Running A Business

Pentingnya Aturan Chatting dengan Customer Toko Online Anda

 
  • 1
    Share

Loading...

Nah pemilik bisnis, sambil menikmati kopi siang di hari libur ini, ayo sekarang kita recharge lagi semangat melayani kita. Kemarin kita sudah evaluasi 15 aturan ketika chatting dengan customer. Baca: 15 Aturan Chatting dengan Customer Toko Online. Kali ini, saya telah menyusun kasus nyata yang di dalamnya berisi 15 aturan tersebut.

Pertama, klik nyalakan dulu pada saklar imajinasi anda. Sekarang bayangkan kalau Anda di posisi pembeli. Anda sedang mengunjungi sebuah website toko online Furnitur. Anda menghubungi Customer Service via chat karena merasa tertarik dengan foto-foto yang ditampilkan, dan harga yang bersahabat. Namun saat itu suasana hati anda sedang buruk karena kelelahan seusai pindah rumah. Bagaimana rasanya jika anda dilayani dengan penuh perhatian? Saya serahkan jawabannya pada anda.

Anda    : Siang. (Anda mulai di sini)
CS        : Halo, Selamat siang. Selamat datang di Beon Furniture. Saya Riani. :) (Opening, pengenalan diri, dan emoticon senyum untuk menunjukkan Simpati)
CS        : Mohon maaf dengan siapakah saya berkomunikasi? (Tanyakan nama)
Anda    : Tria.
CS        : Selamat siang Ibu Tria (Sebutkan nama setiap ada kesempatan), ada yang dapat kami bantu?
Anda    : Sofa A dan B, menurut anda bagus yang mana?
CS        : Keduanya pilihan yang bagus Bu Tria. (Memberi pujian yang sesuai porsinya) Kalau boleh tahu sofa ini nanti akan diletakkan di mana? Di ruang tamu atau ruang keluarga? Bagaimana dengan suasana, ukuran dan isi ruangan tersebut sebelum ada sofa ini?
Anda    : Harus saya jawab semua?
CS        : Oh kalau bisa iya bu Tria. (Punya pendirian) Mohon detailnya agar saya dapat bantu dengan saran yang tepat untuk ibu. :)
Anda    : Saya pengen letakkan di ruangan keluarga. Kurang lebih berukuran 4×6 meter, Suasananya fun, ada anak-anak. Saat ini sudah diisi TV layar datar, meja persegi ukuran 1x 0,5 m, dan lemari es.
CS        : Wah lengkap sekali. Terimakasih informasinya Bu. (Tahu bagaimana menyampaikan rasa terimakasih)
CS        : Berdasarkan informasi ini… (Memberi Jeda jika Ingin Menulis Kalimat Panjang)
CS        : Maka menurut saya ibu akan lebih tepat dengan pilihan Sofa A. Warnanya biru segar yang mencerminkan kedamaian, selain itu ukuran sofanya tidak terlalu besar sehingga anak-anak ibu bisa bermain lebih leluasa di ruangan. (Mampu memberi argumen yang rasional)
CS        : Sofanya terbuat dari busa dan karet sintetis, bukan dari kayu yang ujungnya lancip. Jadi anak-anak akan lebih aman bermain. (Mampu memberi lebih dari 1 poin alasan)
Anda    : Owh gitu. Tapi sofa ini ada garansinya?
CS        : Ada Bu Tria. Setiap produk kita (Menjual brand) ada garansinya 3×30 hari setelah barang dikirim bila terjadi rusak bukan karena benda tajam, berat dan hewan. (Tidak ambigu)
Anda    : Ada diskon mbak?
CS        : Mohon maaf belum ada potongan harga Bu :( (Simpatik) Namun kami ada promo, jika ibu Tria order hari ini akan kami berikan 1 set sarung dan bantal sofa. (Memberi kejutan)
Anda    : Wow. Boleh tuh. Bagaimana saya membelinya?
CS        : Untuk pembelian, silakan transfer 50% sebagai tanda booking. Sedangkan pelunasannya setelah barang sampai di alamat ibu.
Anda    : Bagaimana saya tahu ini bukan tipu-tipu?
CS        : Tidak kok Bu :) (Kesabaran), kita sudah berdiri sejak 2006. Selama itu, kita sudah melakukan transaksi berkali-kali. Jika kami pernah menipu customer, maka kami pasti punya review jelek di Internet. (Berani menyangkal secara logis tanpa bersikap ofensif)
Anda    : Baiklah, saya percaya dengan anda. Jadi, saya mau beli Sofa A, berapa yang harus saya transfer?
CS        : Terimakasih bu Tria :) Untuk mendapatkan Sofa A, jumlah yang harus ditransfer adalah Rp. 2.500.000, terhitung 50% dari harga Sofa A Rp. 5.000.000 (Menjelaskan hingga ke detail terkecil)
CS        : Pembayaran bisa ke bank BCA dengan nomor rekening. Setelah melakukan pembayaran, nanti silakan ibu mengisi formulir pemesanan di sini: http://abcdef. Di dalamnya silakan menuliskan alamat yang lengkap untuk proses pengiriman. (Jawaban template)
Anda    : Oke mbak Riani. Saya transfer nanti jam sekian. Kalau sudah nanti saya chat saja dengan mbak. Tidak perlu ngisi gakpapa kan?
CS        : Nanti silakan chat lagi dengan saya. Namun alangkah baiknya jika tetap mengisi Bu, sehingga formulir pendaftaran tersebut tercatat di database kami sebagai order yang benar :-) (Berani menyangkal secara logis tanpa bersikap ofensif)
Anda    : Oke saya mengerti. Nanti saya isi formulirnya. Saya transfer dulu. Terimakasih mbak Riani. Senang berbicara dengan anda.
CS        : Terimakasih kembali Bu Tria. Senang berbicara dengan Bu Tria. Ada lagi yang bisa saya bantu? (Pertanyaan Pre-Closing)
Anda    : Saya rasa cukup. Nanti saya hubungi lagi.
CS        : Baik bu Tria. Kami sampaikan terimakasih telah menghubungi BEON Furniture. Selamat sore :-) (Sapaan Penutup)
Anda    : Selamat Sore.

Dengan 1 kali sesi tanya jawab yang solutif, anda dapat 1 lagi relasi yang berpotensi untuk tahan lama.

Loading...

  • 1
    Share

2 komentar

  • riyan putra
    30 Mei 2013 - pukul 17:02

    Terima kasih, sangat bermanfaat. Sedikit koreksi, bagian terakhir dialog sepertinya ada yang salah,

    Anda : Saya rasa cukup. Nanti saya hubungi lagi.
    CS : Baik bu Riani. Kami sampaikan terimakasih telah menghubungi BEON Furniture. Selamat sore :-) (Sapaan Penutup)

    Nama customernya kan Tria, kenapa CS menyapanya dengan nama Riani, itu nama cs nya kan? Hehe gak penting… Tapi biar disempurnain aja,, ^_^ salam

    • Administrator
      30 Mei 2013 - pukul 17:09

      Hai Riyan, thanks koreksinya. Sekarang telah kita sempurnakan ;-)

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *