Leadership

10 Tips untuk Anda yang Sering Travelling dan Bekerja secara Bersamaan

 

Loading...

Bekerja memang tidak harus selalu di belakang meja, di dalam ruangan dan selalu berkutat di dalam kantor. Terkadang kita akan melakukan perjalanan bisnis, baik untuk menghadiri rapat, bertemu klien, atau hanya sekedar menghadiri seminar. Itu sebabnya untuk tetap menjadi produktif, perlu banyak persiapan yang dilakukan. Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk kita yang sering melakukan perjalanan bisnis?

1. Membuat to do list selama perjalanan

Yang jelas kita harus tahu apa yang akan kita lakukan disana. Apa saja yang harus dilakukan, diselesaikan dan apa saja yang bisa kita dapatkan. Membuat to do list adalah salah satu cara agar kita bisa teratur menggunakan waktu selama perjalanan dan waktu untuk bekerja.

Buat to do list atau jadwal selama di perjalanan, selama bekerja dan waktu untuk bersantai. Jangan sepelekan waktu ketika kita bekerja di luar kantor. Bisa jadi itu jauh lebih sulit karena terasa lebih bebas dan tidak terkekang aturan kantor. Tapi tugas tetap harus terselesaikan bukan?

2. Jangan pernah lupakan barang bawaan sekalipun terlihat sepele

Jika memang perjalanan bisnis hanya sebatas antar kota yang berjarak 1 – 2 jam dari kota asal tentu saja tidak menjadi masalah, tapi bagaimana dengan jarak yang cukup jauh? Ketelitian membawa dan menyimpan barang bawaan perlu untuk diperhatikan.

Tetap tulis semua barang bawaan dalam daftar dan selalu cek barang bawaan sekecil apapun itu sebelum meninggalkan hotel atau tempat kita menginap. Ada kalanya barang kecil seperti charger laptop dan handphone tertinggal, dan alat mandipun juga sering tertinggal.

3. Bawa barang sekali pakai untuk menghemat ruang

Untuk lebih efisien dalam membawa tas dalam perjalanan, ada baiknya kita juga menghemat barang bawaan. Kita bisa memilih untuk membawa barang sekali pakai untuk menghemat ruang di dalam tas. Seperti alat mandi sekali pakai. Lebih efisien dan juga lebih hemat. Sesuaikan dengan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk perjalanan.

4. Jangan lupa untuk membawa pakaian khusus untuk jalan – jalan

Sekalipun waktu untuk menyelesaikan tugas sangatlah terbatas, kita juga bisa menggunakan waktu yang tersisa untuk jalan – jalan. Untuk itu jangan lupa untuk membawa pakaian bebas atau pakaian yang khusus untuk jalan – jalan.

5. Perjalanan bisnis tidak melarang kita untuk membawa tas ransel, jadi bawa saja

Perjalanan bisnis memang terkadang tetap harus formal, tapi itu bukan berarti kita tidak boleh membawa tas ransel untuk barang – barang kita. Tas ransel tetap akan dibutuhkan untuk perjalanan jauh. Jadi apapun tujuan perjalannya, tas ransel masih cocok untuk dibawa dalam perjalanan.

6. Efisien dalam membawa barang di dalam tas

Efisien membawa barang di dalam tas bertujuan agar kita tidak overload dalam membawa tas ke dalam bagasi kendaraan, seperti pesawat. Jadi tetap periksa kembali kebutuhan dan barang bawaan yang sesuai tapi tetap efisien.

7. Tetap waspada dimanapun dan kapanpun

Perjalanan bisnis mengharuskan kita masuk dan mengenal lingkungan yang baru. Bahkan belum benar – benar kita tahu. Itu sebabnya kita harus serba hati – hati terhadap diri sendiri dan barang bawaan yang kita punya. Hindari meletakkan sembarangan tas dan barang berharga lainnya di tempat umum. Waspada juga terhadap penggunaan hotspot umum dan komputer umum.

8. Jangan lupa untuk produktif selama perjalanan bisnis

Perjalanan bisnis bukan hanya mengharuskan kita menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan tepat waktu. Itu sebabnya kita harus ekstra produktif. Memanfaatkan waktu dengan baik dan maksimal. Gunakan waktu luang untuk mempelajari tempat baru di sana. Mengunjungi lokasi baru dan mengakrabkan diri dengan orang sekitar. Tujuannya supaya kita mudah untuk meminta bantuan suatu saat nanti.

9. Perhatikan layanan data ponsel kita

Ini juga penting, karena ketika kita bekerja di daerah yang berbeda, belum tentu ponsel kita memberikan dukungan yang baik. Layanan data dan roaming juga harus selalu dipastikan aktif. Pelajari atau segera cari tahu bagaimana cara untuk mengatur kebutuhan tersebut.

10. Jangan takut untuk menjelajah dan berkelana selagi kita bekerja

Bekerja di luar kota atau luar negeri merupakan suatu tantangan. Jangan takut ketika harus menerima tugas di tempat yang baru. Beranilah untuk menerima tantangan ini, karena dari sini kita bisa menjelajah tempat baru, mengenal lingkungan baru dan mendapatkan pengalaman seru yang baru.

Baca juga:

Dari Mana Saja Sih Inspirasi Bisnis itu Muncul?

Temukan Pasangan Hidup yang Ideal untuk Bisnis Onlinemu

Bisnis Online itu Mudah untuk Siapapun

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *