Start A Business

10 Trik Mendapatkan Klien untuk Sebuah Startup

 
  • 96
    Shares

Loading...

Bicara tentang startup mungkin sebagian dari kita akan langsung berfikir, jika startup selalu berhubungan dengan bisnsi di dunia IT. Tetapi menurut Danton Prabawanto, CEO PT. Beon Intermedia, startup itu semua jenis bisnis yang  kita miliki pertama kalinya dan bukan hanya mengincar masalah keuntungan, tetapi bagaimana bisa bermanfaat untuk orang lain dan untuk sekitar kita. Tapi tetap saja, dalam sebuah bisnis, klien atau pelanggan sangat dibutuhkan, karena secara tidak langsung klien menjadi salah satu yang bisa menentukan bisnis kita sukses atau tidak. Nah, jika begitu bagaimana cara mendapatkan klien dalam bisnis startup? Cobalah kita lihat 10 trik berikut ini:

1. Tentukan sendiri cara Anda

Banyak cara yang bisa digunakan sebuah startup dalam memasarkan bisnisnya dan menjual produknya. Mungkin memang mendirikan sebuah startup tidak harus berorientasi pada uang, uang dan uang. Tetapi disini semua membutuhkan uang. Maka dari itu, kita harus mampu membaca dan melihat kondisi sekitar, dan mencocokkannya dengan bisnis yang kita miliki saat ini. Anda juga bisa mencari referensi dari berbagai media dan juga narasumber tentang cara mendapatkan klien  dan memasarkan produk Anda.

2. Utarakan apa yang Anda miliki ke orang lain

Perlu kiranya kita mengkomunikasikan apa yang sedang kita lakukan hingga apa yang kita tawarkan kepada orang lain. Ada sebuah pengalaman dari Benni Fajarai, CEO Kreavi yang pada awal mendirikan sebuah bisnis atau startup, beliau masih malu – malu dan enggan untuk mengkomunikasikan dengan orang lain. Beliau ingin menyelesaikan project terlebih dahulu, hingga selesai dan kemudian baru dikomunikasikan dengan orang – orang. Namun ternyata ini cara yang salah.

Sampai dimanapun project yang sedang kita kerjakan,kita harus mengkomunikasikan dengan orang lain. Bukan karena apa, kita pastinya tentu membutuhkan masukan dan saran dari orang lain untuk mengembangkan product yang kita ciptakan. Nah itu sebabnya untuk mendapatkan klien maka mulailah mengkomunikasikan apa yang kita kerjakan dengan orang lain.

3. Terlibat dalam komunitas Anda

Salah satu komunikasi yang bisa dilakukan dengan mudah adalah mengikuti sebuah perkumpulan atau komunitas tertentu. Kita bisa mulai dengan komunitas yang kita ikuti sendiri. Tentunya kita memiliki relasi atau network yang dekat dengan kita. Itu bisa kita gunakan untuk langkah awal memperkenalkan bisnis dan produk kita. Ajak mereka menjadi tester atau penguji bagi produk Anda. Setelah itu, Anda bisa mulai perlahan menjualnya kepada semua anggota komunitas.

Ada satu hal yang bisa dihindari dari berbisnis bersama rekan atau teman dekat, salah satunya yaitu menghindari ‘harga teman’. Tidak jarang kita akan diminta memberikan harga khusus atau jauh lebih murah untuk teman. Tapi ini bukan masalah teman dan teman, tetapi ini bisnis. Pastikan Anda menghindari hal tersebut, untuk menghindari kebiasaan yang tidak akan menguntungkan posisi Anda sebagai seorang pengusaha.

4. Ikuti komunitas lainnya

Jika sudah Anda mencoba memasarkan pada komunitas yang Anda sudah lama ikuti, kini saatnya Anda keluar dan mencari orang yang bukan lagi diarea Anda. Menurut Danton Prabawanto, CEO PT. Beon Intermedia, untuk mendapatkan klien dan memasarkan produk dengan mudah, kita jangan hanya berkecimpung dengan lingkungan dan orang – orang yang itu – itu saja. Cobalah untuk keluar dan menemukan area atau wilayah baru yang belum pernah Anda jamah sebelumnya.

Ini akan membantu Anda mendapatkan relasi yang lebih luas dan lebih banyak lagi. Anda tidak akan tahu, jika bisa saja di luar sana akan ada potensi dan market yang jauh lebih menguntungkan daripada sekarang. Cobalah untuk masuk dan mengikuti sebuah kelompok atau komunitas yang bukan Anda didalamnya.

5. Berkolaborasi

Apa lagi yang perlu diperhatikan dalam mendirikan sebuah bisnsi startup selain kolaborasi. Danton Prabawanto, Yansen Kamto dan Benni Fajarai, ketiga CEO dari bisnis dan startup ini mengatakan, jika kolaborasilah yang sangat menentukan maju atau tidaknya sebuah bisnsi startup. Dengan siapapun kita harus mampu menjalin kerjasama atau kolaborasi dengan baik. Dengan kawan, sahabat ataupun musuh. Jangan biarkan langkah kita hanya berjalan sendiri. Kita butuh seseorang atau banyak tangan untuk membantu kita mendapatkan klien dan membesarkan bisnis startup.

6. Speak up

Berbicaralah, ini cara yang mudah untuk dilakukan. Kita bisa saja mengikuti banyak komunitas atau perkumpulan untuk menjaring network dan mendapatkan banyak klien. Tapi semua tidak ada artinya ketika Anda tidak berbicara. Cobalah berbicara dan lebih aktif disetiap kesempatan. Jika memang bisa, Anda bisa meminta atau menerima tawaran untuk tampil sebagai pembicara suatu event. Ini akan membuat Anda lebih dikenal dan mudah dalam menawarkan product.

7. Gunakan sosial media

Lagi – lagi sosial media memegang peranan yang penting dalam proses pemasaran suatu produk. Bagaimana tidak, jika memang sosial medialah satu – satunya media yang sudah akrab dan mudah digunakan oleh masyarakat. Gunakan sosial media semaksimal mungkin untuk mendapatkan klien. Sosial media sangatlah banyak, Facebook, Twitter, Youtube, Pinterest, Instagram dan Youtube merupakan sosial media yang memang sering digunakan oleh pebisnis dalam memasarkan produk mereka.

8. Menulis sebuah iklan

Iklan masih banyak dibutuhkan dalam menjaring klien dan menjual produk. Cobalah untuk terus menulis iklan dalam bentuk apapun, seperti sebuah artikel, brosur, iklan di Facebook, iklan di Google dan lain sebagainya. Untuk sebuah startup Anda juga harus tahu bagaimana cara menulis sebuah iklan yang bukan hanya menarik perhatian, tetapi mampu membuktikan apa yang Anda tulis. Cobalah untuk menarik perhatian calon pelanggan Anda dengan tulisan yang Anda buat. Simple saja, yang penting menarik dan informatif.

9. Optimasi website Anda

Akankah startup membutuhkan sebuah website? Tentu saja, sekalipun bisnis Anda tidak langsung bersentuhan dengan dunia internet, tetapi cobalah untuk berkembang dan menyesuaikan dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini. Optimasikan website Anda semenarik dan seinformatif mungkin. Ini demi menarik perhatian dan juga menjual. Gunakan jasa pembuatan website jika memang dirasa Anda tidak mampu membuatnya sendiri.

10. Lakukan selalu perbaikan

Pada penjualan  dan mendapatkan klien , tentu merupakan suatu moment yang sangat berkesan bagi kita. Dari situ kita bisa meminta kritik dan saran dari klien kita. Jika terdapat kesalahan, maka segeralah perbaiki dan gunakan waktu Anda semaksimal mungkin untuk menciptakan hasil yang jauh lebih maksimal.

Baca juga:

Loading...

  • 96
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *