Technology

Kumpulan 10 Website Spektakuler dengan Model WebGL

 

Loading...

2013 adalah tahun dimana gaya-gaya desain website alternatif bertransformasi menjadi gaya yang diakui dan dikagumi oleh masyarakat luas. Jika kemarin kita sudah mengenal gaya Flat Design, maka ada pula gaya desain web yang tidak kalah memukau. Yakni model WebGL, sebuah standar web yang dibuat untuk menampilkan grafis 3D dalam platform yang mendukung OpenGL. Berikut kompilasi 10 situs interaktif berbasis WebGL terbaik menurut saya. Barangkali bisa anda jadikan sebagai inspirasi:

1. ROME: “3 Dreams of Black”

“3 Dreams of Black” adalah sebuah film semi-interaktif karya Chris Milk. Gabungan antara komputer grafis 2D dan 3D pada video hingga membuahkan hasil yang sangat menakjubkan. Menggunakan teknologi yang dikembangkan oleh Google, menampilkan lagu “Black” dari album ROMA oleh Danger Mouse dan Daniel Luppi, dengan Norah Jones dan Jack White.

2. “Find Your Way to Oz” by DisneyOz

“Find Your Way to Oz” adalah proyek besutan Disney (Iya, Disney yang itu) bekerja sama dengan Google untuk menyajikan website interaktif dengan dukungan WebGL. Website ini berjalan dengan browser Chrome. Anda bisa masuk ke website dan menjelajahi sirkus, membuat gambar dari webcam, membuat gambar bergerak sendiri, hingga membuat lagu. Hal yang paling menarik adalah ketika menaiki balon udara. Coba saja sendiri.

3. “Ctrl+[P]aper” by Grouek

“Ctrl+[P]aper” adalah website untuk membuat karakter paper sendiri. Anda bisa dengan mudah mengubah warna, background, texture pada paper yang dibuat, kemudian bisa disimpan ke format PDF untuk anda download.

4. “Cube” by Google Maps

Cube adalah permainan berbasis WebGL. Di sini pengguna akan merasakan pengalaman yang berbeda pada saat menjelajah peta. Model permainannya yaitu menuju satu point ke point lainnya dengan menggunakan kemiringan labirin. Cube juga sebagai promosi berbagai fitur dan fungsional yang ada di Google Maps.

5. “HelloRacer™” by HelloEnjoy

“HelloRacer™” adalah website simulasi mobil F1. Anda bisa menjalankan dan mengontrol gerakan mobil F1 tersebut.

6. “Lights” by Ellie Goulding

“Lights” adalah interaktif WebGL dengan media musik. Pada saat dijalankan akan muncul interpretasi visual yang menakjubkan.

7. “Bookcase” by Google Data Arts Team

Bookcase adalah rak buku digital berupa tampilan 3D dengan menggunakan WebGL. Anda bisa dengan mudah menjelajahi dan memilih setiap buku melalui suguhan antarmuka yang super interaktif.

8. “Animation” by AlteredQualia

Anda bisa melihat animasi interaktif 3D WebGL disini. Tokoh karakternya sendiri sama dengan game Team Fortress jika anda pernah memainkannya.

9. “Terrain” by AlteredQualia

Ada animasi terrain interaktif 3D WebGL yang dapat anda saksikan sendiri di sini.

10. “Skin” by AlteredQualia

Anda bisa melihat 3D WebGL dalam bentuk wajah yang begitu halus dan nyata.

Teknis dan Sejarah

WebGL memungkinkan hal baru dalam dunia web, yakni menyediakan visualisasi animasi 3D dan interaktivitas dengan user, belum lagi open source. Dia memanfaatkan penggunaan element Canvas pada HTML5 untuk menghasilkan grafis yang dinamis tanpa perlu menginstall plugin tambahan pada browser pengunjung. Model WebGL sendiri mencakup beberapa library yang sedang dalam pengembangan seperty C3DL dan WebGLU.

Javascript API telah dikelola oleh Khronos Group (the consortium of nonprofit technology) sejak awal 2009 bersama Mozilla Foundation. Kemudian mereka menciptakan gabungan di mana mereka bisa mengembangkan protipe eksperimen dan aplikasi yang digunakan dengan teknologi ini. Hingga saat ini, Apple, Google, Opera dan semua perusahaan penyedia lainnya telah menerapkan inovasi ini pada versi terbaru dari browser seperti Apple Safari, Google Chrome, Mozilla Firefox dan Opera.

Banyak sekali percobaan dan ide-ide baru yang dilakukan di dunia web dan digital. Sebagai programmer, desainer, developer, anda harus mulai bersiap untuk memperkaya khasanah pengetahuan anda. Semoga sukses ;-)

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *