Leadership

10 Trik Manajemen Waktu untuk Bekerja Lebih Produktif (Bagian I)

 
  • 38
    Shares

Loading...

Nah pemilik bisnis, ayo kita luangkan hari ini untuk melihat gaya hidup kita. Sudah benarkah manajemen waktu anda? Soalnya seringkali kita belajar manajemen waktu dengan cara yang keras, misalnya dengan bekerja larut malam untuk memenuhi deadline. Padahal cara-cara keras seperti ini justru lebih destruktif bagi kesehatan kita. Lagipula waktu yang kita manage bukan malah semakin efisien, malah semakin berantakan. Jadi, seperti apa manajemen waktu yang baik itu? Berikut 10 trik di antaranya:

Jangan berpikir : “Selalu ada waktu”.

Kita cenderung membuang peluang karena berpikiran bahwa “Selalu ada waktu”. Hal ini justru membuat pekerjaan kita menumpuk dan membuat kita semakin stress. Jadi, mari kita ubah mindset menjadi : “waktu adalah prioritas”.

2-manajemen-waktu

Rencanakan rutinitas kerja dan berusahalah menaatinya agar tubuh Anda belajar beradaptasi.

Tubuh kita akan terbiasa dengan sesuatu yang selalu kita lakukan setiap harinya. Seperti bangun tidur lebih pagi dan menggosok gigi. Kita tidak akan pernah bangun kesiangan karena memang kita telah terbiasa bangun di pagi hari. Sama seperti bangun pagi, kita juga bisa disiplin dalam pekerjaan kita. Dan waktu yang kita miliki akan semakin bermanfaat.

3-manajemen-waktu

Fokus dan produktif dengan batas waktu yang ada.

Ingatlah bahwa waktu adalah hal terpenting yang tidak tergantikan. Hal ini akan memacu kita untuk lebih meningkatkan produktivitas.

4-manajemen-waktu

Menambah jam kerja? Tidak.

Dengan menambah jam kerja, bukan berarti semua kerjaan kita cepat selesai. Malah rasa lelah dan stress yang akan kita dapatkan. Manfaatkan jam kerja yang telah disediakan. Dan ingat, berpikirlah bahwa waktu adalah kendalanya agar kita tidak menyepelekan waktu yang ada.

5-manajemen-waktu

Kerjakan pekerjaan yang lebih penting.

Kerjakan pekerjaan sesuai prioritasnya. Jangan melakukan penundaan terhadap tugas yang sudah menjadi prioritas Anda.

6-manajemen-waktu

Membuat todo list.

Untuk manajemen waktu, kita harus menulis rencana-rencana kegiatan apa saja yang seharusnya kita lakukan. Dengan to-do list, kita bisa menuliskan rencana-rencana tersebut dan menandai mana yang sudah kita laksanakan dan mana yang belum.

7-manajemen-waktu

Menentukan “deadline” semuanya.

Jangan biarkan tugas masuk tanpa batas. Kita harus menentukan deadline untuk semua pekerjaan kita.

8-manajemen-waktu

Tulis semua yang mengalihkan pikiran kita.

Intinya adalah jika kita menulis semua yang dapat mengalihkan pikiran kita, mereka akan berhenti membayang-bayangi pikiran kita sehingga kita dapat focus di pekerjaan kita.

9-manajemen-waktu

Lupakan apa yang terjadi kemarin.

Kecuali hutang, kemarin ya kemarin. Pikirkan untuk hari ini dan esok hari.

10-manajemen-waktu

Take a Break.

Beristirahatlah. Tapi seperlunya saja dan jangan berlebihan.

11-manajemen-waktu

Loading...

  • 38
    Shares

4 komentar

  • guwondol
    28 Mei 2013 - pukul 15:43

    keren broh !

  • amelia_
    29 Mei 2013 - pukul 10:14

    bagus….siap melaksanakan :D

  • 30 Mei 2013 - pukul 23:25

    Terimakasih banyak, jujur saya sangat bermasalah dengan produktivitas akhir2 ini. kalau dipikir2 masalah saya itu selalu menambah jam pekerjaan dan menunda2 hal yang penting.

  • 20 Mei 2014 - pukul 0:02

    Tiap hari di depan laptop , kalau bikin tugas pasti lari ke facebook.. haha.. todo list ada tapi tak dikerjakan. Mungkin butuh sistem hukuman untuk tugas yg belum terlaksana. Dan hadiah yang pekerjaan yang sudah dikerjakan.

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *