Technology

10 Aplikasi Messenger Paling Diminati

 
  • 2
    Shares

Bagi pengguna smartphone tentu saja tidak asing untuk menggunakan aplikasi messenger. Bagaimana tidak, smartphone sendiri sudah terintegrasi dengan internet, dan tentu saja penggunaan aplikasi messenger lebih menguntungkan karena tidak memerlukan biaya lagi selain biaya internet itu sendiri. Berbagai macam aplikasi messenger sudah diluncurkan dan terbukti sebagai aplikasi paling diminati pengguna smartphone. Di tahun 2013 sendiri, Cina mengakumulasi pengguna aplikasi messenger mencapai 1,48 milliar. Penguasa penggunaan Aplikasi messenger sendiri berada di bawah usia 25 tahun. Diperkirakan bahwa operator seluler telah kehilangan sebesar $23 Miliar. pada tahun 2012 hanya karena para remaja sudah berkurang untuk mengirim pesan melalui sms dan lebih suka berkomunikasi dengan teman-teman mereka menggunakan aplikasi messenger yang disediakan gratis.

Berikut ini 10 Aplikasi Messager yang bersinar di Tahun 2013 :

1. WeChat

Siapa yang tidak mengetahui WeChat?. Aplikasi Smartphone yang dikembangkan oleh Tencent di China dan sudah tersebar ke lebih dari 200 negara di seluruh dunia ini memberikan layanan yang dirasa lengkap, karena bukan hanya mampu mengirim pesan berupa text, namun juga suara dan video. Aplikasi ini dapat digunakan pada beberapa OS, seperti Android, iPhone, Blackberry, Windows Phone dan platform Symbian.

Setelah dilakukan survey, sebanyak 600 juta telah melakukan registrasi sebagai user WeChat, tetapi yang aktif hanya sekitar 100 Juta setiap harinya. Dalam 3 bulan ini sudah mampu mendapatkan pengguna sebanyak 2 kali lipat.

Fitur yang disediakan meliputi chat (text, voice), photo, location, personal card sending, web chat, group chat, look around, QR Code, Facebook Connect, My bank Card, Shake Timeline, Drift Bottle, dan masih banyak lagi.

2. WhatsApp

Aplikasi Messenger yang hampir serupa dengan Blackberry Messenger ini merupakan aplikasi pesan text yang paling banyak digunakan oleh pengguna smartphone. Selain keberadaannya yang sudah lama untuk pengguna smartphone, Whatsapp sendiri. Aplikasi WhatsApp Messenger menggunakan koneksi 3G atau WiFi untuk komunikasi data. Dengan menggunakan WhatsApp, kita dapat melakukan obrolan online, berbagi file, bertukar foto dan lain-lain.

Sebanyak 590 pengguna sudah memiliki akun di whatsapp, 350 user aktif setiap bulannya. Aplikasi Whatsapp sendiri merupakan aplikasi paling populer dan terbesar di Brazil, Afrika Selatan dan tentu saja Indonesia. Sebanyak 10 Millyar pesan terkirim setiap harinya. Whatsapp sendiri sudah aktif di 100 negara di seluruh dunia. Lebih dari 20 juta user aktif di negara Jerman, Mexico, India dan Spanyol. Fitur yang disediakan sendiri meliputi text/voice chat, photo sending, video sending, location.

3. Facebook Messenger

Aplikasi ini merupakan aplikasi turunan dari facebook. Untuk pengguna sendiri belum diketahui seberapa besar user yang terdaftar. Sekitar 300 hingga 500 juta user sudah teregistrasi di facebook messenger. Pengguna facebook messenger adalah mereka yang telah mendownload applikasi ini, bukan semua pengguna facebook. Facebook messenger masih menjadi aplikasi paling populer di Amerika Serikat.

Fitur yang disediakan sendiri meliputi text/video chat, photo sending, voice dan video call, branded stickers, group chat dan location.

4. Line

Line, merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan Jepang bernama NHN Corporation. Line sendiri pertama kali dirilis pada Juni 2011. Line sendiri dapat digunakan oleh smartphone yaitu iOS, Android, Tablet, dan Blackberry. Sebanyak 300 juta user sudah teregistrasi. Aplikasi ini asli berasal dari Jepang, dan sudah tersedia di 193 Negara di seluruh dunia. Sekitar 7 milyar pesan terkirim setiap harinya, dan disertai dengan sekitar 1 millyar sticker yang terkirim setiap harinya.

Ada sekitar 100 juta pelanggan yang berlanggan Line dalam kurun waktu 4 bulan terakhir. 80% pelanggan berasal dari luar negara Jepang sendiri. Sekitar 47 Juta pengguna berasal dari Jepang, 18 Juta dari Thailand dan 17 Juta dari Taiwan.

Fitur yang disediakan sendiri meliputi, text/voice chat, photo, video, and location sending, voice/video call, group chat, movie chat, Applikasi, Timeline.

5. Viber

Bagi pengguna smartphone mungkin tidak asing dengan aplikasi messenger yaitu viber. Viber sendiri merupakan layanan yang tersedia secara gratis dan dapat digunakan untuk berkirim pesan, menelepon, dan juga berkirim foto kepada orang lain. Perangkat ini tersedia untuk Android, Blackberry OS, iOS, Symbian, Windows Phone, Series 40 dan Bada.

Sebanyak 200 Juta user sudah meregistrasikan dirinya sebagai pengguna Viber. Aplikasi yang berasal dari Israel ini memiliki fitur yang meliputi, Text, Voice Chat, Photo Sending, Video Sending, Video call, Sketch & location sending.

6. Snapchat

Aplikasi Snapchat merupakan salah satu aplikasi messenger yang bisa diakses di platform Android. Sejak peluncurannya, Snapchat telah meraih popularitas sendiri berkat kemampuannya merekam dan berbagi lip video berdurasi 10 detik dan menghapus kli tersebut dari perangkat penerima setelah ditonton.

Sekitar 100 Juta pengguna sudah mulai menggunakan aplikasi ini. Dan sekitar 400 Juta snaps dibagikan setiap harinya. Aplikasi yang berasal dari Amerika Serikat ini, sekitar 25% smartphone di Inggris menggunakan Snapchat dan sekitar 50% di Norwegia juga menggunakan aplikasi ini.

Fitur yang disediakn lebih kepada berbagi foto atau gambar lainnya. 10 detik adalah waktu yang digunakan untuk mengirim foto dan video. 24 jam atau 1 hari adalah waktu yang digunakan untuk berbagi cerita tentang foto yang disebar.

7. KakaoTalk

“Free Talk, Kakao Talk!”. Begitulah jargon yangs ering didengar ketika ada iklan mengenai aplikasi yang satu ini. Ya benar sekali, Kakao Talk. Kakao talk sendiri merupakan sebauh aplikasi messenger lintas platform yang tersedia bagi pengguna smartphone. Kakao talk dirilis pertama kali pada 18 Maret 2010 oleh Kakao Inc.

Saat ini sudah 100 juta pengguna smartphone yang memiliki akun di kakao talk. Produk asli Korea Selatan ini, memiliki sekitar 90% pengguna yang berasal dari Korea Selatan itu sendiri. Fitur yang ditawarkan antara lain, text chat, voice call, group chat dan call, QR Code dan shake.

8. Chat On

Chat On, merupakan aplikasi messenger yang dirilis pada September 2013 ini. chatOn dikembangkan oleh Samsung dan hadir bukan hanya terbatas untuk ponsel – ponsel buatan samsung, tetapi dapat digunakan pada merk lain.

Sekitar 100 Juta pengguna smartphone sudah teregistrasi di Chat On. Chat On sendiri sudah tersedia di 237 negara dengan 63 Bahasa. Fitur yang disediakan sendiri meliputi, text/voice chat, photo, video, sketch & location sending, voice call, group chat dan postOn (timeline with only text).

9. QQ

Aplikasi dengan icon yang sangat menggemaskan ini bernama QQ.. Aplikasi ini diciptakan di China, dan merupakan aplikasi terpopuler di dunia pada urutan ke 3. Sudah sekitar 818.5 Juta user yang aktif setiap bulannya. 173.2 Juta Pengguna secara simultan dan 477.8 Juta user mobile yang aktif setiap bulannya.

Fitur yang disediakan meliputi, text/voice chat, photo, video and location sending, voice/video call, group chat, QR Code, Look Around people, Look Aroung Groups, My Documents, Linked to QQ Zone, dan Send Files to Desktop. QQ juga bukan hanya aplikasi messenger, namun QQ juga menyediakan fitur permainan, nada dering dan lain sebagainya.

10. Skype

Yah, yang terakhir adalah Skype. Siapa yang tidak mengetahui jika Skype merupakan salah satu Aplikasi Messenger? Memang banyak yang mengetahui jika Skype merupakan aplikasi video dan voice call. Namun Skype hadir sebagai aplikasi messenger baik berupa text, voice ataupun video. Pengguna skype bisa berbicara dengan pengguna skype lainnya dengan gratis.

Sekitar 299 Juta user yang aktif setiap bulannya. Aplikasi ini memiliki fitur yang meliputi text/video chat, photo sending, video/voice call, group chat/call, dan call to phone numbers. Grup Skype yang dibentuk pada bulan September 2003 lalu dibeli oleh perusahaan lelang internet raksasa di Amerika e-Bay pada bulan September 2005 dan bermarkas di Luxembourg, Jerman dengan kantor-kantor di London, Inggris, Praha, Rusia dan San Jose, California, A.S.

source: entrepreneur.com
gambar: nrc.nl

  • 2
    Shares

2 komentar

  • 28 Mei 2014 - pukul 6:27

    Naver bukan dari jepang, naver itu dari korea, pendirinya mantan keryawan samsung

    • Administrator
      28 Mei 2014 - pukul 7:41

      Benar Pak, mohon maaf jika terjadi kesalahan. Untuk artikelnya akan segera kami perbaiki :) Terimakasih atas koreksinya Pak

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *