Running A Business

10 Tips Sukses Buat Kamu yang Terfikir Ingin Menyerah Berbisnis Online

 
  • 189
    Shares

   

Ada kalanya sebagai pebisnis kita stuck dan bingung harus melakukan apa. Bingung ini yang tidak jarang membuat banyak pebisnis akhirnya memilih untuk menyerah dan berhenti untuk tidak kembali berbisnis.

Mereka yang merasa gagal hingga putus asa, lebih mudah untuk dijatuhkan lagi oleh pengaruh orang – orang sekitar. Tapi sebagai pebisnis tentu kita harus memiliki sikap, nyali dan juga keinginan yang jauh lebih besar untuk sukses.

Bahkan saat hendak menyerah, kita perlu untuk kembali mengingat betapa sulitnya kita memulai dan mempertahankan yang ada saat ini. Dan berikut ini ada beberapa tips dari pemilik bisnis online di Indonesia yang bisa dijalankan oleh para pebisnis online.

1. Untuk bisnis online, perhatikan bahwa website dan foto produk kamu harus menjual. Ciptakan brand lewat logo dan website

Ya yang namanya bisnis online itu artinya kita membuka toko di internet. Entah itu di sosial media ataupun di website toko online khusus. Untuk memiliki bisnis online yang profesional dan disenangi oleh semua pengguna internet, website yang kita miliki harus menarik. Bukan hanya menarik, tapi dari segi logo, warna, jenis font dan konten juga harus sesuai dengan produk atau bisnis yang kamu punya.

Selain itu foto produk kamu harus jelas dan menarik. Pastikan jika foto produk adalah hasil jepretan sendiri adalah yang terbaik. Jangan lakukan editing yang terlalu berlebihan, karena akan mengurangi nilai dari produk asli kamu.

Seperti yang dilakukan oleh Andriyanto, owner GPDistro.com. Selain butuh kerja keras dan kesabaran, bisnis online itu butuh kreativitas yang tinggi. Kreativitas ini bisa dibuktikan dari desain website dan foto produk terbaik yang beliau miliki.

2. Jangan puas dengan yang bisa kamu lakukan sekarang, hauslah akan ide baru dan inovasi produk terbaru

Bukan cuma dari sisi website yang harus dikelola dengan sangat baik. Tapi juga dari segi ide atau inovasi terbaru untuk produk dan layanan bisnis online kamu. Bagi seorang Sani Halim Pranoto memiliki inovasi dan ide baru untuk produk terbaru di sebuah bisnis harus terus ada.

Baginya “I haven’t failed, i have just found 10.000 ways that wont work” Sebagai pemilik bisnis online kita juga harus sering – sering memberikan update seputar bisnis online kita dan dunia bisnis online pada umumnya.

3. Ingat! Bisnis itu bukan hanya kamu dan pembeli saja, untuk itu jalinlah hubungan sebanyak dan sebaik mungkin

Jika kamu berfikir bahwa bisnis itu hanya ada kamu dan pembeli, cobalah kembali berfikir. Karena saat kamu berjualan ada banyak pihak yang membantu. Mulai dari media online, partner atau rekan bisnis kamu hingga investor kamu. Jalinlah hubungan yang baik dengan mereka. Berkat mereka semua bisnis kamu bisa berjalan dengan sangat baik.

Menurut Viliyanti Efendi, “Jalin kerjasama dengan berbagai pihak, baik media hingga customer” Itulah yang dilakukan oleh owner Deux.id ini untuk mengembangkan bisnis online yang ia miliki. Selain itu Agil Asrofi, owner Jual-kacamata.com mengatakan bahwa menjaga hubungan baik dengan customer sangatlah penting.

4. Berikanlah perlakuan yang sesuai dengan semua pelanggan atau customer kamu

Sebagai pemilik bisnis kita tentu memiliki customer atau pelanggan yang berbeda – beda. Bagaimana bisnis online bisa tahu hal itu? Jelas bisa. Karena ada banyak media online yang bisa digunakan customer atau pelanggan untuk menyapa kita. Telepon, SMS dan media chating atau email adalah jalan kita untuk tahu apa yang mereka butuhkan, inginkan dan juga mengetahui bagaimana pelanggan kita.ari situlah kita bisa mencari tahu bagaimana memperlakukan pelanggan atau customer yang berbeda – beda.

5. Gunakan sosial media untuk menjaring pelanggan dan koneksi bisnis lebih banyak

Bisnis online apapun pasti menggunakan sosial media. Sosial media digunakan bukan hanya untuk media promosi, tapi juga untuk menjaring pelanggan dan koneksi yang lebih banyak lagi. Bagi pemilik Aurabatik.com, sosial media digunakan untuk menjaring pelanggan dan juga massa yang akan mendukung perkembangan bisnis online kamu saat ini. Selain itu menurut Yodie Oktav, mengikuti perkembangan teknologi dan sosial media untuk mengembangkan bisnis memang harus dilakukan.

6. Jangan pernah lewatkan waktu untuk mengikuti bazar atau pameran

Bisnis online bukan berarti kamu tidak bisa menjalankan usaha secara online. Kalau kamu terbatas dengan biaya membuka toko pribadi, kamu bisa memamerkan produk kamu di acara pameran atau bazar yang sering diadakan oleh beberapa pihak. Dalam bazar ini, kamu memiliki kesempatan untuk menunjukkan seperti apa produk yang kamu jual. Dan menawarkan dengan mudah kepada pelanggan yang mungkin selama ini ingin sekali bertemu langsung dengan pemilik bisnisnya. Hal ini sangat sesuai dengan yang dilakukan oleh Gunadi Sinatrio pemilik Batikbolags.com, baginya pemilik bisnis online tidak boleh melewatkan kesempatan untuk mengikuti acara bazar atau pameran untuk menunjukkan dan menjual produk online kamu.

7. Teknologi terus berkembang, jangan sampai kamu ketinggalan untuk update dan mengembangkan bisnis onlinemu

Kamu yang berkecimpung di dunia online, tentu harus selalu tahu dan update tentang perkembangan teknologi terbaru. Entah dari segi website, SEO di search engine, hingga media promosi dan website versi mobile. Karena ketika teknologi terus berkembang dan kamu masih menggunakan teknologi yang lama, bisa jadi bisnis online kamu tidak akan mudah untuk ditemukan oleh netizen.

8. FOKUS! Kunci utama agar bisnis online kamu tetap berjalan dan tidak diam ditempat

Bisa jadi saat kamu sudah benar – benar ingin menjalankan bisnis, kamu harus FOKUS pada bisnis online kamu. Lakukan semua strategi bisnis online yang kamu dapatkan dari buku, pembicara di seminar ataupun dari pengalaman orang lain. Beberapa orang pemilik bisnis online memilih fokus menjalankannya dengan cara resign dari pekerjaan terdahulu. Tapi ini adalah pilihan dan tidak semua orang yang ingin sukses berbisnis online harus melakukan ini.

9. Selain fokus, bisnis apapun itu harus JUJUR. Jika tidak ingin mendapat rugi jangan merugikan siapapun

Fokus saja tidak cukup. Bisnis online itu harus JUJUR. Sebenarnya bisnis apapun harus memiliki sikap jujur baik dari segi pemilik ataupun penjualnya. Apalagi produk yang dijual tidak bisa dilihat secara langsung oleh calon pembeli. Selama ini pembeli harus benar – benar teliti saat hendak memesan dan membayar barang yang dipesannya. Dan penjual harus menjual produk sesuai dengan foto yang ia pajang di website ataupun sosial media. Inilah kunci kesuksesan dari seorang Sujana dalam mengembangkan toko online kaosanakmuslim.com. Melalui prinsip kejujuran, ia menjalankan bisnis online ini hingga hampir 2 tahun ini.

10. Dan yang terakhir adalah bersedia menerima kritik, saran dan nasehat dari siapapun juga. Bisnis itu bukan untuk diri kita sendiri, tapi untuk orang banyak

Jangan egois! Itulah yang diharapkan bisa kita lakukan saat kita mulai mengerjakan bisnis. Kenapa? Karena bisnis itu bukan hanya tentang kita, produk kita dan apa yang kita dapatkan. Tapi bisnis itu tentang kita, pembeli, dan solusi yang bisa kita berikan untuk masalah orang lain atau pelanggan kita. Kita harus mau menerima kritik, saran dan nasehat dari siapapun juga. Jangan batasi kritik dan saran yang akan kamu seleksi untuk membantu mengembangkan bisnis online kamu, termasuk pelanggan. Bagi Edi Saktia owner dari Souvenirmurahsurabaya.com, pemilik bisnis online itu harus “bersedia menerima kritikan & nasehat dari orang lain”. Dari merekalah kita akan tahu apa yang mereka butuhkan ataupun inginkan. Dan saat bisnis online kita bisa memenuhinya, kita bisa membuat mereka bertahan lebih lama lagi bersama kita.

Nah, dari sini apa kamu masih ragu dan mau menyerah untuk menjalankan bisnis online? Jangan menyerah! :)

Baca juga:

Inilah Pasar Bisnis Online yang Harus Kamu Coba!

Gali Ide Bisnis Online dari 5 Hal Sederhana di Sekitarmu

Semua Pebisnis Online Sukses ini Juga Hampir Menyerah loh! Tenang Kamu Gak Sendiri


  • 189
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *