Leadership

10 Trik Manajemen Waktu untuk Bekerja Lebih Produktif (Bagian III)

 
  • 17
    Shares

Loading...

Nah pemilik bisnis, manajemen waktu adalah perkara yang gampang-gampang susah. Namun kita pasti setuju bahwa hal ini sangat penting untuk dilakukan. Maka melengkapi tips manajemen waktu Bagian I dan Bagian II kemarin, berikut 10 trik terakhir yang dapat saya susun. Semoga semuanya bermanfaat untuk menunjang karir anda.

Memisahkan waktu berpikir dan eksekusi

Dengan memisahkan antara waktu berpikir dan eksekusi, kita dapat menyelesaikan eksekusi dengan lebih cepat. Antara berpikir dengan eksekusi menjadi lebih seimbang dan waktu kita jadi lebih produktif untuk berkerja.­

1-time-management

Memorize semua yang harus diselesaikan tepat waktu

Ingatlah semua yang harus diselesaikan tepat waktu. Selesaikan jauh-jauh hari sebelum deadline ketika pekerjaan tersebut belum berubah statusnya ke dalam pekerjaan urgent.

8-time-management

Pisahkan pekerjaan utama dengan bantuan

Bekerjalah dengan sungguh-sungguh ketika sedang menyelesaikan kewajiban kita. Baru kemudian kerjakan pekerjaan sampingan yang bukan di dalam jobdesc kita. Selesaikan dengan santai untuk menghindari stres.

2-time-management

Delegasikan

Jika pekerjaan kita bisa selesai dengan cepat atas bantuan orang lain, maka belajarlah untuk memanfaatkan orang lain menyelesaikan tugas yang bisa kita delegasikan.

9-time-management

Kerjakan rutinitas

Kerjakan job yang sama setiap harinya. Anda akan terbiasa dan dapat melakukan pekerjaan anda lebih cepat. Melakukan hal yang berbeda setiap harinya memang menantang. Namun hal ini akan membuat kita tidak focus hingga cenderung tidak produktif. Karena proses adaptasi terjadi berulang-ulang.

5-time-management

Jangan bekerja dengan sempurna, namun bekerjalah secara iteratif / berulang

Melakukan pekerjaan berulang-ulang akan membuat kita terbisa dengan pekerjaan itu. Sedangkan mengejar kesempurnaan pada satu tugas cenderung menjadikan anda lupa dengan tugas lainnya.

4-time-management

Kerjakan secara bertahap

Kerjakan semua tugas secara bertahap. Kerjakan dari yang mudah ke sulit.

7-time-management

Selesaikan pekerjaan sesuai prosesnya

Pekerjaan adalah sesuatu yang bisa diselesaikan berurutan sesuai dengan prosesnya. Boleh anda mulai dari tugas-tugas yang ringan kemudian ke yang susah, begitu seterusnya sampai terjadi pengulangan.

3-time-management

Rencanakan meeting jauh hari

Jika menjadwalkan meeting, maka rencanakan dengan sangat cermat dan bahkan jauh-jauh hari sebelumnya. Karena sebagai peserta meeting pun kadang pekerjaan kita terganggu karena persiapan.

10-time-management

Jadwalkan meeting di luar jam kerja

Satu pertemuan (meeting) pada saat jam kerja dapat merusak rencana / jadwal kerja kita yang seharusnya dapat kita selesaikan. Maka jika anda bertindak sebagai team leader, anda harus dapat merancang pertemuan yang tepat. Bahkan kalau perlu jadwalkan pertemuan di luar jam kerja.

6-time-management

Loading...

  • 17
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *