda kehidupan perusahaan. Berikut tips untuk mendapatkan rasa kepercayaan dari team Anda:

Jadilah Contoh

Ada pepatah mengatakan “Team Anda adalah cerminan diri Anda”. Jika Anda mengharapkan team yang sesuai dengan harapan Anda, maka Anda harus bertindak lebih dulu. Ada salah satu rekan saya yang berkomitmen untuk selalu hadir sebelum jam 9 pagi di kantornya, karena hal itu pula yang ia harapkan pada teamnya.

Karismatik

Pemimpin karismatik adalah pemimpin yang mewujudkan atmosfir motivasi sehingga menciptakan budaya kerja yang positif. Selain itu pemimpin yang berkarisma juga mampu menggerakkan, mempengaruhi, dan berdiplomasi dengan karyawannya ke arah yang positif. Anda pun bisa mengasah potensi ini. Latihannya bisa anda mulai sekarang juga dengan banyak jam terbang untuk memotivasi karyawan anda.

Tanamkan Rasa Memiliki

Rasa kepemilikan terhadap bisnis akan memunculkan naluri seseorang untuk menjaga & merawat bisnis Anda. Maka ajaklah team Anda untuk merasa memiliki bisnis Anda. Jadikan bisnis Anda sebagai bisnis Mereka. Dengan demikian, mereka akan merasa penting sehingga dalam hal apapun mereka dengan suka cita akan melibatkan dirinya.

Kembangkan Potensi dan Passion

Pekerjaan yang sesuai dengan potensi dan passion adalah impian semua karyawan. Mereka pasti sangat mendambakan bekerja pada posisi yang sesuai bidangnya. Namun tidak jarang salah satu dari team kita tidak mendapatnya. Maka hal terbaik yang dapat kita lakukan adalah memfasilitasi untuk mengembangkan apa yang jadi potensinya. Bantu mereka untuk mencapai potensi penuh mereka sehingga akan nampak kinerja terbaik mereka. Selain berdampak di sisi kinerja, secara emosional rasa nyaman mereka akan tumbuh disini.

Terapkan Culture

Budaya perusahaan sudah seharusnya melekat di setiap habit team. Untuk membuatnya melekat, ajaklah team Anda untuk merumuskan nilai-nilai budaya yang di terapkan di perusahaan Anda. Bila ada pelanggaran tentunya mereka dapat lebih mudah menyadari dan mengoreksi apa kesalahannya.

Dapat Diandalkan

Dapat diandalkan bukan berarti Anda selalu duduk di kursi Anda sepanjang hari dan siap menerima keluhan. Dapat diandalkan lebih bersifat komitmen untuk memberikan jaminan kenyaman kepada team kita dalam hal apapun.

Melibatkan

Siapa yang tidak senang jika dilibatkan dalam moment2 yang penting. Salah satu cara untuk membuat loyalitas karyawan Anda makin besar pada Anda adalah dengan mengajak mereka terlibat dalam aktivitas penting di perusahaan, semisal dalam penentuan peraturan perusahaan.

Membagikan ide

Ide, visi, misi harus Anda bagi ke karyawan Anda. Dengan begitu, karyawan akan merasa bahwa perusahaan yang Anda pimpin memiliki mimpi, visi dan misi yang tentu juga akan membawa masa depan karyawan Anda. Dan akan sangat ampuh juga jika Anda mengajak karyawan untuk bertukar pikiran mengenai ide yang Anda miliki.

Melayani

Pemimpin juga harus dapat melayani karyawannya. Hal yang paling mudah, kita dapat menjadi pendengar yang baik untuk mereka. Dengan begitu, anda akan mendorong karyawan untuk menyuarakan pendapat. Salah satu typical pemimpin yang dicintai karyawannya adalah yang dapat menciptakan suasana yang ramah dan akrab. Maka, buat karyawan anda merasa nyaman untuk berterus terang dan berbagi pandangan.

Mengukur dan menghargai kinerja

Apa jadinya jika kita mengerjakan sesuatu namun tidak ada koreksi benar atau salahnya? pasti kita akan cenderung mengerjakan sesuatu asal selesai saja bukan? Inilah yang biasanya luput dilakukan oleh pimpinan. Padahal justru hal ini yang bisa menjadi tolak ukur mereka agar bisa bekerja fokus dan tetap berjalan sesuai jalur. Siapkan waktu untuk mereview pekerjaan mereka. Dengan begitu, mereka akan merasa kinerjanya selama ini telah dihargai.

Jadi?

Di kota Anda, saat ini mungkin sedang banyak menjamur becak gowes? Biasanya para remaja dan anak-anak memanfaatkan waktu luang mereka untuk bersepeda keliling kota dengan becak gowes dan tak jarang pula menimbulkan kemacetan.  Terlepas dari kemacetan yang ditimbulkannya, sebenarnya ada nilai menarik dari becak gowes yang mungkin terlewat kita sadari yaitu kerjasama, kepercayaan dan kebersamaan. Becak gowes bisa jalan ajeg karena kerjasama seluruh penumpangnya yang bersama-sama mengayuh sepeda. Arah jalannya becak gowes juga tergantung dari sopir di bagian depan yang memegang kendali. Adanya keterkaitan kayuhan dan kendali sepeda ini membuat kebersamaan penumpang becak gowes membentuk canda dan tawa. Betapa baiknya jika analogi seperti ini juga terjadi di dalam perusahaan atau bisnis kita.

           

  • 18
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *